Sony Alpha 7R V, Kamera Resolusi Tinggi dengan AI Autofokus Sony Alpha 7R V, Kamera Resolusi Tinggi dengan AI Autofokus ~ Teknogav.com

Sony Alpha 7R V, Kamera Resolusi Tinggi dengan AI Autofokus


Teknogav.com – Sony menghadirkan kamera seri R terkini dalam keluarga Alpha mirrorless, yaitu Alpha 7R V (model ILCE-7RM5). Kamera Alpha 7R V ini memadukan sensor gambar 61 MP dan prosesor BIONZ XR™ untuk menghasilkan gambar yang berkualitas. Unit pemrosesan AI terkini pada kamera didedikasikan untuk mengenali subjek. Perpaduan fitur canggih tersebut mendukung fotografi dan videografi yang mumpuni.

“Pada umumnya, para pengguna kami menggunakan kamera untuk melakukan fotografi portrait, landscape dan wedding. Kini, minat dan kebutuhan para pelanggan untuk genre fotografi tersebut makin berkembang. Mereka ingin mengeksplorasi hal-hal baru dengan melakukan fotografi menggunakan subjek yang makin bervariasi, termasuk serangga, hewan, dan kegiatan olahraga. Kebutuhan tersebut dijawab Sony dengan mengembangkan kamera pendahulu seri R, yaitu Alpha 7R IV, dan kamera terbaru, Alpha 7R V. Harapannya, kamera terbaru ini dapat menunjang kebutuhan fotografer dan videografer dalam mencoba hal baru dengan pengalaman pencitraan beresolusi tinggi baru,” ucap Koji Sekiguchi, selaku President Director PT Sony Indonesia.

Baca juga: Sony Hadirkan Kamera Mirrorless dengan Layar Swafoto

Koji Sekiguchi, selaku President Director PT Sony Indonesia

Penggunaan prosesor gambar BIONZ XR™ di jajaran full-frame R ini merupakan yang pertama kalinya di Alpha 7R V. Kamera ini menawarkan resolusi hasil foto 61 MP dan hasil film 8K yang disempurnakan. Di antara jajaran kamera Alpha Sony, sistem stabilisasi gambar 8-step pada Alpha 7R V ini paling efektif. Kamera ini dibekali monitor multi-angle-4-axis baru, fungsi komunikasi berkecepatan tinggi, pengoperasian tingkat tinggi dan integrasi alur kerja yang mulus. Lensa kamera ini dapat diganti dan didukung resolusi tinggi kelas atas pencitraan yang sangat tepat memenuhi kebutuhan para profesional.

Autofokus Lebih Mumpuni dengan APU Baru

Autofokus yang sangat akurat pada Alpha 7R V didukung oleh Real-time Recognition AF. AI Processing Unit (APU) baru kamera ini dapat melakukan pembelajaran mendalam sehingga dapat mengenali subjek dengan rentang yang lebih luas. Informasi detail mengenai bentuk manusia dan estimasi pose digunakan AI untuk meningkatkan akurasi pengenalan, melebihi sekadar deteksi wajah dan mata. Pengenalan subjek AI digunakan Real-time Recognition AF untuk menyertakan beberapa jenis subjek, termasuk hewan, kendaraan dan serangga. Pengambilan gambar secara terus menerus sampai 10 fps pun bisa dilakukan dengan pelacakan AF/AE.

Baca juga: Kamera Sony Cinema Line FX30 Dukung Produksi Film Sinematik

Sony Alpha 7R V

Berbagai peningkatan pun dilakukan pada banyak fitur lain, termasuk pelacakan real-time, sistem AF lebih cepat dan tepat pada aera luas. Selain itu, pengambilan gambar pun dapat dilakukan secara senyap dan bebas getaran sampai 7 fps. Pengambilan gambar secara terus menerus pun dapat dilakukan sampai 583 gambar comressed RAW berkecepatan tingggi.

Fitur-fitur fokus dengan dukungan tinggi pun telah dibekali pada Alpha 7R V. Beberapa di antaranya adalah full-time DMF (direct manual focus), dan focus bracketing. Kedua fitur tersebut sangat digemari untuk memungkinkan gambar focus stacked.

Resolusi Tinggi Didukung BIONZ XR™

Perpaduan prosesor gambar BIONZ XR™ terkini dan sensor gambar Exmor R™ CMOS back-illuminated-full-frame 35 mm dapat menyajikan gambar sangat detail. BIONZ XR terkini memastikan potensi resolusi sensor kamera 61 MP dapat dimanfaatkan sepenuhnya untuk menghasilkan resolusi tertinggi pada sensitivitas rendah. Kemampuan ini memungkinkan pengaturan sensitivitas dari ISO 100 sampai ISO 32000 untuk foto dan video. Selain itu juga menyajikan rentang dinamis luas dengan 15 stops untuk foto.

Unit stabilisasi gambar yang sangat presisi memperbarui seluruh sistem stabilisasi gambar pada Alpha 7R V. Sistem stabilisasi untuk foto dan video tersebut didukung sensor gyro canggih dan algoritma yang telah dioptimalkan. Algoritma stabilisasi baru dapat mendeteksi dan mengendalikan dengan tepat sampai ke level piksel tunggal. Detail subjek terhalus pun dapat ditonjolkan dengan memanfaatkan potensi resolusi 61 MP sensor sepenuhnya. Tentu saja hal ini juga didukung efek kompensasi 8-step untuk foto.

Sony Alpha 7R V

Kendali sistem stabilisasi gambar internal yang akurat digunakan pada peningkatan Pixel Shift Multi Shooting. Beberapa gambar pixel-shifted diambil untuk dikomposisikan untuk mencapai resolusi tinggi dalam satu gambar menggunakan komputer.Pergerakan kecil pada tingkat piksel seperti pergeseran dedaunan pada pohon dapat dideteksi dan diperbaiki sampai mencapai komposisi yang sempurna. Proses ini dapat dilakukan menggunakan aplikasi komputer Imaging Edge Desktop.

Data yang setara dengan sekitar 963,2 juga piksel dapat menghasilkan komposit 16 gambar dengan sekitar 240,8 juta piksel. Angka tersebut setara dengan 19.008 x 12.672 piksel. Fleksibilitas kreatif tambahan juga dapat dilakukan dengan dukungan kontrol flash eksternal yang tepat dan serbaguna pada Alpha 7R V. Kamera ini juga bisa menekan flickering dari cahaya buatan untuk foto dan video saat dalam kondisi pencahayaan yang mentereng.

Berikut ini adalah fitur-fitur untuk fotografi still yang fleksibel:

  • Penambahan kompresi gambar lossless RAW, serta ukuran dan kualitas gambar RAW yang bisa dipilih
  • Perluasan fokus dan pencahayaan bracketing
  • Pengaturan Creative Look untuk foto dan video dalam kamera
  • Gambar HEIF berkualitas tinggi dengan efisiensi kompresi tinggi
  • Rentang kecerahan luas untuk tampilan layar besar

Baca juga: Fitur-fitur Unggulan Kamera Mirrorless Full-Frame Canon EOS R5 dan EOS R6 

Perekaman Video

Alpha 7R V ini dapat merekam video 8K 24/25p atau video 4K oversampled dari 6,2K tanpa binning. Fitur-fitur untuk perekaman video mencakup codec MPEG-H HEVC/H.265 efisiensi tinggi, perekaman intra, perekaman 10-bit 4:2:2, dan lain-lain. Seluruh fitur-fitur tersebut mendukung perekaman video yang berkualitas dan penyuntingan yang fleksibel.

Fitur video ini juga termasuk pengenalan subjek secara real-time, stabilisasi gambar internal, breathing compensation dan metadata untuk pasca-pemrosesan. Kamera ini juga kompatibel dengan lensa-lensa tertentu yang menyertakan stabilisasi gambar built-in untuk framing lebih stbail dan rekaman yang halus.

Pengoperasian

Alpha  7R V memasukan keandalan dengan desain yang ringkas dan ringan. Monitor LCD multi-angle 4-axis pada kamera memadukan fungsi tilting konvensional dengan fleksibilitas untuk membuka monitor ke berbagai sudut. Pada monitor tersebut terdapat fitur viewfinder elektronik dengan 9,44 juta titik. Dua slot media penyimpanan pada kamera kompatibel dengan CFexpress Type A/SDXC . Pengendalian kamera juga didukung sistem menu baru dengan dukungan layar sentuh dan berbagai fungsi yang bisa disesuaikan.

Sony Alpha 7R V

Alur kerja para profesional pun dapat dioptimalkan dengan pembaruan konektivitas. Transfer data berkecepatan tinggi dapat dilakukan melalui Wi-Fi (802,11ac) 2x2 MIMO atau koneksi kabel SuperSpeed USB 10Gbps melalui port USB-C®. Kamera juga mendukung pengambilan jarak jauh secara efisien dan transfer foto dan film. Fitur streaming USB baru pun mendukung UVC/UAC, sehingga bisa streaming langsung dari kamera. Kegiatan streaming tersebut bahkan dapat dilakukan dalam resolusi 4K (QFHD) dan dengan audio.

Pembuangan panas pada Alpha 7R V pun lebih baik, bahkan saat waktu perekaman lebih lama. Kamera ini juga mengusun desain tahan debu dan peningkatan kelembapan, sasis magnesium alloy yang awet dan penyempurnaan lain. Ketangguhan kamera ini terbukti bahkan dalam lingkungan kerja yang menantang.

Kepedulian Sony terhadap Lingkungan

Sony berusaha mengurangi jejak karbon pada lingkungan di setiap siklus, mulai dari pengembangan produk, rantai pasok, produksi sampai pengemasan. Sebagian bodi kamera menggunakan plastik yang bisa didaur ulang, termasuk SORPLAS™. Produksi pun dilakukan di fasilitas yang menggunakan energi terbarukan. Perlindungan terhadap guncangan dan benturan pada kemasan pun menggunakan bahan bebas plastik. Kemasan produk tersebut menggunakan bahan non-pintal berbasis tanaman. Upaya ini dilakukan untuk mengurangi dampak negatif pada lingkungan.

Harga dan Ketersediaan

Alpha 7R V akan hadir di Indonesia mulai Desember 2022, harga yang dibanderol adalah Rp59.999.000. Pre-order sudah dibuka sejak 15 November 2022 dan ditutup pada 4 Desember 2022. Setiap pembelian selama pre-order, tersedia hadiah kartu memori CEA=G160T seharga Rp6.399.000. Selain itu, tersedia juga promo spesial untuk pembelian bundling dengan lensa. Diskon tersebut mencakup Rp1 juta untuk SEL35F14GM dan SEL50F12GM, serta diskon Rp1,4 juta untuk SEL1635GM dan SEL100400GM. 

Pre-order dapat dilakukan di beberapa marketplace berikut ini:

https://invol.co/clvfba
Klik untuk pre-order Sony Alpha 7R V di Blibli

Klik untuk membeli Sony Alpha 7R V di Tokopedia

Klik untuk membeli Sony Alpha 7R V di Lazada
Share:

Artikel Terkini