Tips Lindungi Data Pribadi dan Akun Twitter Tips Lindungi Data Pribadi dan Akun Twitter ~ Teknogav.com

Tips Lindungi Data Pribadi dan Akun Twitter


Teknogav.com – Elon Musk telah resmi membeli Twitter beberapa hari lalu, dan kemungkinkan era baru pengembangan perusahaan akan dimulai. Sementara itu, keamanan dan perlindungan data pribadi pengguna tetap menjadi hal penting. Pakar Kaspersky pun memberikan tips bagi pengguna Twitter agar dapat mengamankan privasi dan keamanan data pribadi di akunnya. Selain itu, pakar Kaspersky juga menyoroti sikap terhadap pemrosesan dan penyimpanan data pribadi global dapat berubah, serta cara mengatasinya.

Baca juga: Twitter Masih Simpan Data yang Sudah Dihapus Selama Bertahun-tahun

Data pribadi merupakan hal yang penting dan harus senantiasa dilindungi. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk melindungi data pribadi:

  • Periksa secara teratur aplikasi apa saja yang memiliki akses ke akun Twitter. Beberapa aplikasi dapat mengakses daftar kontak, data pribadi seperti nomor telepon atau alamat email. Amankan dan lindungi data-data tersebut dengan membatasi akses untuk semua aplikasi yang tidak diperlukan. Cara mengetahuinya ada di bagian Keamanan dan Akses Akun.
  • Cegah pengguna menemukan akun melalui nomor telepon atau alamat email agar pelaku kejahatan siber tidak menggunakan informasi tersebut. Secara default, pengguna Twitter lain bisa menemukan akun menggunakan nomor telepon atau alamat email. Informasi dari profil juga memungkinkan pelaku kejahatan siber melakukan seranga phishing, jadi sebaiknya menonaktifkan fitur tersebut. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menghentikan pengguna menemukan akun melalui nomor telepon atau alamat email:
    • Buka menu dengan menekan ikon di sudut kiri atas layar;
    • Buka bagian Pengaturan dan privasi.
    • Pilih Privasi dan keamanan;
    • Gulir ke bagian Discoverability dan kontak;
    • Hapus tanda centang di sebelah:
    • Biarkan orang lain menemukan Anda melalui email Anda; (Let others find you by your email)
    • Biarkan orang lain menemukan Anda melalui telepon. (Let others find you by phone.)
    • Menggunakan Autentikasi Dua Faktor (2FA/ Two-Factor Authentication) dapat menyelamatkan akun dari berbagai kemungkinan serangan. Langkah untuk menambahkan lapisan perlindungan kedua akan menghentikan sebagian besar penipuan online.

Baca juga: Twitter Siapkan Desain Lebih Sederhana

Akun dan data pribadi juga penting untuk diatur menjadi privat, berikut ini adalah beberapa informasi terkait hal tersebut:

  • Twitter memiliki Online Bullying help center untuk bantuan dan saran
  • Nonaktifkan geo-tag pada tweet agar lebih aman, lakukan hal ini melalui bagian Privasi dan Keamanan
  • Perluasan filter notifikasi memungkinkan untuk memfilter akun tempat mereka menerima notifikasi. Misalnya, tidak ingin menerima pemberitahuan dari pengguna tanpa gambar profil.
  • Memblokir pengguna merupakan langkah efektif untuk mencegah akun tersebut memposting, melihat tweet dan membaca feed
  • Pusat Bantuan Twitter Khusus untuk memberikan semua alat yang diperlukan untuk melindungi data pribadi dan tweet

Baca juga: Enam Tren di Twitter Ini Bisa Jadi Insight Penting bagi Marketers

“Perusahaan bertanggung jawab melindungi data pengguna, tetapi pengguna juga bertanggung jawab melindungi akun mereka. Menggunakan autentikasi dua faktor, terutama dengan aplikasi autentikator atau kunci keamanan akan memberikan perlindungan maksimal. Selain itu, perhatikan apa yang diposting dan siapa yang dapat membacanya, karena sebagian besar jejak digital kita dihasilkan kita sendiri. Berbagi secara berlebihan di Twitter, serta jejaring sosial lainnya, dapat menyebabkan konsekuensi yang tidak terduga,” ucap Vladislav Tuskanov, Lead Data Scientist di Kaspersky.

Share:

Artikel Terkini