AWS Gandeng GrabMaps untuk Optimalkan Amazon Location Service AWS Gandeng GrabMaps untuk Optimalkan Amazon Location Service ~ Teknogav.com

AWS Gandeng GrabMaps untuk Optimalkan Amazon Location Service

Teknogav.com – Kini pelanggan Amazon Web Services (AWS) yang memanfaatkan Amazon Location Service dapat mengakses data pemetaan dari GrabMaps di Asia Tenggara. Amazon Location Service adalah layanan berbasis lokasi dari AWS yang mendukung pengembang untuk menambahkan peta dan data terkait pemetaan. Pengembang dapat menambahkan titik lokasi points of interest (POI), geocoding, routing, pelacakan, dan geofencing dengan mudah dan aman ke aplikasi mereka.


Data pemetaan yang disediakan GrabMaps mencakup lebih dari 50 juta alamat dan POI yang menjangkau delapan negara di Asia Tenggara. Delapan negara tersebut mencakupFilipina, Indonesia, Kamboja, Malaysia, Myanmar, Singapura, Thailand dan Vietnam. Akses ke data tersebut memungkinkan pelanggan AWS yang memanfaatkan Amazon Location Service memanfaatkan fungsi pencarian dan perutean hiperlokal Grab . Tentu saja, data pemetaan ini disesuaikan ciri khas kawasan tersebut, termasuk gang-gang kecil sampai tempat-tempat yang sulit ditemukan. 

“GrabMaps menawarkan gambaran Asia Tenggara yang unik, dengan data dan fungsionalitas yang luar biasa dalam hal kemutakhiran, cakupan dan akurasi. Kami senang dapat berkolaborasi dengan infrastruktur kelas dunia seperti AWS untuk berbagi kapabilitas dengan perusahaan lain. Kolaborasi ini dapat membantu mereka membangun layanan serta aplikasi, yang harapannya dapat melayani para penduduk Asia Tenggara dengan lebih baik,” ucap Philipp Kandal, Chief Product Officer Grab.

Philipp Kandal, Chief Product Officer Grab

Baca juga: AWS Paparkan Contoh-contoh Penerapan Machine Learning Pada Transformasi Digital

Layanan berbasis lokasi banyak dibutuhkan banyak organisasi dari berbagai sektor untuk aplikasi mereka. Sektor-sektor industri yang membutuhkan layanan ini mencakup sektor teknologi, logistik, teknologi dan lembaga-lembaga pemerintahan. Kolaborasi antara AWS dan Grab memungkinkan pengembang dan tim yang menggunakan Amazon Location Service dapat membuat aplikasi yang mendukung pemetaan. Data terkini yang diinginkan di peta lokal dapat ditampilkan, bahkan menggunakan kotak pencarian untuk menemukan alamat atau POI secara akurat.

Perencanaan dan optimalisai rute juga juga dapat ditambahkan ke aplikasi. Akses data pemetaan ini meungkinkan untuk memakai informasi lalu lintas dan jaringan jalan GrabMaps terkini. Pengguna pun bisa menghitung rute tercepat dan memperkirakan waktu tiba yang akurat dengan mempertimbangkan berbagai parameter yang ada. Beberapa parameter yang dapat digunakan untuk penghitungan mencakup moda transportasi, kondisi lalu lintas yang nyata, waktu keberangkatan dan lain-lain. Selain itu, tersedia juga opsi untuk menghindari jalan bebas hambatan, rute kapal feri dan jalan arteri.

Conor McNamara, Managing Director AWS ASEAN

“Seiring pesatnya pertumbuhan ekonomi digital Asia Tenggara, sangatlah penting untuk memiliki akses ke data pemetaan yang akurat dan hemat biaya. Hal ini demi menunjang kegiatan operasional yang efektif pada sektor e-commerce, transportasi dan logistik. Integrasi GrabMaps ke dalam Amazon Location Service kini menyajikan data pemetaan yang terkini dan terlokalisasi di seluruh Asia Tenggara bagi para pelanggan AWS dan konsumen akhir mereka,” ucap Conor McNamara, Managing Director AWS ASEAN.

Baca juga: Facebook Petakan Kepadatan Populasi Asia Pasifik Paling Rinci

Fungsionalitas utama GrabMaps memiliki keandalan dalam hal efisiensi operasional dan biaya. Keandalan tersebut mendukung para pelaku usaha yang memakai Amazon Location Service mengoptimalkan kemampuan platform mereka. Contohnya adalah platform layanan rumah berbasis permintaan asal Singapura, yaitu Luce SG. Platform ini memudahkan pelanggan untuk memesan layanan yang dibutuhkan bagi rumah dan kantor sehingga operasionalnya lebih efektif. Layanan tersebut mencakup jasa antar, jasa pembersihan dan perbaikan unit pendingin ruangan atau air conditioner (AC).

“Saat kami berekspansi ke Indonesia dan Filipina, sulit mendapatkan data peta dan perutean yang dapat diandalkan ketika harus mengirim staf layanan ke lapangan. Hal ini terutama mengingat banyaknya jalan-jalan yang tidak resmi di berbagai wilayah di kedua negara ini. Peta Amazon Location Service dan data perutean yang didukung oleh GrabMaps merupakan salah satu yang paling akurat di kawasan ini. Hal ini memungkinkan operasional yang lebih efisien bagi pelanggan kami serta meningkatkan pengalaman pengguna mereka. Berbekal Amazon Location Service dan GrabMaps, kami yakin dapat memberikan layanan tepat waktu yang konsisten di setiap kawasan kami beroperasi,” ucap Jason Zhang, Direktur Luce SG.

Baca juga: Leica BLK360, Pemindai Laser 3D dengan Akurasi dan Kecepatan Tinggi

Layanan berbasis lokasi Amazon Location Service membantu pengembang untuk menambah peta, POI, geocoding, perutean, pelacakan dan geofencing ke aplikasi. Penambahan ke aplikasi tersebut dapat dilakukan dengan mudah dan aman dengan tetap mempertahankan kualitas data, menjaga privasi dan hemat biaya. Sementara itu GrabMaps merupakan layanan yang awalnya dikembangkan Grab untuk internal. Kini layanan tersebut telah berkembang untuk memperkuat layanan Grab di seluruh wilayah operasional.

GrabMaps dibangun dengan prinsip pemetaan berbasis komunitas, sehingga data pemetaan berkualitas tinggi dan hemat biaya. Layanan ini memanfaatkan jaringan konsumen, mitra pedagang, mitra pengemudi dan mitra pengantaran Grab yang luas. Grab mengolah dan memperbarui data pemetaan yang berasal dari jutaan pesanan dan perjalanan rutin setiap hari. Pembaruan tersebut memanfaatkan informasi langsung dari para mitra yang terkait penutupan jalan, perubahan alamat usaha dan lain-lain. Setiap bulan lebih dari 800 miliar panggilan Application Protocol Interface (API) di berbagai layanan dimotori GrabMaps. Layanan-layanan ini mencakup pencarian tempat, pengiriman, penghitungan waktu perjalanan, perutean, nvaigasi dan lain-lain. Lebih dari 800 km rute jalan yang sebelumnya tak tersedia di OpenStreetMap telah ditambahkan GrabMaps.

Share:

Artikel Terkini