Leica BLK360, Pemindai Laser 3D dengan Akurasi dan Kecepatan Tinggi Leica BLK360, Pemindai Laser 3D dengan Akurasi dan Kecepatan Tinggi ~ Teknogav.com

Leica BLK360, Pemindai Laser 3D dengan Akurasi dan Kecepatan Tinggi

Teknogav.com - Dokumentasi ruang dalam format 3 Dimensi (3D) dapat dimanfaatkan berbagai bidang. Beberapa di antaranya adalah untuk kebutuhan perencanaan desain konstruksi dan arsitektur, dokumentasi interior, dokumentasi situs bersejarah sampai untuk perfilman. Demi mendapatkan dokumentasi visual 3D yang detail dan akurat, maka dibutuhkan perangkat pemindai laser 3D.

Leica BLK360 merupakan pemindai laser 3D terkini dari Leica Geosystems yang dikemas dengan desain yang ringkas dan ringan. Perangkat ini dihadirkan PT Datascrip sebagai authorised distributor Leica Geosystem di Indonesia. Waktu pemindaian struktur bangunan atau ruang secara penuh dapat dilakukan hanya dalam 20 detik. Jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, yaitu BLK360 G1, maka BLK360 diklaim dapat memindai lima kali lebih cepat. Tangkapan gambar yang detail dan jelas disajikan oleh 4 kamera dengan resolusi 13 MP dan 5 bracket HDR.

Baca juga: Laser Scanner 3D Paracosm PX-80, Praktis Pindai Area dengan Mudah

Arif Yanto, Presiden Direktur Leica Geosystems Indonesia

"Misi kami yaitu menghadirkan solusi pemindaian dan dokumentasi 3D ke pengguna yang lebih luas. Hadirnya generasi terbaru dari BLK360 ini membuat pengguna makin mudah dan cepat untuk mendapatkan dokumentasi 3D yang akurat," ucap Busroni Arif Yanto, Presiden Direktur Leica Geosystems Indonesia.

Dokumentasi 3D memungkinkan calon pembeli atau penyewa apartemen tak perlu datang ke lokasi secara langsung, cukup melihat secara virtual. Tampilan yang disajikan merupakan perpaduan dokumentasi foto dan pemindaian 3D laser scanner. Kebutuhan untuk konstruksi pun bisa dipenuhi oleh data dokumentasi visual 3D yang detail dan akurat. Pemindai 3D ini dapat mendokumentasikan koordinat, volume dan kontur subjek bangunan atau situs bersejarah secara ringi. Data pun mudah ditransfer dan dapat diolah dengan perangkat lunak yang dimiliki pengguna sehingga memberikan pengalaman kerja yang mulus. 

Baca juga: FARO Focus Premium, Laser Scanner 3D User Friendly Berbasis Cloud

Tingkat akurasi pengukuran BLK360 sampai 4 mm pada jarak 10 meter dengan rentang pengukuran sampai radius 45 meter. Akurasi pemetaan lapangan ini juga dapat memenuhi kebutuhan industri perfilman untuk mendukung produksi visual effects (VFX). Data yang akurat dibutuhkan untuk membuat VFX yang proporsional agar serupa dengan yang asli. Pembuat film tak bisa mengira-ngira ukuran suatu benda atau bangunan tersebut.

“The New Leica BLKG360 hadir dalam ukuran yang ringkas sehingga mudah dibawa ke mana saja. Cara menggunakannya juga mudah cukup menekan 1 tombol, scanner ini dapat langsung memindai berbagai struktur bangunan dan ruang. Metode identifikasi yang akurat dapat memenuhi keperluan produksi multimedia hingga dokumentasi pemeliharaan cagar budaya seperti candi dan gua,” ucap Danang Kurniawarman, Marketing Manager PT Datascrip.

Leica BLK360

Transfer data dari alat ini ke perangkat lain dapat dilakukan melalui port USB tipe-C. Selain itu pemindai 3D juga dapat dihubungkan langsung ke smartphone dan tablet sehingga lebih praktis. Fitur-fitur yang diusung perangkat ini mendukung alur kerja yang lebih cepat dan memastikan kumpulan data yang diterima lengkap.

Teknologi Visual Inertial System (VIS) pada BLK360 dapat menggabungkan hasil pemindaian pada tiap ruang secara otomatis di seluruh bangunan. Kemampuan ini memudahkan penyelarasan dan penggabungan gambar dari tiap ruangan, sehingga menghasilkan point cloud yang lengkap saat mengolah data.

Leica BLK360 dipasang di aksesori pendukung

Perpaduan kamera dan sensor LIDAR pada BLK360 ini dapat menangkap gambar 360° horisontal dan 300° vertikal dengan kualitas tinggi. Kemampuan ini dapat memberikan point cloud 3D penuh dalam waktu 20 detik. Lima bracket High Dynamic Range (HDR) pada pemindai ini mampu menyajikan hasil dengan kontras tinggi dan akurasi warna menyerupai aslinya. Kemampuan menangkap point clouds dengan kecepatan 680.000 poin per detik juga dapat dilakukan berkat peningkatan Absolute Distance Meter (ADM). Kecepatan ini lebih tinggi dari Leica BLK360 G1, yaitu 360.000 poin per detik. 

Baca juga: Gelar 3DEXPERIENCE World 2021, Dassault Systèmes Paparkan Inovasi Hasil Solusinya

Harga yang dibanderol pada Leica BLK360 mulai dari Rp500 juta. Sebagai distributor resmi Leica Geosystems Indonesia, PT Datascrip juga menyediakan layanan purna jual, termasuk pelatihan penggunaan alat.

Share:

Artikel Terkini