Huawei Luncurkan OpenLab 3.0 Asia Pasifik untuk Landasi Sinergi Ekosistem Huawei Luncurkan OpenLab 3.0 Asia Pasifik untuk Landasi Sinergi Ekosistem ~ Teknogav.com

Huawei Luncurkan OpenLab 3.0 Asia Pasifik untuk Landasi Sinergi Ekosistem

Teknogav.com – Huawei resmi meluncurkan OpenLab 3.0 Asia Pasifik di Singapura pada 31 Maret 2023. Proyek senilai USD20 juta ini merupakan pusat regional terkini Huawei untuk inovasi bersama, menjalin kemitraan baru dan adapsi solusi industri. Harapannya, OpenLab 3.0 Asia Pasifik ini dapat memadukan teknologi, talenta dan mitra dalam satu platform inovasi. OpenLab 3.0 berperan dalam melandasi kolaborasi ekosistem di Asia Pasfik dengan menyatukan bakat industri dan kemampuan Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Peluncuran OpenLab 3.0 tersebut dihadiri juga oleh Goh Pei Sheng, Vice President, Digital Industri Singapore (DISG). Lebih dari 60 mitra dan undangan dari sektor teknologi dan publik, asosiasi industri dan perguruan tinggi menghadiri acara peluncuran ini. OpenLab 3.0 ditujukan untuk mempercepat kemajuan transformasi digital di Asia Pasifik dan sekitarnya. Huawei berkolaborasi dengan mitra lokal untuk menghadirkan solusi berbasis skenario dengan memanfaatkan kemampuan platform. Solusi yang dihasilkan tersebut berorientasi pada pelanggan dan tentu saja inovatif, contohnya adalah Smart Campus dan Smart Clasroom.

Baca juga: Dukung Akselerasi Digital dengan Cloud, Smartfren Business Berkolaborasi dengan Huawei

Kolaborasi dengan para mitra terus dilakukan Huawei berbekal dengan kemampuan dalam hal cloud dan AI. Upaya ini dilakukan untuk membangun ekosistem dan mempercepat transformasi digital dalam layanan publik, keuangan, transportasi, energi dan banyak industri lainnya.

“Booming ekonomi digital di Asia Pasifik akan mengarah pada layanan dan aplikasi inovatif baru.  Ekosistem industri yang lebih terbuka dan terdiversifikasi dibutuhkan untuk mempercepat transformasi digital industri. OpenLab 3.0 merupakan platform teknologi global bagi mitra lokal, pelanggan dan institusi pendidikan tinggi di Asia Pasifik. Platform ini mengeksplorasi solusi bersama yang dilandasi tuntutan berbagai industri dan terus berkontribusi untuk membangun Asia Pasifik yang digital,” ucap Nicholas Ma, President, Huawei APAC Enterprise Business Group.  

Baca juga: Indosat dan Huawei Tandatangani MoU Inovasi SRv6 di MWC Barcelona

Jun Zhang, President of Huawei APAC Public Affairs and Communications memaparkan kaitan OpenLab 3.0 dengan pengembangan talenta. Menurutnya, OpenLab 3.0 merupakan platform untuk berinovasi, mendapatkan pengalaman dan berbagi pengetahuan. Platform ini menunjukkan komitmen Huawei yang berpusat pada talenta dan akan muncul sebagai hub bagi pengembangan bakat di Asia Pasifik.

“Huawei memiliki model pengembangan talenta yang disebut PIPES, yaitu Platform, Inovasi, Profesionalisme, Experiece (Pengalaman), dan Keterampilan. PIPES memberikan program talenta yang ditargetkan bagi segenap lapisan masyarakat, untuk mendorong ekosistem talenta yang inklusif di kawasan Asia Pasifik,” ucap Jun Zhang.

Kolaborasi Huawei dengan para mitra akan senantiasa dijalin melalui OpenLab 3.0 yang terus memperluas pandangan di bandingkan OpenLab generasi sebelumnya. Foo Fang Yong, CEO Huawei International mengatakan bahwa OpenLab 1.0 sampai 2.0 melihat hari esok dari persepektif hari ini. Sedangkan OpenLab 3.0 bersama mitra Huawei melihat hari esok dari perspektif masa depan. Kemampuan dan investasi penelitian dan pengembangan inovatif Huawei yang menyeluruh menjadi sarana untuk menjelajahi lebih banyak kemungkinan di masa depan.

Foo Fang Yong, CEO Huawei International

“OpenLab 3.0 menginkubasi dan memungkinkan aplikasi lokal dan solusi inovatif yang lebih berorientasi masa depan, sambil mempromosikannya ke seluruh wilayah Asia Pasifik untuk mendukung transformasi digital di berbagai industri,” ucap  Foo Fang Yong.

Baca juga: Huawei ICT Competition 2023 Asia Pasifik Berperan dalam Pengembangan Talenta

Huawei OpenLab hadir di Singapura sejak tahun 2016, kini lebih dari 6.000 pengunjung dari sektor industri di Asia Pasifik disambut. Lebih dari 100 mitra telah menjalin kolaborasi demi menghadirkan solusi yang berorientasi terhadap pelanggan. OpenLabs juga tersebar di berbagai kota lain di seluruh dunia, yaitu Suzhou, Munich, Istanbul, Dubai dan lain-lain. Platform tersebut mengembangkan dan meluncurkan teknologi dan solusi bersama elbih dari 400 mitra di seluruh dunia.

Selain peluncuran OpenLab 3.0, dilakukan juga peluncuran ‘Cloud OpenLab’, yaitu platform integrasi dan verifikasi solusi berorientasi mitra pada arsitektur cloud. Pada peluncuran tersebut para mitra Huawei berbagi pengalaman mengenai perjalanan kolaborasi dengan Huawei. Para mitra tersebut diwakili oleh Simon Chung, President Global Business Division, Chinasoft International dan Jeffrey Yam Director-Founder, Maxxmedia International. Mereka membahas pengalaman saat menginkubasi solusi Smart Campus dan Smart Classroom dalam acara peluncuran tersebut.

Share:

Artikel Terkini