Indosat dan Huawei Tandatangani MoU Inovasi SRv6 di MWC Barcelona Indosat dan Huawei Tandatangani MoU Inovasi SRv6 di MWC Barcelona ~ Teknogav.com

Indosat dan Huawei Tandatangani MoU Inovasi SRv6 di MWC Barcelona



Teknogav.com - Indosat Ooredoo Hutchison (IOH)  dan Huawei Indonesia memperkuat kerja sama dalam hal inovasi bersama SRv6. Kerja sama tersebut dituangkan dalam Nota Kesepahamanan atau Memorandum of Understanding (MoU) yang ditandatangani di Mobile World Conress (MWC) 2023. Penandatanganan dilakukan pada 27 Februari 2023 di Barcelona. Lingkup kerja sama mencakup penelitian dan verifikasi SRv6 dan mempromosikan komersialisasi SRv6 skala besar. Upaya tersebut dilakukan demi mempercepat transformasi ke arsitektur jaringan otomatis dan cerdas.

MoU ditandatangani oleh Desmond Cheung, Chief Technology Officer IOH, dan Daniel Wu, Director of Huawei Indonesia IOH Account.  Penandatanganan disaksikan Vikram Sinha, President Director and CEO IOH;×Gary Lu, President of Huawei's Network Marketing and Solution Sales Department; Linda Cui, President of Hutchison Global Key Account Dept; dan Long, CEO of Huawei Indonesia Tech Investment.

Baca juga: Huawei dan Indosat Ooredoo Bangun Jaringan 5G Ready Berbasis SRv6

Desmond Cheung mengungkapkan manfaat kerja sama antara IOH dan Huawei tersebut pada perkembangan industri telekomunikasi. Kedua pihak akan mekerja sama menghadirkan jaringan berkualitas tinggi. Konvergensi jaringan IP, konvergensi dan pengoptimalan arsitektur jaringan tentunya dapat memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik. 

"Hal ini juga akan membantu IOH memelopori transformasi digital cerdas dan menetapkan tolok ukur untuk ekonomi digital global," ucap Desmond. 

Baca juga: Indosat Ooredoo Hutchison Gandeng Huawei untuk Integrasikan RAN

Inovasi dan terobosan yang terus dilakukan Huawei dalam konvergensi IP cerdas pun ditekankan oleh Gary Lu. Pengalaman Huawei yang luas dalam hal komersialisasi dapat mendukung IOH membuat terobosan dalam penerapan  SRv6. Hal ini tentunya dapat memberikan layanan komunikasi yang lebih beragam bagi pengguna lokal.

Pengembangan berbasis informasi memicu pesatnya pertumbuhan aplikasi Internet di seluruh dunia. Seiring peningkatan skala jaringan dan era cloud, maka layanan jaringan pun makin banyak muncul. Persyaratan pada jaringan SRv6 sebagai protokol transport IP generasi berikutnya pun lebih banyak diberlakukan layanan tersebut. Hal ini diberlakukan demi kemampuan memimpin perkembangan industri. 

Baca juga:  Indosat Ooredoo Hadirkan Layanan 5G di Indonesia dengan SRv6 Cisco

Dalam rangka memberdayakan berbagai industri dan memfasilitasi pengrmbangan ekonomi digital, Huawei berharap dapat berkolaborasi dengan mitra industri. Selain itu, Huawei juga berharap dapat menggunakan inovasi teknologiSRv6 yang dimiliki dan pengalaman penerapan SRv6. 

IOH sendiri memiliki tujuan untuk menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia. Tujuan IOH tersebut siap didukung Huawei dengan mempercepat transformasi digital bangsa.

Visi IOH adalah menjadi perusahaan telekomunikasi digital yang paling disukai di Indonesia. Dalam rangka mewujudkan visi tersebut, IOH senantiasa mendorong pertumbuhan baik di industri telekomunikasi maupun ekonomi digital Indonesia. Upaya tersebut terlihat dari kinerjanya yang solid pada tahun 2022 yang merupakan tahun pertama sejak merger. 

Kolaborasi antara Huawei dan IOH telah dijalin sejak tahun 2005 di berbagai bidang. Pembangunan jaringan transportasi konvergensi 5G-ready berbasis SRv6 pertama di kawasan Asia-Pasifik dilakukan Huawei dan IOH sejak tahun 2020.

MWC Barcelona 2023 digelar selama 27 Februari sampai 2 Maret. Di ajang tersebut, Huawei memamerkan produk dan solusinya di stand 1H50 di Fira Gran Via Hall 1. Huawei membahas topik-topik seperti keberhasilan bisnis 5G, peluang 5,5G, pengembangan hijau, transformasi digital dan visinya bersama operator global, profesional industri, dan pemimpin opini. Pembahasan tersebut dilandasi cetak biru bisnis GUIDE bagi 5,5G dan membangun keberhasilan 5G demi kesejahteraan yang lebih besar. 

Share:

Artikel Terkini