Dukung Akselerasi Digital dengan Cloud, Smartfren Business Berkolaborasi dengan Huawei Dukung Akselerasi Digital dengan Cloud, Smartfren Business Berkolaborasi dengan Huawei ~ Teknogav.com

Dukung Akselerasi Digital dengan Cloud, Smartfren Business Berkolaborasi dengan Huawei

Teknogav.com – Smartfren dan Huawei Cloud (PT Sparkoo Technologies Indonesia) menjalin kerja sama strategis demi mempercepat pertumbuhan digital melalui solusi cloud computing. Kolaborasi tersebut menyediakan lebih banyak pilihan bersaing, terpercaya dan mudah diterapkan bagi pelanggan bisnis Smartfren yang sedang melakukan transformasi digital.

Kolaborasi antara Smartfren dan Huawei Cloud tersebut dituangkan dalam Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU). Penandatanganan  MoU dilakukan di Kantor Huawei Cloud Indonesia di Jakarta. Kolaborasi ini berperan strategis dalam mendukung layanan cloud yang ditawarkan Smartfren Business dan Huawei Cloud, sehingga memperluas jangkauan pasar. Hal ini tentu saja dilakukan demi mewujudkan kehidupan digital yang lebih praktis. 

Baca jugaHuawei Cloud Region Indonesia Siap Dukung Inisiatif “Making Indonesia 4.0”

Pada akhirnya, fitur-fitur pada layanan cloud tersebut dapat menyatu dalam kegiatan enterprise di berbagai sektor. Beberapa sektor tersebut mencakup telekomunikasi, edukasi, manufaktur, retail, otomotif, e-commerce, gaming, layanan finansial, layanan kesehatan, media sampai dengan industri hiburan.

“Kami berharap agar solusi yang dihadirkan Smartfren Busines dan Huawei Cloud makin mempermudah semua orang yang sedang berupaya mengimplementasikan teknologi digital untuk usaha-usaha mereka. Harapannya, dengan transformasi digital yang makin mudah, maka dampak positifnya makin banyak dan membuka peluang bagi usaha-usaha tersebut untuk mewujudkan kontribusi positif pada perekonomian Indonesia," ucap Alim Gunadi, CEO Smartfren Business. 


Zhang Penghui, CEO Huawei Cloud antusias menyambut kolaborasi dengan Smartfren Business tersebut. Di Indonesia, Huawei telah hadir lebih dari 22 tahun sebagai penyedia infrastruktur Teknologi, Informasi dan Komunikasi (TIK). 

"Selama ini, kami selalu fokus membangun konektivitas terbaik untuk menghubungkan Indonesia dan memungkinkan pengembangan ekonomi digital. Huawei Cloud telah memiliki node (server) lokal yang terletak di tiga lokasi untuk memberikan layanan terbaik di Indonesia. Kami juga telah memiliki banyak sekali pengalaman dan portfolio di berbagai jenis industri," ucap Zhang Penghui. 


Berdasarkan MoU tersebut, Huawei berkomitmen menyediakan solusi cloud berkinerja tinggi, andal, dan biaya yang bersaing. Berbagai solusi cloud disediakan Smartfren Businesses untuk kebutuhan industri, seperti IaaS, PaaS, dan lain sebagainya. Kolaborasi tersebut  bermanfaat untuk mewujudkan keberhasilan pelanggan dan rekan Smartfren Business dan memberikan pilihan teknologi cloud terbaru. 

Berikut ini adalah beberapa teknologi tersebut: 
  • Hybrid Cloud yang dapat memenuhi standar keamanan dan perintah terkustomisasi
  • high performance SAP yang memiliki kapasitas ECS hingga 4 TB dan BMS hingga 16 TB
  • Enterprise Cloud Box yang dapat menyimpan data perusahaan secara terpusat dengan fitur sinkronisasi dan role permissions
Keseluruhan layanan cloud Smartfren Business dan Huawei Cloud tersebut dilengkapi Storage Disaster Recovery Service (SDRS). Kemampuan ini mencakup fitur data backup dan archive yang bisa mengamankan multiple-cloud dan cross-cloud.

Seiring peningkatan kebutuhan dalam menerapkan digitalisasi, perusahaan dituntut untuk berkembang. Namun, perusahaan juga harus tetap relevan dan bersaing dalam sektor yang dijalani. Tuntutan ini bisa diwujudkan dengan memanfaatkan cloud untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas kegiatan bisnis perusahaan. Berdasarkan hal tersebut, kini cloud merupakan salah satu layanan on-demand yang banyak dipakai para pelaku bisnis di Indonesia.

Share:

Artikel Terkini