Acer Swift X 16 Lebih Segar dengan AMD Ryzen 7040H dan NVIDIA Geforce RTX 40 Series Acer Swift X 16 Lebih Segar dengan AMD Ryzen 7040H dan NVIDIA Geforce RTX 40 Series ~ Teknogav.com

Acer Swift X 16 Lebih Segar dengan AMD Ryzen 7040H dan NVIDIA Geforce RTX 40 Series

Teknogav.com – Swift X 16 (SFX16-61G) diperkenalkan Acer pada konverensi pers global next@acer. Laptop tersebut dirancang Acer bagi pembuat konten dengan kinerja tinggi yang dikemas dalam desain menarik. Kinerjanya didukung oleh prosesor AMD Ryzen 9 7940H dan kartu grafis diskret NVIDIA GeForce RTX 4050. Laptop ini tersedia dalam pilihan layar OLED 16:10 dengan 100% DCI-P3 dan kecerahan sampai 500 nits. Berbagai konten berat seperti desain grafis, rendering 3D dan video dapat digarap menggunakan laptop ini.
Sistem operasi yang digunakan pada Swift X 16 (SFX16-61G) sudah menggunakan Windows 11. Fitur-fitur andalan yang mencakup Windows Hello, Wake on Voice dan sensor sidik jari pun mempermudah untuk login ke laptop. Selain itu, hadir juga asisten suara Cortana yang siap mendukung produktivitas pengguna.
 
Baca juga: Review Acer Swift Edge (SFA16-41), Layar Lapang, Bobot Ringan

Desain

Semua keandalan teknologi pada Swift X 16 (SFX16-61G) dikemas dalam dimensi laptop yang tipis. Dimensi laptop ini hanya 17,9 mm dan bobot 1,9 kg. Secara keseluruhan desain laptop ini dirancang presisi dengan bagian depan yang lebih panjang sehingga lebih mudah diakses dan engsel baru. Jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, maka touchpad pada Swift X 16 lebih lapang 33% atau paling lapang saat ini.

Kinerja

Prosesor AMD Ryzen 9 7940H pada Acer Swift X 16 ini memiliki delapan inti prosesor dan menggunakan daya 45 W. Kinerja yang dihasilkan siap mendukung kreator dan desainer untuk berkarya memaksimalkan potensi mereka. Prosesor tersebut terintegrasi dengan prosesor grafis AMD Radeon™ 780M dan dukungan kartu grafis diskret NVIDIA GeForce RTX 4050. Kinerja prosesor juga didukung RAM LPDDR5 berkapasitas 16 GB dan media penyimpanan dengan SSD PCIe Gen 4 berkapasitas 2 TB. Keandalan kartu grafis NVIDIA tersebut mencakup ray tracing, AI dan AV1 video encoding dan akses eksklusif ke NVIDIA Studio Drivers. 

Baca juga: Acer Swift X, Dukung Mobilitas dengan Desain Trendi dan Ringan 

Akses ke NVIDIA Studio Drivers siap mendukung kemampuan grafis untuk memeningkatkan segala kerja kreatif. Fitur tersebut mencakup berbagai perangkat lunak penunjang seperti NVIDIA Omniverse™, NVIDIA Broadcast, dan NVIDIA Canvas. Berbagai aplikasi kreatif yang paling sering digunakan pun bisa diakses lebih cepat berkat dukungan ini.

Kestabilan kinerja prosesor dan kartu grafis pada Switf X 16 (SFX16-616) dijaga oleh sistem pendingin TwinAir. Peningkatan pada TwinAir dapat memperlancar aliran udara 36% lebih baik dibandingkan kipas yang lebih besar. Selai itu, hadir juga mode tambahan, yaitu mode Turbo. Interior laptop dirancang ulang dengan slot ventilasi udara yang tersembunyi rapi di bawah permukaan aluminium. Desain keyboard terkini dengan sistem ventilasi udara untuk membuang panas juga menjaga suhu tetap dingin. Solusi termal yang lebih baik pun siap menyeimbangkan kinerja termal dan daya tahan baterai. Tak perlu khawatir kehabisan daya saat bekerja, karena laptop ini didukung baterai dengan kapasitas besar.

Komunikasi dan Konektivitas

Komunikasi dengan video call atau streaming pun dapat berjalan lancar berkat webcam FHD 1080p. Kamera tersebut didukung fitur eksklusif Acer Temporal Noise Reduction (TNR). Fitur tersebut menggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk hasilkan kualitas video yang jernih dan tajam walau pencahayaan kurang. Tersedia juga fitur Acer PurifiedView™ yang menggunakan AI untuk membuat efek blur di latar. Fitur-fitur lainnya mencakup Automatic Framing dan Eye Contact. Kebisingan pun dapat diredam dengan teknologi Acer PurifiedVoice™ sehingga suara terdengar lebih jelas saat video call ataupun saat merekam.

Jajaran port koneksi yang tersedia pada laptop yang mencakup dua port USB tipe-C dan HDMI 2.1 siap mendukung produktivitas. Kegiatan streaming, main game atau membuat konten pun dapat dilakukan dengan kinerja yang baik, berkat dukungan jaringan Wi-Fi 6E. Selain itu, tersedia juga slot MicroSD untuk menyajikan ruang penyimpanan tambahan.

Baca juga: Acer Swift 3 OLED dan Swift Edge Lengkapi Kampanye ‘I Go with Swift’

Layar

Seperti telah disinggung sebelumnya, Acer Swift X 16 ini menggunakan panel OLED berukuran 16 inci dan refresh rate 12 Hz. Layar ini memiliki resolusi sampai 3,2K (3200 x 2000 piksel) dan kecerahan sampai 500 nits. Sertifikasi VESA DisplayHDR™ TrueBlack 500 dan TÜV Rheinland Eyesafe® yang disandang layar iin menjamin tampilan yang nyaman. Color gamut 100% DCI-P3 menjamin tampilan yang tajam dan warna yang akurat. Waktu respons layar pun kurang dari 0,2 milidetik, sehingga terasa begitu smooth. Layar ini pun memiliki rasio aspek 16:10 dengan bezel tipis sehingga terasa lebih lapang.

Share:

Artikel Terkini