Majukan Perempuan, Indosat Gelar SheHacks 2023 dengan Tiga Program Baru Majukan Perempuan, Indosat Gelar SheHacks 2023 dengan Tiga Program Baru ~ Teknogav.com

Majukan Perempuan, Indosat Gelar SheHacks 2023 dengan Tiga Program Baru

Teknogav.com – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat) kembali menyelenggarakan program tahunan SheHacks. Program ini merupakan kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR) untuk mengurangi kesenjangan digital bagi perempuan Indonesia. Upaya tersebut dilakukan dengan pemanfaatan teknologi sehingga memajukan perempuan Indonesia di bidang ekonomi, pendidikan, kesehatan dan lingkungan. Penyelenggaraan program ini sesuai dengan misi Indosat dalam menyajikan pengalaman digital kelas dunia, menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia.

Pada SheHacks 2023 ini, Indosat menghadirkan tiga program baru, yaitu SheHacks Innovate, SheHacks Impact dan She(Hacks) Improve. Kegiatan dari masing-masing program tersebut adalah sebagai berikut:

  • SheHacks Innovate yang bertujuan membantu wirausahawan pemula untuk memecahkan masalah dan mengembangkan inovasi yang fokus pada pelanggan. Indosat bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Indonesia untuk menyelenggarakan program berupa workshop offline dua hari ini.
  • SheHacks Impact yang bertujuan mendukung para pendiri perusahaan rintisan yang meluncurkan produk dalam tahap minimum variable product (MVP) dapat ditingkatkan. Program ini memiliki jangka waktu selama enam bulan.
  • She(Hacks) Improve bertujuan untuk mengembangkan usaha yang dijalankan para pesertanya. Program ini memberikan akses bagi peserta untuk dapat menggunakan video pembelajaran yang berisi pengetahuan pengembangan usaha
 Baca juga: AWS Asah Kemampuan ML Perempuan dengan AWS DeepRacer Women's League

Vikram Sinha, President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison

“Perempuan adalah pelaku utama UMKM di Indonesia. Dukungan melalui keandalan teknologi digital yang inklusif sangat penting, karena diproyeksikan 64% UMKM akan go digital pada tahun 2027. Akses digital yang setara bagi perempuan perlu diupayakan secara kolaboratif untuk dampak yang lebih besar. Indosat berkomitmen untuk terus menjadi kolaborator utama dalam memberdayakan masyarakat Indonesia dan menjadi penggerak utama pertumbuhan ekonomi digital bangsa,” ucap Vikram Sinha, President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison.

Sepuluh proposal terbaik dari She(Hacks) Improve dan enam gagasan terbaik dari SheHacks Innovate juga akan dipilih dalam SheHacks People’s Choice. Peserta yang terpilih harus mempresentasikan gagasan selama lima menit pada situs SheHacks. Presentasi tersebut kemudian akan dipilih para audiens, dan nantinya tiga peserta terbaik akan diapresiasi dan mendapat hadiah.

Semua perempuan Indonesia bisa ikut seerta program SheHacks 2023, baik secara individu maupun berkelompok dengan anggota maksimal tiga orang. Pendaftaran proposal dibuka selama periode 14 April 2023 sampai 9 Juni 2023. Proposal berisi gagasan-gagasan solutif atau purwarupa produk untuk meningkatkan kesetaraan dan peran perempuan di bidang pendidikan, ekonomi, kesehatan dan lingkungan. Informasi lebih lanjut mengenai SheHacks dapat dilihat di situs shehacks.id.

Dukungan IDE dan Kementerian pada SheHacks 2023

Indosat Digital Ecosystem (IDE) yang merupakan platform dari Indosat Business turut mendukung SheHacks 2023. Platform ini tersebut membantu wirausahawan dan pelaku bisnis mengakses komunitas dan solusi kelas enterprise sehingga dapat melakukan transformasi digital. Ada tiga fitur dalam platform ini, yaitu IDE Academy, IDE Advisory dan IDE Market Place.

Baca juga: AWS DeepRacer Women’s League, Balap Virtual Bagi Perempuan

SheHacks 2023 juga didukung Kemenparekraf dan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengungkapkan besarnya pengaruh perempuan sebagai agent of change sektor parekraf dalam pertumbuhan ekonomi. Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UMKM terdapat 65,5 juta UMKM, dari jumlah tersebut 65 juta merupakan usaha mikro, dan 50% dari jumlah tersebut dikelola perempuan.

“Bangkitnya ekonomi nasional khususnya di bidang ekonomi kreatif, salah satunya karena meningkatnya jumlah perempuan berdaya yang juga sebagai pelaku UMKM. Mereka memiliki peran dalam ketahanan ekonomi keluarga dan bangsa. Selamat atas peluncuran SheHacks 2023. Bersama Indosat mari berkolaborasi mendorong perempuan Indonesia mengembangkan solusi kreatif dan inovatif sebagai pelaku UMKM,” ucap Sandiaga Uno.

Bintang Puspayoga, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak

Hal senada pun disampaikan Bintang Puspayoga, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Menurutnya, perempuan-perempuan yang menjadi pelaku usaha UMKM sangat berjasa menopang perekonomian Indonesia, sayangnya masih terlihat kesenjangan pemberdayaan perempuan dari tahun ke tahun. 

“Kami mengapresiasi langkah Indosat yang kembali menghadirkan program SheHacks bagi perempuan Indonesia. SheHacks dapat memberikan ruang lebih luas, tidak hanya pada perempuan wirausaha dalam mengembangkan produk tetapi juga bagi perempuan yang memberikan ide solutif dan inovatif untuk mewujudkan kesetaraan gender di Indonesia. Hal ini, sejalan dengan program prioritas Presiden di bidang wirausaha untuk menjadikan perempuan berdaya, anak terlindungi, dan Indonesia maju,” ucap Bintang Puspayoga.

Najwa Shihab, pendiri startup Narasi

Najwa Shihab, pendiri startup Narasi mengungkapkan bahwa keberhasilan dirinya tak lepas dari support system di lingkungannya yang membantu dia untuk maju. Jika perempuan tidak memiliki support system  yang baik, maka harus dapat mencari support system yang dapat mengasah diri untuk maju. SheHacks 2023 ini merupakan salah satu jawaban dalam mendapatkan support system yang senantiasa mendukung perempuan untuk maju. 

Baca juga: Indosat Ooredoo Hutchison Berkolaborasi dengan Kemenkominfo Luncurkan SheHacks 2022

Program SheHacks pertama kali diluncurkan pada tahun 2020 dan telah menerima lebih dari 1.300 proposal. Lebib dari 8.600 perempuan di bidang teknologi di seluruh Indonesia telah berhasil diberdayakan. Serangkaian sesi inkubasi dan pelatihan tersedia dalam program ini, termasuk bootcamp dan mentoring. Berbagai kegiatan tersebut akan mendukung peserta dalam mewujudkan gagasan-gagasan inovatif tersebut menjadi nyata. Indosat juga mengandeng Kumpul.id sebagai mitra strategis penyelenggaraan SheHacks 2023.

Share:

Artikel Terkini