Laporan Jenius Study Ungkap Kebiasaan Masyarakat Sisihkan THR untuk Investasi Laporan Jenius Study Ungkap Kebiasaan Masyarakat Sisihkan THR untuk Investasi ~ Teknogav.com

Laporan Jenius Study Ungkap Kebiasaan Masyarakat Sisihkan THR untuk Investasi

Teknogav.com – Jenius dari Bank BTPN melakukan survei bertajuk Jenius Study: Perilaku Masyarakat Digital Savvy Menjelang Idul Fitri 2023. Selain itu, digelar juga program Langkah Kecil di Ramadan Bersama Jenius dengan fitur-fitur inovatif dan penawaran spesial. Program-program tersebut dapat dimanfaatkan nasabah bersama dengan orang-orang terdekat. Hal ini sesuai tradisi di bulan Ramadan dan lebaran, termasuk kebiasaan sahur dan berbuka puasa bersama, bersedekah dan mudik.

Survei Jenius dilakukan untuk mengamati perilaku masyarakat melek digital yang mempertahankan kebiasaan-kebiasaan keuangan sejak pandemi hingga lebaran nanti. Periode survei tersebut dilakukan pada Maret-April 2023 dengan 127 responden berusia 18-40 tahun.

Temuan hasil survei menunjukkan bahwa kebiasaan-kebiasaan keuangan yang baik masih terus diterapkan walau dampak pandemi sudah berangsur pulih. Kebiasaan tersebut termasuk dalam menyisihkan tunjangan hari raya (THR) untuk menabung dan berinvestasi. Berdasarkan hasil survei, 76% responden menerima THR pada lebaran kali ini. Penerima THR tak hanya karyawan, tetapi wirausahawan, freelancer sampai YouTuber juga menyisihkan sebagian penghasilan untuk memberi THR ke diri sendiri.

Metta Anggriani, Certified Financial Planner dan Founder Daya Uan

“Momen Idul Fitri memang selalu dinanti, tetapi kita juga perlu mengontrol diri. Hal ini bisa dimulai dari alokasi THR untuk berbagai kebutuhan agar tidak habis dalam sekejap. Pastikan prioritas yang jelas dan alokasi keuangan untuk kebutuhan wajib yang muncul di momen Idul Fitri, seperti membayar zakat, memberi THR kepada orang tua dan orang lain yang bekerja/membantu kita, hingga tradisi salam tempel untuk keluarga,” ucap Metta Anggriani, Certified Financial Planner dan Founder Daya Uang. 

Dalam perencanaan keuangan, alokasi THR dilakukan dalam rentang waktu berbeda, yaitu sebagai berikut:

  • setelah menerima THR 59%
  • 1-2 bulan sebelumnya 38%
  • 3-4 bulan sebelumnya 3%

Masyarakat melek digital memiliki tiga karakter saat menerima THR, yaitu sebagai berikut:

  • The Saver (41%), karakter ini mengalokasikan THR untuk menabung. Sekitar 30% karakter The Saver mengalokasikan dana THR untuk dana darurat, tetapi 20% dari mereka mengalokasikan untuk liburan.
  • The Spender (40%), karakter ini mengalokasikan THR untuk langsung dibelanjakan. Sejumlah 67% karakter The Spender mengalokasikan THR untuk belanja kebutuhan lebaran. Dan 28% dari karakter The Spender menggunakan THR untuk melunasi utang untuk mengoptimalkan kondisi keuangan.
  • The Investor (19%), karakter ini mengalokasikan THR untuk berinvestasi. Sejumlah 39% karakter The Investor memanfaatkan dana THR untuk dana darurat dan mewujudkan mimpi.

Karakter dalam menerima THR
Hasil temuan tersebut juga menunjukkan bahwa baik karakter The Saver maupun The Spender sama-sama mengalokasikan dana THR untuk liburan.

Fitur-fitur Jenius Dukung Nasabah untuk Kelola Keuangan

Metta menjelaskan bahwa ketika kebutuhan-kebutuhan wajib di momen Idul Fitri telah dipenuhi, maka dana THR dapat dialokasikan untuk kebutuhan lain. Kebutuhan-kebutuhan tersebut mencakup baju baru, makanan dan lain-lain. 

“Perlu diingat bahwa kebutuhan ini membutuhkan alokasi dana yang ketat agar tidak berlebihan. Jika dirasa kebutuhan tersebut tidak membutuhkan dana THR yang besar, maka dana THR dapat dialokasikan ke tabungan atau instrumen investasi. Upaya ini dapat dilakukan untuk memenuhi kebutuhan di masa mendatang,” lanjut Metta.

Baca juga: Kartu Kredit Jenius Visa Mudah Dikelola Langsung dari Aplikasi

Perencanaan dan pengaturan keuangan dapat dilakukan dengan efektif memanfaatkan fitur-fitur dan penawaran khusus dari Jenius. Lima fitur Jenius yang sering digunakan menjelang lebaran adalah Send It, Kartu Debit Jenius, e-Wallet Center, Jenius QR dan Flexi Cash. Jika ingin mengalokasikan dana THR untuk ditabung, maka bisa memanfaatkan fitur Save It dari Jenius. Tersedia tiga pilihan jenis tabungan yang tersedia, yaitu Flexi Saver, Dream Saver dan Maxi Saver. Sejumlah 93% karakter Saver menyimpan THR melalui fitur Save it di Jenius. Berikut ini adalah persentase untuk setiap opsi produk:

  • 73% Fleksi Saver
  • 19% Maxi Saver
  • 8% Dream Saver

Jika ingin liburan ke luar negeri saat lebaran, maka bisa memanfaatkan fitur Mata Uang Asing. Fitur ini memudahkan memiliki dan mengelola sampai tujuh mata uang asing langsung dari satu aplikasi tanpa biaya atau dokumen tambahan. Saat berbuka bersama dan harus membayar tagihan, tersedia menu Split Bill yang otomatis membagi  tagihan secara rata. Fitur tersebut juga sekaligus melacak status penagihan.

Baca juga: Jenius Perkenalkan Flexi Cash dengan Fitur Split Pay dan Cicilan Jenius Pay

Hasil survei non-keuangan Jenius Study

Saat berbelanja hadiah lebaran, pembayaran pun dapat dilakukan dengan mudah menggunakan Jenius Pay untuk transaksi di e-commerce dan Jenius QR saat bertransaksi di toko offline. Kemeriahan momen lebaran juga dapat dimeriahkan dengan fitur animasi Moneymoji saat mengirim uang, sehingga meningkatkan makna salam tempel. Jelang lebaran, 68% responden memiliki kebiasaan memberikan 'salam tempel' bagi sanak saudara. Berikut ini adalah jumlah salam tempel yang biasa diberikan:

  • < Rp500 ribu 23%
  • Rp500 ribu-Rp1 juta 31%
  • Rp1 juta-Rp2,5 juta 28%
  • >Rp2,5 juta 23%

Jika ingin mudik, tersedia promo menarik pembelian tiket transportasi mudik menggunakan Kartu Kredit atau Kartu Debit Jenius Visa. Promo tersebut juga dapat dimanfaatkan untuk berbagi hidangan lezat di momen Ramadan. Informasi lebih lanjut dapat dilihat pada tautan https://www.jenius.com/pages/ramadan. Bagi yang ingin berinvestasi, maka tersedia fitur investasi Reksa Dana yang ingin mengalokasikan THR untuk investasi. Tiga jenis instrumen investasi yang digunakan untuk menginvestasikan dana THR mencakup Reksa Dana, Saham dan Obligasi.

Baca juga: Tips Investasi di Reksa Dana dan Forex Pakai Jenius

Langkah Kecil Berbagi Kebaikan

Jenius juga menyediakan sarana untuk memberi sedekah secara digital dari aplikasi Jenius selama program Paket Ramadan Bahagia (PRB). Program ini merupakan hasil kolaborasi antara ZTE Indinesia kolaborasi dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS). Sedekah secara digital ini merupakan upaya Jenius mengajak masyarakat berbagi kepada sesama dalam kampanye Langkah Kecil di bulan Ramadan.
Anita Ekasari, Digital Banking Acquisition, Service & Marketing Head Bank BTPN

“Kita telah melewati momen Ramadan dan Idulfitri dengan berbagai macam cara, mulai dari merayakan di rumah saja karena situasi pandemi. Sampai kini, situasi yang telah berangsur normal. Oleh sebab itu, Jenius menghadirkan program Langkah Kecil di Ramadan Bersama Jenius untuk mengajak masyarakat digital savvy melangkah di semarak Ramadan ditemani Jenius melalui fitur dan penawaran menarik lainnya,” ucap Anita Ekasari, Digital Banking Acquisition, Service & Marketing Head Bank BTPN.  

Tujuan program tahunan BAZNAS adalah berbagi kebahagiaan kepada mustahik di bulan Ramadan dan memitigasi dampak sosial. Dampak tersebut terutama akibat kesulitan dalam pemenuhan kebutuhan pangan dasar. Paket Ramadan Bahagia disalurkan kepada keluarga mustahik di sejumlah daerah di Indonesia dan dibuka hingga 21 April 2023. Informasi lebih lanjut dapat dilihat pada tautan ini https://www.jenius.com/highlight/detail/berbagi-kebahagiaan-dengan-paket-ramadan-bahagia.

Share:

Artikel Terkini