Serangan Siber ke Perusahaan-perusahaan di Asia Tenggara Meningkat 45% Serangan Siber ke Perusahaan-perusahaan di Asia Tenggara Meningkat 45% ~ Teknogav.com

Serangan Siber ke Perusahaan-perusahaan di Asia Tenggara Meningkat 45%


Teknogav.com – Penjahat siber begitu getol menyasar perusahaan-perusahaan di Asia Tenggara pada tahun 2022. Berdasarkan data Kaspersky, lebih dari 13 juta serangan online yang menargetkan perusahaan-perusahaan di Asia Tenggara berhasil diblokir Kaspersky tahun lalu. Angka tersebut menunjukkan peningkatan sampai 45%. Ancaman siber merupakan upaya pengunduhan objek berbahaya dari situs web berbahaya atau terinfeksi yang dibuat penjahat siber. Situs-situs berbahaya tersebut termasuk situs dengan konten kontribusi pengguna seperti forum dan sumber daya resmi yang disusupi.

Kerentanan pengguna akhir, pengembang atau operator layanan web dan layanan web itu sendiri dapat memungkinkan ancaman siber. Konsekuensi ancaman siber tersebut adalah kerugian bagi individu dan organisasi, terlepas dari motif atau penyebab ancaman tersebut.

Baca juga: Perusahaan-perusahaan di Asia Tenggara Banyak Jadi Sasaran Ransomware

Ketika pandemi mencapai puncaknya di tahun 2020, Kaspersky berhasil memblokir 10.200.817 serangan siber yang menargetkan bisnis di Asia Tenggara. Angka tersebut mengalami penurunan di tahun 2021 menjadi 9.180.344, tetapi melonjak lagi di tahun 2022 menjadi 13.381.164.

Negara dengan peningkatan ancaman web yang menargetkan bisnis tertinggi pada tahun 2022 adalah Singapura, yaitu sampai 329%. Pada tahun 2021, ancaman yang berhasil diblokir Kaspersky hanya 207.175 insiden, dan pada tahun 2022 meningkat sampai 889.093 serangan. 

Solusi Enterprise Kaspersky Siap Lindungi Berbagai Skala Bisnis  Empat negara lain yang juga mengalami peningkatan tertinggi adalah Malaysia (197%), Thailand (63%), Indonesia (46%), dan Filipina (29%).

Baca juga: Kaspersky Sarankan untuk Tingkatkan Intelijen Ancaman, Seiring Meningkatnya Transaksi Digital

Vietnam justru mengalami penurunan jumlah ancaman web, yaitu -12%. Sebelumnya negara tersebut mengalami ancaman web 2.822.591 pada tahun 2021, dan pada tahun 2022 hanya 2.485.168 insiden ancaman web.

“Asia Tenggara merupakan wilayah besar, sehingga perlu lebih banyak bantuan dalam membangun kemampuan mereka untuk melindungi bisnisnya dari serangan siber. Ini karena 2023 akan menjadi tahun pertama dibukanya kembali perbatasan dan pasar sepenuhnya. Kami mendorong perusahaan di wilayah ini untuk mengalokasikan anggaran dan sumber daya dalam memperkuat pertahanan sibernya dari peningkatan serangan yang menargetkan jaringan mereka. Sementara kesenjangan talenta keamanan TI tetap menjadi masalah, ahli outsourcing dan solusi komprehensif menawarkan efisiensi yang dapat mengisi bagian yang hilang ini,” ucap Yeo Siang Tiong, General Manager untuk Asia Tenggara di Kaspersky.

Tips Lindungi Bisnis dari Ancaman Siber

Dua kelemahan utama yang menyebabkan sebagian besar ancaman berhasil adalah kesalahan manusia dan kesalahan teknis. Pakar Kaspersky menyarankan beberapa tips berikut ini bagi perusahaan untuk senantiaa melindungi bisnis mereka:
  • membangun proses penyelidikan dan respons insiden berkelanjutan yang konsisten
  • memelihara dan mendukung basis kapabilitas keamanan TI
  • memberikan efisiensi waktu dan sumber daya secara tepat

Kaspersky menawarkan platform Kaspersky Extended Detection and Response (XDR) untuk membantu perusahaan. Platform tersebut memberkali para pakar internal dengan semua teknologi canggih dan intelijen ancaman yang dapat ditindaklanjuti. Selain itu, tersedia juga keterampilan teknis yang diperlukan pakar internal untuk mengatasi serangan siber yang kompleks dan bertarget. Intelijen ancaman pada platform ini dapat meningkatkan pengetahuan dan keahlian pakar di perusahaan sehingga bisa menangani insiden kompleks. Platform tersebut juga bisa meminta ahli eksternal untuk menilai, memberi dukungan langsung sampai mencadangkan data untuk mengantisipasi serangan. Informasi lebih lanjut mengenai platform ini tersedia di go.kaspersky.com/expert. 

Baca juga: Ransomware yang Ditargetkan Makin Menggila, Kaspersky XDR Siap Melawan

Tersedia juga promo pembelian 1 Gratis 1, sehingga bisnis bisa mendapat perlindungan titik akhir tingkat perusahaan untuk dua tahun. Penawaran ini bisa didapat hanya dengan membayar 1 produk, Pilihan produk tersebut adalah Kaspersky Endpoint Security for Business atau Cloud atau Kaspersky Endpoint Detection and Response Optimum,. Layanan ini didukung juga dengan telepon 24x7. Bagi yang tertarik bisa mengirim email ke sea.sales@kaspersky.com.

Share:

Artikel Terkini