Huawei Perkenalkan Dua Produk WAN dan Jelaskan Konsep CloudWAN Huawei Perkenalkan Dua Produk WAN dan Jelaskan Konsep CloudWAN ~ Teknogav.com

Huawei Perkenalkan Dua Produk WAN dan Jelaskan Konsep CloudWAN

Zuo Meng, President Metro Router Domain, Huawei’s Data Communication Product Line

Teknogav.com - Huawei menyelenggarakan Huawei Network Summit 2023 Asia Pasifik di Jakarta yang mengusung tema "Intelligent IP Network, Innovations Never Stop." Ajang ini dihadiri oleh perwakilan dari industri penyedia layanan internet (ISP), transportasi, energi dan lain-lain. Mereka berdiskusi mengenai pengembangan jaringan masa depan dan inovasi teknologi. Di ajang tersebut, Huawei juga memperkenalkan dua produk andalan Wide Area Network (WAN) dan memaparkan konsep CloudWAN.

Dua produk WAN andalan Huawei diperkenalkan oleh Zuo Meng, President Metro Router Domain, Huawei’s Data Communication Product Line. Perangkat tersebut adalah NetEngine 8000 F8 dan NetEngine 8000 M14 yang dirancang untuk meningkatkan pengalamanan layanan. Kehadiran kedua produk tersebut membuktikan upaya Huawei dalam melakukan peningkatan berkelanjutan dari kemampuan produk. Sementara itu konsep CloudWAN dipaparkan oleh Herry Kurniawan, Data Communication CTO, Enterprise Business Department, Indonesia Office, Huawei.

Baca juga: Huawei Tingkatkan Solusi CloudFabric 3.0 yang Mendukung Konektivitas sampai 400GE

NetEngine 8000 F8 dan NetEngine 8000 M14 

Huawei menghadirkan dua model router agregasi layanan universal andalannya yaitu NetEngine 8000 F8 dan NetEngine 8000 M14. NetEngine 8000 F8 memiliki besar 13U dan kepadatan tinggi. Kinerja router ini sampai 2 Tbps dan bisa ditingkatkan menjadi 6,4 Tbps. Kepadatan port router ini tinggi, sampai 64 port 100GE atau 576 port 10GE. Router ini memiliki arsitektur yang andal, kemampuan pemotongan port FlexE 10GE/100GE, dan hemat daya atau 40% lebih rendah dari rata-rata. Kemampuan router ini cocok untuk WAN berskala besar. 

Sementara itu, NetEngine 8000 M14 memiliki ukuran 5U dan menyajikan layanan all-in-one. Kinerja tinggi router ini sampai 2 Tbps dan dapat ditingkatkan hingga 3,6 Tbps. Router ini memiliki konfigurasi tetap dan dapat mendukung port 400GE dan menyediakan sampai 32 port 100GE. Kapasitas router yang besar dan kemampuan meninggalkan jejak yang kecil memungkinkan router untuk digunakan secara fleksibel pada berbagai layanan.

Infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) merupakan landasan nagi transformasi digital di kawasan Asia Pasifik. Layaknya penghubung antara kampus dan data center, infrastruktur TIK merupakan dasar bagi ekonomi digital dam IP WAN. 

Zuo Meng, President Metro Router Domain, Huawei’s Data Communication Product Line

Solusi CloudWAN 3.0K

Konsep pembangunan jaringan terkini dari solusi CloudWAN 3.0t dilakukan berdasarkan tiga aspek utama yang mendukung sudut pandang peningkatan. Ketiga sudut pandang tersebut adalah jaringan terkonvergensi, perangkat terkonvergensi, dan manajemen yang terkonvergensi. 

Pada jaringan konvergen, jaringan pusat tunggal digunakan untuk menyediakan akses terpadu untuk pengelolaan di tingkat provinsi, kota, dan kabupaten. Teknologi slicing memungkinkan jaringan untuk membawa berbagai jenis layanan, memungkinkan konvergensi multi-jaringan. Penerapan teknologi ini memenuhi persyaratan Service Level Agreement (SLA) dari berbagai jenis layanan. Selain itu, teknologi tersebut juga meningkatkan pemanfaatan jaringan dan mengurangi biaya konstruksi jaringan.

Terkait perangkat yang terkonvergensi, arsitektur perangkat keras menyediakan fungsi CGN, IPsec, dan SA melalui subkartu yang berbeda. Fungsi-fungsi tersebut dapat menyederhanakan proses jaringan. Arsitektur tersebut memungkinkan satu router menyajikan fungsi beberapa perangkat khusus, meningkatkan keandalan jaringan dan pengalaman pengguna, serta menghemat penggunaan ruang.   

Berkenaan dengan pengelolaan yang terkonvergensi, iMaster NCE-IP Network Digital Map digunakan memberikan beberapa manfaat berikut ini:

  • Penyederhanaan O&M siklus penuh
  • Integrasi tampilan manajemen dan O&M
  • Deteksi perubahan jaringan secara real time
  • Cepat mengurangi hambatan jaringan, 
  • Meningkatkan efisiensi operasional

Baca juga: Huawei Pamerkan CloudCampus 10 Gbps di HNS 2023 Asia Pasifik 

Kebutuhan industri di Asia Pasifik pun digali Herry Kurniawan, Data Communication CTO, Enterprise Business Department, Indonesia Office, Huawei secara lebih dalam. Beberapa kebutuhan tersebut adalah sebagai berikut:

  • pembangunan jaringan pribadi oleh instansi pemerintahan untuk sistem perkantoran
  • efisiensi penyediaan layanan dan kualitas layanan ISP
  • perencanaan layanan, penerapan, dan persepsi O&M di industri transportasi dan energi

Selain itu, Herry juga menjelaskan cara solusi CloudWAN 3.0 memenuhi kebutuhan industri yang telah disebutkan sebelumnya secara sempurna. 

Baca juga: Huawei Bahas Pentingnya Multi-Cloud dan Multi-Jaringan di Sektor Keuangan 

Herry Kurniawan, Data Communication CTO, Enterprise Business Department, Indonesia Office, Huawei

Beberapa kemampuan solusi CloudWAN 3.0 Huawei terkini adalah sebagai berikut:

  • transmisi data yang efisien dan bertenaga
  • arsitektur yang fleksibel dan mudah dikelola
  • transportasi layanan yang terkonvergensi
  • kemampuan O&M yang otomatis dan cerdas melalui peningkatan konvergensi
Serangkaian kemampuan tersebut dapat membantu membangun WAN dengan pengalaman terbaik. Huawei Data Communication membantu pelanggan dari berbagai sektor berkat kemampuan inovasi IPv6 Enhanced dan pemahaman mendalam tentang tren industri. Sektor-sektor tersebut mencakup pemerintahan, ISP, transportasi, dan energi. 

Huawei Data Communication hadir di lebih dari 170 negara dan wilayah untuk membangun jaringan yang adaptif, andal, dan cerdas. Kemampuan-kemampuan yang dihadirkan solusi Huawei menghadirkan kekuatan digital yang berkesinambungan untuk peningkatan industri perusahaan.
Share:

Artikel Terkini