Huawei Tingkatkan Solusi CloudFabric 3.0 yang Mendukung Konektivitas sampai 400GE Huawei Tingkatkan Solusi CloudFabric 3.0 yang Mendukung Konektivitas sampai 400GE ~ Teknogav.com

Huawei Tingkatkan Solusi CloudFabric 3.0 yang Mendukung Konektivitas sampai 400GE

Arthur Wang, President of Data Center Network Domain, Huawei Data Communication Product Line

Teknogav.com – Huawei menggelar sesi bertajuk ‘CloudFabric 3.0: High-Connectivity 400GE CloudFabric, Empowering the AI Era’ pada Huawei Network Summit 2003 Asia Pasifik. Pada sesi tersebut, Huawei berbagi mengenai solusi CloudFabric 3.0 yang telah ditingkatkan. Lebih dari 200 pelanggan dan mitra dari berbagai negara dan wilayah turut menghadiri sesi tersebut. Asal negara dan wilayah tersebut mencakup Filipina, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand dan Hong Kong.

Para partisipan sesi tersebut berdiskusi mengenai tren pertumbuhan dan inovasi teknologi jaringan pusat data (Data Center Network/DCN) masa depan. DCN dengan konektivitas tinggi sampai 400GB dapat dibangun dengan solusi CloudFabric 3.0 Huawei yang berorientasi pada masa depan. Fitur-fitur solusi tersebut mencakup ultra-fast deployment, ultra-intelligent operations and maintenance (O&M) dan ultra-powerful performance. Seluruh fitur tersebut siap menyajikan momentum baru menuju era kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI).

Baca juga: Huawei Bahas Pentingnya Multi-Cloud dan Multi-Jaringan di Sektor Keuangan

Seiring makin cepatnya transformasi digital, maka makin banyak perusahaan yang memasuki era multi-cloud dan multi-vendor. Tentunya hal ini membutuhkan daya komputasi AI yang sangat tinggi. Hal ini dipaparkan oleh Arthur Wang, President of Data Center Network Domain, Huawei Data Communication Product Line. Menurutnya, jaringan yang mampu bekerja lebih tinggi dan O&M yang lebih cerdas merupakan dua hal yang wajib dimiliki.

Huawei menawarkan solusi CloudFabric 3.0 yang telah ditingkatkan untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Solusi ini memungkinkan penerapan jaringan dan O&M terpadu di seluruh cloud dan vendor. Selain itu, solusi CloudFabric 3.0 juga cocok untuk membangun jaringan pusat data 400GE yang begitu besar.

Baca juga: Huawei Pamerkan CloudCampus 10 Gbps di HNS 2023 Asia Pasifik

Selama bertahun-tahun, Huawei telah melakukan penelitian dan eksperimen. Ethernet tradisional pun telah ditingkatkan menjadi Ethernet hyper-converged untuk menyajikan layanan jaringan data center. Layanan-layanan tersebut termasuk komputasi umum, penyimpanan, komputasi berkinerja tinggi (High Performance Computation/HPC) dan layanan AI. 

Jacko Lee, Vice President, Data Center Network Domain Huawei Data Communication Product Line

Jacko Lee, Vice President, Data Center Network Domain Huawei Data Communication Product Line memaparkan evolusi Ethernet tersebut. Protokol FC, IB dan Ethernet pada jaringan data center kini telah enjadi protokol Ethernet hyper-converged Evolusi ini menyajikan 100% daya komputasi dan mempercepat penerapan dalam semua skenario.

Sementara itu tantangan-tantangan yang dihadapi perusahaan dipaparkan oleh Victor Lapian, CTO Huawei Asia Pacific Enterprise Network Solutions. Tantangan-tantangan tersebut mencakup standar model yang tak konsisten, O&M yang sulit, biaya tinggi untuk orkestrasi dan pengembangan lintas vendor. Semua ini dihadapi seiring makin banyaknya perusahaan yang beralih ke lingkungan multi-cloud dan multi-vendor.

Victor Lapian, CTO of Huawei Asia Pacific Enterprise Network Solutions

Solusi CloudFabric 3.0 Huawei menawarkan model terpadu, adaptasi yang fleksibel dan orkestrasi drag-and-drop menggunakan kerangka pemrograman terbuka iMaster NCE. Hal ini memungkinkan pengoperasian dan pemeliharaan jaringan secara otomatis, sehingga menyajikan pengalaman yang lebih simpel.

Baca juga: Huawei Perkenalkan Dua Produk WAN dan Jelaskan Konsep CloudWAN

Peta digital jaringan Huawei menyingkirkan ketidakmampuan O&M konvensional dalam mendeteksi perubahan layanan. Secara dinamis dan intuitif, peta digital jaringan ini dapat menampilkan hubungan dan pemetaan antara jaringan multi-cloud dan layanan data center. Kemampuan visibilitas jaringan multi-cloud dalam satu meta, demarkasi kesalahanan dalam sedetik dan pengoptimalan jaringan dapat dilakukan dengan hanya sekali klik.Tentunya hal ini dapat menghasilkan pengalaman jaringan data center yang baik.

Solusi Huawei CloudFabric 3.0 High-Connectivity 400GE disambut antusias berkat keandalan khusus yang dilandasi inovasi teknologi. Penerapan solusi tersebut signifikan di berbagai industri, termasuk keuangan, layanan publik, energi dan pendidikan. Huawei akan terus bekerja sama dengan para mitra industri demi memperkuat penelitian dan inovasi dalam hal data center. Selain itu, Huawei juga berupaya untuk mengarahkan peningkatan jaringan menuju otomatisasi dan kecerdasan, serta evolusi jaringan antargenerasi. Seluruh upaya tersebut dirancang demi mempercepat transformasi digital perusahaan dan memberi nilai lebih bagi pelanggan dan industri.

Share:

Artikel Terkini