Solusi Manajemen Cloud Sardina Systems Lebih Tangguh Ditenagai AMD Solusi Manajemen Cloud Sardina Systems Lebih Tangguh Ditenagai AMD ~ Teknogav.com

Solusi Manajemen Cloud Sardina Systems Lebih Tangguh Ditenagai AMD

Teknogav.com - Sardina Systems merupakan perusahaan penyedia teknologi otomatisasi cloud asal London Inggris, yang didirikan tahun 2014. Di Indonesia, produk Sardinia Systems dapat diperoleh melalui PT Pan Solusi Indodata selaku distributor resmi perusahaan tersebut. Sardina Systems merupakan mitra strategis untuk peningkatan bisnis. Produk andalan Sardina Systems adalah FishOS yang merupakan platform pengelola cloud bagi enterprise.

Solusi terintegrasi Sardina Fish OS merupakan platform cloud yang fleksibel, andal dan mudah diterapkan. Platform ini dibangun pada OpenStack, Kubernetes dan Ceph dengan sumber daya yang gesit sesuai permintaan, tata kelola, memaksimalkan kinerja infrastruktur dan aplikasi, serta mengoptimalkan TCO. Kini Sardina FishOS tersedia dalam opsi AMD Instinct MI100 Accelerator yang merupakan GPU HPC tercepat saat ini.

Baca juga: Supercomputing AMD EPYC Dukung Keberhasilan Komputasi Cloud Berkinerja Tinggi

tampilan antarmuka Sardina FishOS

“Tuntutan pengguna akan kecepatan mendeliver platform dalam hitungan tahun atau bahkan bulan membuat harus mencari pilihan lain untuk mentenagainya. AMD merupakan pilihan yang baik, Contohnya dalam melatih ChatGPT dengan data dan masalah yang ada untuk menjadi layanan pelanggan yang baik dibandingkan layanan telepon. Infrastruktur di belakang ini adalah GPU, dengan kebutuhan GPU yang tidak sedikit. PT Pan Solusi Indodata dapat menyediakan solusi tersebut lebih cepat, bahkan lebih tangguh dengan memanfaatkan AMD, tentunya dengan biaya yang efektif. Contohnya adalah dengan penggunaan MI100 yang dapat memproses 1 miliar parameter kurang dari 1 detik. Sedangkan dengan CPU, waktu yang dibutuhkan adalah 25 detik, jadi perbandingannya sangat jauh. Kini ada alternatif untuk mendukung infrastruktur AI, ML, HPC dan lain-lain. Tak lagi hanya ditenagai CPU, tetapi juga dapat ditenagai GPU,” ucap Chairul F. G. Manalu, Technical Manager PT Pan Solusi Indodata.

AMD Instinct MI1000 Accelerator merupakan GPU dengan arsitektur AMD CDNA yang mampu menyajikan lompatan besar dalam kinerja interkoneksi dan komputasi. Kehadiran opsi AMD Instinct M100 Accelerator pada platform yang ditawarkan Sardina Systems memberikan keleluasaan bagi pengguna dalam memlih GPU. Kemampuan GPU besutan AMD ini dapat menjalankan beban kerja kecerdasan buatan (AI), pembelajaran mesin atau machine learning (ML) dan HPC. Jika dibandingkan dengan akselerator AMD Generasi sebelumnya, maka terdapat peningkatan hampir 3,5 kali lipat untuk HPC. Sedangkan untuk AI throughput terjadi peningkatan hampir 7 kali lipat.

Baca juga: AMD EPYC Generasi Keempat Dukung Kinerja Data Center Modern

Chairul F. G. Manalu, Technical Manager PT Pan Solusi Indodata.

Pada umumnya, contoh use case untuk AI, ML dan HPC adalah Large Language Model (LLM) atau yang dikenal sebagai ChatGPT. Penggunaan tersebut dapat diadopsi pada layanan pelanggan pada enterprise besar. Pada instansi keuangan, skenario penggunaan solusi ini mencakup deteksi fraud dan analisis risiko. Sementara itu di perusahaan minyak dan gas, digunakan pada analisis spasial dan simulasi.

Sardina FishOS dapat membantu enterprise dan penyedia layanan untuk membangun, menumbuhkan dan menskalakan bisnis mereka dengan solusi cloud yang efisien AMD menjadi pilihan berkat kinerja yang bagi, bahkan lebih baik di beberapa case. Pesatnya perkembangan perangkat lunak dan Library AMD memastikan pengguna tak hanya terpaku atau terikat pada satu infrastruktur saja. Contohnya adalah saat melakukan integrasi dengan Hugging Face.

Baca juga:  Gelar “AMD Solution & AI Day”, AMD Luncurkan Prosesor Terkini

Kehadiran AMD mampu memberikan lebih banyak opsi bagi PT Pan Solusi Indodata untuk memberikan solusi terbaik. Ketika AMD digabungkan dengan Sardina Systems, maka solusi ini mampu memberikan solusi yang heterogen dan tak terikat.

“PT Pan Solusi Indodata merupakan partner dan distributor AMD. Jika ada kebutuhan user maka akan diproses PT Pan Solusi Indodata dan disesuaikan dengan solusi yang dimiliki AMD. Sardina Systems dapat digunakan untuk mengatur sesuai kapasitas yang dibutuhkan user. PT Pan Solusi Indodata berperan sebagai integrator untuk menggabungkan sumber-sumber tersebut untuk menghasilkan solusi,” pungkas Chairul.

Share:

Artikel Terkini