Deel Terus Kembangkan Sistem SDM Sesuai Kepatuhan dan Teknologi Terkini Deel Terus Kembangkan Sistem SDM Sesuai Kepatuhan dan Teknologi Terkini ~ Teknogav.com

Deel Terus Kembangkan Sistem SDM Sesuai Kepatuhan dan Teknologi Terkini

Teknogav.com – Platform Sumber Daya Manusia (SDM) global, Deel turut berpartisipasi dalam acara HR Tech Conference yang digelar di JW Mariott, Jakarta. Selain memamerkan solusi yang dimiliki, Deel juga turut mengisi sesi ‘Simplifying the Global World of Work’ dengan para pembicaranya. Andrew Knell, Business Development, Global Payroll APAC, Deel membahas topik menarik yang membuka wawasan bagi bisnis untuk berekspansi secara global. Sedangkan, Grace Bunardi, ASEAN Account Executive Deel memaparkan komitmen Deel di Indonesia dan peran Deel dalam mengembangkan talenta digital Indonesia.

“Deel memastikan perusahaan dapat mempekerjakan karyawan dari berbagai negara dengan memastikan kepatuhan lokal sesuai regulasi di masing-masing asal negara mereka. Contohnya adalah ada banyak talenta di bidang telekomunikasi dan teknologi informasi (TI) yang berbasis di Indonesia, khususnya di Jakarta. Hal yang kami lakukan adalah membuka pintu bagi mereka untuk bekerja di perusahaan global yang berbasis di Amerika, Inggris dan negara-negara lain. Kami membantu proses perekrutan talenta tersebut langkah demi langkah. Perusahaan tidak memahami hukum di Indonesia, hukum di Thailand dan aturan untuk mempekerjakan karyawan. Jadi Deel melakukan kepatuhan bagi perusahaan, memastikan perusahaan mempekerjakan sesuai hukum di setiap negara,” ucap Andrew Knell.

Andrew Knell, Business Development, Global Payroll APAC, Deel; dan Grace Bunardi, ASEAN Account Executive Deel

Andrew juga memaparkan bahwa Deel membantu perusahaan untuk melakukan ekspansi. Jadi ketika perusahaan memutuskan untuk beralih menjadi brand global yang menjangkau Asia. Deel dapat mempercepat bisnis mereka melakukan ekspansi di Asia. Hal terpenting adalah karyawan,  dengan Deel proses perekrutan dan pembayaran dapat dilakukan dengan lancar sesuai aturan di setiap negara. Hal ini juga bisa menjadi strategi manajemen talenta untuk bisnis di Indonesia dalam berekspansi secara global.

Baca juga: Deel Permudah Manajemen SDM, Mulai Perekrutan sampai Kepatuhan Regulasi Global

“Misi Deel ada dua, pertama adalah membuka kesempatan bagi talenta di Indonesia untuk mendapatkan kesempatan bekerja dengan perusahaan luar. Kedua, sejalan dengan misi pemerintah Indonesia bahwa bisnis-bisnis di Indonesia harus mengglobal. Bisnis-bisnis di Indonesia harus mencoba untuk berkembang ke negara lain, misalnya untuk cakupan Asia Tenggara atau Asia Utara. Deel bisa membantu untuk masuk ke market yang baru, berkaitan dengan peraturan cara mempekerjakan orang dan memastikan apa yang dibayarkan ke orang-orang sesuai dengan hukum yang berlaku di negara masing-masing,” ucap Grace Bunardi.

Deel membantu integrasi sistem HR perusahaan, sehingga mampu membantu perusahaan dalam mengelola tim dari jarak jauh. Selain itu, Deel juga memastikan keamanan dan privasi yang terkait dalam pengelolaan tim tersebut. Deel juga akan terus untuk mempromosikan kerja jarak jauh, karena bisa lebih efisien.

Compliance Monitoring

Saat ini, Deel telah beroperasi di sekitar 150 negara. Lebih dari 60 pengacara yang memiliki spesialisasi dalam hukum ketenagakerjaan dipekerjakan Deel untuk menangani dari sisi hukum dan kepatuhan. Selain itu, Deel juga bekerja sama dengan tiga penasihat hukum eksternal di setiap negara berbeda sesuai dengan fungsinya. Kerja sama juga dilakukan Deel dengan lembaga-lembaga hukum untuk memastikan selalu mendapat informasi terkini terkait adanya perubahan aturan yang berlaku. 

Baca juga: RED Asia Inc Dukung Bisnis Menangkan Pasar dengan RED AI For Indonesia

Salah satu fitur yang baru diluncurkan di platform Deel adalah Compliance Monitor. Pada fitur tersebut terdapat daftar peraturan terkini. Misalnya, perubahan perpajakan dari 5% ke 10% di Australia beserta dengan tanggal efektif perubahan peraturan tersebut berlaku. Jika perusahaan memliki karyawan di Australia, maka Deel juga akan menginformasikan mengenai semua karyawan yang akan mengalami dampak tersebut. Semua klien perusahaan dapat menggunakan fitur ini secara gratis di platform Deel.

Deel tak hanya membantu perusahaan memberikan gaji karyawan sesuai peraturan, tetapi juga dalam menerapkan hak-hak lain yang berlaku. Contohnya, di Indonesia dengan menerapkan BPJS

Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan. Selain itu, Deel juga menyediakan sarana untuk memberikan manfaat tambahan, misalnya asuransi tambahan. Saat ini, Deel juga telah bekerja dengan perusahaan-perusahaan asuransi di setiap negara untuk memberi manfaat tambahan bagi karyawannya. Misalnya di Indonesia sudah bekerja sama dengan Allianz, dan tersedia beberapa paket asuransi yang bisa dipilih.

Ke depannya, Deel juga akan menghadirkan fitur Performance Management untuk membantu memfasilitasi perusahaan dan karyawan untuk menilai kinerja. Kendati demikian, tanggung jawab untuk hal lain terkait penilaian kinerja tersebut sepenuhnya ada di perusahaan.

Deel senantiasa menjunjung tinggi keamanan dan privasi data perusahaan dan karyawan yang tersimpan pada platform Deel. Perizinan akses setiap data juga diatur sesuai dengan keperluan masing-masing bagian dalam mengakses data tersebut. Konfigurasi akses ini dapat ditentukan sendiri oleh klien. Deel juga telah menyandang sertifikasi internasional dalam hal keamanan data, termasuk mematuhi GDPR dan aturan proteksi data berbagai negara.

Deel AI

Baru-baru ini, Deel juga memperkenalkan alat berupa Deel AI yang masih dalam versi beta. Alat ini memungkinkan klien memperoleh informasi terkait pengelolaan SDM global. Jadi mereka bisa memperoleh informasi terkait kewajiban yang harus diterapkan ke karyawan tanpa harus melakukan pencarian di luar platform. Selain informasi umum, Deel AI ini juga bisa memberikan informasi terkait data yang dimiliki oleh klien perusahan itu sendiri. Misalnya memberikan informasi jumlah karyawan yang berasal dari negara tertentu di perusahaan tersebut.

Baca juga: CATAPA Gratiskan Paket CATAPAatHome, Solusi HR Perusahaan yang Dilengkapi AI

Kecerdasan buatan atau artificial intelligence yang digunakan pada Deel AI diperkuat oleh ChatGPT Open AI. Alat ini disempurnakan dengan akses ke data Basis Pengetahuan (Knowledge Base) Global Deel. Data tersebut tentu saja didukung oelh tim internal yang terdiri dari 200 orang pakar SDM dan pengacara lokal. Sumber daya tersebut memungkinkan Deel AI membantu  perusahaan mendapatkan wawasan terkait kepatuhan, termasuk informasi akurat mengenai peraturan undang-undang setempat dan praktik terbaik yang berlaku di negara-negara tempat Deel beroperasi.

Perusahaan juga bisa menggunakan Deel AI untuk mengumpulkan poin data secara cepat untuk dapat ditindaklanjuti. Data tersebut mencakup total biaya terkait karyawan, jumlah karyawan di bidang keterampilan tertentu secara langsung dari data perusahaan masing-masing di platform Deel. Bisnis dapat memanfaatkan data tenaga kerja tersebut untuk membuat laporan instan atau mendapat wawasan penting mengenai tim mereka tanpa harus bergantung pada proses pelaporan manual berbasis spreadsheet.

Hasil survei LinkedIn mengungkapkan bahwa para pekerja di Indonesia sangat ntusias untuk mengintegrasikan AI ke dalam pekerjaan. Sejumlah 99% responden tertarik, jumlah ini melampaui negara-negara lain di Asia Pasidik. Sebanyak 82% pekerja di Indonesia juga terbuka untuk menggunakan AI dalam membantu meringankan pekerjaan yang sulit diselesaikan. Ini berarti dunia kerja dan karyawan di Indonesia sudah mengenal dan mengintegrasikan AI ke dalam pekerjaan sehari-hari, termasuk departemen SDM. 

Baca juga: Penyeimbangan Penggunaan AI dan Sentuhan Manusia Penting di Bidang HR

Banyak perusahaan sudah memanfaatkan potensi AI dalam berbagai tugas di bidang SDM. Berikut ini adalah beberapa contoh penggunaan AI di bidang SDM:

  • analisis data untuk mengidentifikasi indikator kepuasan karyawan
  • optimasi proses perekrutan dengan algoritma untuk meninjau CV kandidat
  • fasilitasi pengelolaan SDM dan pembuatan jalur karir bagi karyawan
Karen Ng, Kepala Ekspansi Deel, Asia

"Para pemimpin bisnis dan tim SDM cukup mengajukan pertanyaan yang relevan untuk bisa memanfaatkan informasi yang dibutuhkan untuk membuat keputusan perekrutan yang tepat. Deel AI membantu bisnis untuk mencegah kesalahan lebih lanjut dalam perekrutan global dan manajemen karyawan. Bisnis bisa leibh fokus dalam pengembangan bisnis dan penerapan strategi jangka panjang perusahaan," ucap Karen Ng, Head of Expansion Deel, Asia.

Deel AI dapat memberikan informasi mengenai data kontrak dan faktur sambil tetap memastikan keamanan dengan berbagai tahap perlindungan. Akses ke AI dan database dibatasi pada lingkungan Virtual Private Cloud (VPC) Deel, sehingga menjamin data tidak dibagikan secara publik. Deel AI juga dilindungi pengendalian akses yang menjamin akses data dibatasi secara eksklusif untuk pengguna dengan izin yang sesuai.

Share:

Artikel Terkini