Deel Permudah Manajemen SDM, Mulai Perekrutan sampai Kepatuhan Regulasi Global Deel Permudah Manajemen SDM, Mulai Perekrutan sampai Kepatuhan Regulasi Global ~ Teknogav.com

Deel Permudah Manajemen SDM, Mulai Perekrutan sampai Kepatuhan Regulasi Global

Teknogav.com -  Deel merupakan platform yang mendukung manajemen sumber daya manusia (SDM) secara menyeluruh bagi perusahaan dengan tim global. Kini Deel telah resmi hadir di Indonesia, seiring banyaknya bisnis yang mempekerjakan talenta yang tersebar di seluruh dunia. Setiap aspek pengelolaan tim global disederhanakan Deel, termasuk integrasi budaya, proses onboarding, penggajian lokal, dan kepatuhan hukum. Kini perekrutan, pengelolaan dan pembayaran tim global dapat dilakukan dengan efisien melalui satu platform Deel saja.

Kehadiran Deel di Indonesia memungkinkan bisnis di Indonesia untuk mengembangkan keahlian tim dan berekspansi ke luar negeri. Saat ini, Deel telah memiliki lebih dari 15.000 pelanggan di lebih dari 150 negara. Beberapa pelanggan Deel mencakup Nike, Dropbox, Red Bull, Shopback, BCG, Shopify, ayoconnect, Telin, Airwallex dan Gotrade.

Baca juga: Humanica dan DataOn Siap Merger demi Sediakan Platform Terbesar

Bank Indonesia memperkirakan ekonomi Indonesia akan mengalami percepatan pertumbuhan sekitar 4,7%-5,5% di tahun 2024. Hal ini dapat terjadi salah satunya karena kinerja ekspor yang positif. Pada tahun 2022, kinerja ekspor Indonesia mengalami peningkatan lebih dari 26% dibandingkan tahun sebelumnya. Kendati demikian, terdapat tantangan-tantangan bagi perusahaan-perusahaan yang ingin mengembangkan bisnisnya secara global.

Dahulu, ketika suatu bisnis akan mempekerjakan seseorang di luar negeri, mereka harus mendirikan entitas lokal di pasar tujuannya. Proses tersebut cukup rumit dan memerlukan biaya dan waktu, khususnya tekait hukum, perpajakan dan budaya lokal yang perlu dipahami. Hal ini perlu dilakukan untuk mencegah penundaan dan biaya tinggi. Deel dapat membantu perusahaan melakukan proses onboarding karyawan sesuai regulasi setempat, mensponsori visa dan mengatur sistem gaji. Entitas Deel di seluruh dunia mendukung perusahaan membangun dan menjalankan tim global dengan lebih simpel.

Semua kebutuhan SDM global dapat ditangani Deel di satu tempat, dengan kontrak sesuai peraturan lokal yang ada di platform. Platform ini mendukung pemeriksaan latar belakang, pengiriman peralatan ke karyawan yang bekerja jarak jauh dan pengaturan manfaat yang diterima karyawan, di mana pun dia berada. Selain menyediakan infrastruktur SDM global bagi pelanggan, Deel juga menawarkan layanan konsultasi untuk mendukung dan membimbing bisnis dalam pertumbuhan mereka di luar negeri.

Baca juga: CATAPA Gratiskan Paket CATAPAatHome, Solusi HR Perusahaan yang Dilengkapi AI

Karen Ng, Kepala Ekspansi Deel, Asia

"Indonesia merupakan salah satu negara dengan perkembangan ekonomi yang pesat serta ekosistem digital yang terus berkembang. Kami ingin memastikan bahwa bisnis-bisnis di Indonesia memiliki akses ke SDM terbaik secara global. Harapan kami, kami juga dapat mendukung para bisnis tersebut dalam mengembangkan dan meningkatkan keterampilan tim mereka secara global. Kami yakin bahwa pengetahuan kami akan SDM internasional serta teknologi inovatif yang kami miliki dapat membantu menyederhanakan pengelolaan tim di seluruh dunia, serta membantu perusahaan-perusahaan tetap mematuhi persyaratan pajak dan legislasi setempat,” ucap Alex Bouaziz, CEO & Co-Founder Deel.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) memperkirakan pada tahun 2030 terdapat kekurangan sekitar 47 juta tenaga kerja digital di Indonesia. Hasil penelitian PricewaterhouseCooper (PwC) menunjukkan 53% pekerja Indonesia merasa kurangnya kesempatan berkolaborasi atau belajar dari rekan-rekan dengan kecakapan digital tinggi. Solusi Deel memfasiitasi proses perekrutan SDM di luar negeri, sehingga perusahaan di Indonesia dapat mencari individu-individu terampil dari negara lain. Perusahaan pun dapat memperoleh SDM ahli yang keterampilannya dapat mendukung perusahaan lokal dan mentransfer ilmu ke SDM lokal.

Data perekrutan Deel secara global menunjukkan adanya peningkatan sebesar 145% pada tahun 2022. Perekrutan perusahaan di negara-negara kawasan Asia Pasifik mengalami tingkat pertumbuhan yang tercepat. Negara-negara di Asia Pasifik yang paling banyak melakukan perekrutan secara global adalah Australia, Singapura dan India. Berikut ini adalah posisi pekerjaan tertinggi untuk perekrutan:

  • Software engineer dan developer
  • Product designer
  • Product manager
  • Quality assurance engineer
  • Project manager

Di Indonesia sendiri, perusahaan paling sering mempekerjakan talenta dari negara-negara Inggris, Kanada, Singapura dan Amerika Serikat. Sementara itu, talenta-talenda di Indonesia banyak yang dipekerjakan perusahaan-perusahaan di India, Vietnam, Ukraina, dan Malaysia.


Dukungan Deel bagi Telin

Salah satu perusahaan Indonesia yang telah menggunakan solusi Deel dalam membangun tim global adalah Telin, anak perusahaan PT Telekomunikasi Indonesia. Telin merupakan penyedia layanan telekomunikasi internasional yang memanfaatkan platform Deel untuk menguji pasar potensial baru untuk ekspansi. Solusi Deel mendukung Telin melakukan proses dengan efisien sehingga memicu pendapatan dan pertumbuhan internasional perusahaan.

"Nilai lebih yang ditawarkan Deel adalah memungkinkan kami menangani semua aspek kepatuhan dalam perekrutan dan pengoperasian proses penggajian di seluruh dunia. Solusi Deel telah menghemat waktu yang signifikan bagi Telin dibandingkan jika kami melakukannya sendiri,” ucap Wayan Damayanti, Human Capital Specialist, Telin. 

Baca juga: Platform Pengelolaan SDM Darwinbox Raih Pendanaan US$72 Juta

Kolaborasi Deel dengan KADIN

Deel juga berkolaborasi dengan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) dalam suatu panel diskusi. Tujuan panel diskusi tersebut adalah meningkatkan kesadaran mengenai hal-hal berikut ini:

  • perekrutan lintas batas
  • tantangan bisnis terkait ekspansi internasional bagi perusahaan-perusahaan Indonesia
  • cara mengatasi kekurangan keterampilan lokal.

"Kerjasama ini menandai awal operasi kami di Indonesia dan menggarisbawahi komitmen kami untuk mendukung upaya ekspansi bisnis di Indonesia," ucap Karen Ng, Kepala Ekspansi Deel, Asia.

Deel didirkan pada tahun 2019 dan berkembang pesat hanya dalam empat tahun. Kini Deel telah memiliki lebih dari 2.000 karyawan yang tersebar di lebih dari 100 negara. Pada Januari 2023, Deel mengumumkan pencapaian EBITDA yang positif dengan pendapatan tahunan berulang sebesar USD295 juta. Valuasi Deel mencapai USD12 miliar dengan investor yang terdiri dari Andreessen Horowitz, Coatue, dan Emerson Collective.
 

Share:

Artikel Terkini