Waspada, Berbagai Kejahatan Siber Ini akan Marak di Tahun 2024! Waspada, Berbagai Kejahatan Siber Ini akan Marak di Tahun 2024! ~ Teknogav.com

Waspada, Berbagai Kejahatan Siber Ini akan Marak di Tahun 2024!

Teknogav.com – Kaspersky Security Bulletin (KSB) memaparkan prediksi mengenai lanskap keamanan siber di tahun 2024. Tim pakar keamanan siber Kaspersky memberikan pandangan mendalam mengenai ancaman yang mungkin akan dihadapi konsumen di tahun tersebut. Penjahat siber akan makin memanfaatkan topik yang sedang tren dan teknologi canggih untuk melancarkan aksinya. Beberapa di antaranya termasuk Play-to-Earn (P2E), penipuan amal dan deepfake suara.

Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) mengungkapkan bahwa tingkat konflik kekerasan global di tahun 2023 merupakan yang tertinggi sejak Perang Dunia II. Kian panasnya konflik ditambah dengan dampak jangka panjang pandemi dan bencana iklim yang berkelanjutan memicu adanya penipuan berkedok amal. Kaspersky memperkirakan penipuan berkedok amal yang memanfaatkan dampak luas dari krisis global akan meningkat signifikan di tahun 2024.

Baca juga: Grup APT Asia Makin Lihai Lancarkan Serangan, Kaspersky Ungkap Tekniknya

Penjahat siber juga akan meningkatkan fokus dalam mengeksploitasi daya tarik pendapatan dari game P2E dan investasi finansial yang besar. P2E menjadi sasaran menarik seiring dengan peningkatan nilai Bitcoin dan janji kemudahan mendapatkan uang dalam game.

Seiring makin umumnya, deepfake gambar, maka perkembangan menuju deepfake suara juga makin cepat. API Text-to-Speech (TTS) OpenAI yang baru diluncurkan memiliki kemampuan canggih untuk menghasilkan ucapan mirip manusia. Hal ini menunjukkan kemampuan yang signifikan dalam teknologi suara buatan. Inovasi-inovasi tersebut menandai lompatan ke depan, sayangnya juga membuka peluang penyalahgunaan. Teknologi tersebut dapat dieksploitasi penipu untuk menciptakan konten penipuan yang meyakinkan dan mudah diakses, sehingga meningkatkan risiko terkait teknologi deepfake.

Baca juga: Khawatir Penipuan dengan Deepfake Terkait Pemilu 2024? Ini Tips Mencegahnya

Selama ini VPN berperan dalam meningkatkan privasi, mengatasi tantangan segmentasi internet dan pembatasan wilayah situs web terkait kondisi geopolitik. Klien VPN tertentu dapat digunakan untuk melewati pembatasan berbasis lokasi pada akses informasi. Kemampuan mendukung akses ke spektrum informasi yang lebih luas ini diperkirakan akan meingkatkan permintaan solusi VPN yang signifikan tahun depan.

Antusiasme terhadap pemutaran film-film perdana yang kian dekat juga akan meningkatkan penipuan. Penjahat siber bisa memanfaatkan film-film Dune: Part 2, Deadpool 3, Avatar 3, Gladiator 2 dan Joker 2 yang begitu dinanti-nantikan. Pemogokan para aktor (actor strike) juga bisa menimbulkan transfer film baru tanpa izin. Kondisi tersebut menciptakan lingkungan yang ideal bagi situs phishing yang menawarkan akses eksklusif.

Selain film, game GTA VI yang akan dirilis tahun 2024 juga menjadi sorotan game di tahun tersebut. Game online ini memperkenalkan mata uang dalam game sehingga menarik penipuan. Skema klasik berupa pre-order dan harga yang menarik diperkirakan akan timbul seiring antusiasme komunitas game dalam menyambut rilis tersebut.

Baca juga: Kaspersky Prediksi Lanskap APT Tahun 2024

“Dalam prediksi ancaman konsumen tahun 2024, kami memberikan wawasan tentang potensi risiko dunia maya. Dunia penipuan bersifat dinamis, dan para penipu terus-menerus merancang skema baru. Tetap waspada, karena taktik baru mungkin muncul. Pertahanan terkuat melawan ancaman yang terus berkembang tersebut adalah dengan mempertahankan sikap proaktif,” ucap Anna Larkina, pakar keamanan dan privasi di Kaspersky.

Tips Aman dari Ancaman Siber

Para pakar Kaspersky memberikan beberapa rekomendasi berikut ini agar konsumen bisa tetap aman menghadapi berbagai ancaman siber:

  • Edukasi diri sendiri dengan tetap mengetahui informasi mengenai ancaman dan penipuan online terkini. Pengetahuan adalah
  • Waspada terhadap penipuan phishing melalui email, pesan atau situs web mencurigakan dengan penawaran eksklusif atau gratis. Periksa keaslian sumber sebelum berbagi informasi pribadi apa pun atau melakukan transaksi online
  • Gunakan solusi keamanan andal yang dapat mengidentifikasi lampiran berbahaya dan memblokir situs phishing. Salah satu solusi yang bisa digunakan adalah Kaspersky Premium
  • Hati-hati ketika berbagi informasi pribadi secara online, terutama detail sensitif seperti alamat, nomor telepon atau informasi keuangan. Informasi ini hanya dapat dibagi pada platform yang terpercaya dan aman
  • Percayai sumber terpercaya, seperti web resmi dan marketplace resmi untuk membeli barang, mengakses film atau mendapat informasi terkait pemutaran perdana. Hindari sumber tidak resmi atau mencurigakan yang berpotensi mengeksploitasi antusiasme

Demikianlah beberapa prediksi Kaspersky mengenai lanskap keamanan siber tahun 2024 dan beberapa tips untuk menghindari ancaman siber.

Share:

Artikel Terkini