Kilas Balik Tren Pasar Dark Web Tahun Lalu dan Proyeksinya Kilas Balik Tren Pasar Dark Web Tahun Lalu dan Proyeksinya ~ Teknogav.com

Kilas Balik Tren Pasar Dark Web Tahun Lalu dan Proyeksinya


Teknogav.com – Kegiatan pencurian dan pemerasan di pasar Dark Web meningkat signifikan di tahun 2023. Tantangan baru harus diantisipasi perusahaan di masa yang akan datang. Antisipasi ini termasuk terhadap peningkatan kehadiran alat penguras kripto, pertumbuhan promosi situs web palsu melalui iklan dan peningkatan ‘loader’ berbahaya. Para ahli Global Research and Analysis Team (GReAT) dan Kaspersky Digital Footprint Intelligence telah mengumpulkan tinjauan lengkap selama setahun terakhir. Tinjauan tersebut dituangkan dalam Kaspersky Security Bulletin (KSB) terbaru, termasuk wawasan mengenai tren di pasar dark web.

Kilas Balik Tren Dark Web Tahun 2023

Berikut ini adalah tren dark web yang terjadi selama tahun 2023:

  • Peningkatan entri blog ransomware. Biasanya pelaku ransomware membuat blog untuk memeras perusahaan, memamerkan keberhasilan peretasan bisnis baru, dan memposting data yang sudah dicuri. Tahun 2023, rata-rata postingan blog bulanan di platform publik dan dark web mencapai 476, meningkat dari 386 pada tahun 2022. Puncak postingan blog tersebut mencapai 634 di bulan November 2023.

Baca juga: Khawatir Penipuan dengan Deepfake Terkait Pemilu 2024? Ini Tips Mencegahnya

Jumlah postingan di blog ransomware, 2023. Sumber: Kaspersky Digital Footprint Intelligence
  • Peningkatan risiko kebocoran kredensial pribadi dan perusahaan. Postingan terkait malware stealer mengalami peningkatan di pasar dark web. Malware tersebut dirancang untuk mencuri informasi sensitif seperti kredensial login, detail keuangan dan data pribadi. Penjualan data dilakukan penjahat siber kepada rekan mereka untuk mencuri identitas, menipu terkait keuangan dan kegiatan pelanggaran lain. Postingan yang menawarkan log pencuri Redline, keluarga malware yang populer meningkat tiga kali lipat pada tahun 2023. Angka tersebut mencapai 1.200 per bulan di tahun 2023, meningkat dari 370 per bulan di tahun 2022. Jumlah berbagai macam file log malware yang diposting secara bebas di dark web pun naik hampir 30% dibandingkan tahun sebelumnya. File log tersebut berisi data pengguna yang disusupi.

Baca juga: 5 Jurus Rekayasa Sosial Ini Sering Dipakai Penjahat Siber

Proyeksi Tren Pasar Dark Web Tahun 2024

Kaspersky memperkirakan beberapa tren yang membentuk lanskap pasar dark web, yaitu sebagai berikut:

  • Penipu akan makin beralih ke iklan mesin pencari untuk mempromosikan situs web yang berisi malware. Sebelumnya, penipu bergantung pada email phishing, kini mereka memakai iklan Google dan Bing. Pemanfaatan iklan ini agar halaman yang penuh malware buatan penjahat siber tersebut berada di posisi teratas di mesin pencarian. Kemungkinan makelar lalu lintas gelap akan meningkatkan kegiatan penjualan di pasar bawah tanah. Kaspersky memperkirakan praktik penipuan tersebut akan terus meningkat.
  • Peningkatan permintaan alat penguras kripto di kalangan penipu kripto. Alat penguras kripto ini merupakan perangkat lunak berbahaya untuk menarik dana ke dompet penjahat siber dari dompet pemilik yang sah. Perangkat tersebut dirancang untuk dapat menarik dana secara cepat dan otomatis. Peningkatan permintaan malware ini diperkirakan Kaspersky akan meningkatkan prevalensi iklan yang mempromosikan pengembangan dan penjualannya di pasar gelap. Proliferasi alat-alat tersebut diperkirakan dipicu oleh minat terhadap kripto, NFT dan aset digital lain secara berkelanjutan.
Baca juga: Solusi Enterprise Kaspersky Siap Lindungi Berbagai Skala Bisnis

Para pakar juga mengantisipasi beberapa kecenderungan berikut ini:

  • Jumlah layanan yang menyediakan penghindaran antivirus untuk malware (crypt) akan meningkat
  • Layanan malware Loader” akan terus berkembang
  • Pencampur Bitcoin (Bitcoin mixers) dan layanan pembersihan akan terus berkembang dan menunjukkan perubahan pasar yang dinamis

“Keamanan siber menuntut sikap proaktif. Memantau aktivitas dan tren pasar dark web mirip dengan mengintip pedoman melawan musuh, memungkinkan deteksi dini ancaman, memahami taktik musuh, dan memastikan Anda beberapa langkah lebih maju dalam hal pertahanan dunia maya. Ini bukan hanya tentang perlindungan; ini tentang menguasai lanskap ancaman yang terus berkembang untuk membentengi risiko di masa depan dan memastikan ketahanan keamanan perusahaan,” ucap Sergey Lozhkin, Peneliti Keamanan Utama GReAT di Kaspersky.

Tinjauan pasar dark web dan prediksi ke depan dituangkan Kaspersky dalam Kaspersky Security Bulletin (KSB). Publikasi tersebut berisi serangkaian prediksi dan laporan analisis tahunan mengenai perubahan-perubahan penting dalam dunia keamanan siber.

Share:

Artikel Terkini