Tokopedia Berbagi Kisah Inspiratif para Perempuan Pengusaha Brand Lokal Tokopedia Berbagi Kisah Inspiratif para Perempuan Pengusaha Brand Lokal ~ Teknogav.com

Tokopedia Berbagi Kisah Inspiratif para Perempuan Pengusaha Brand Lokal

Teknogav.com – Hari Perempuan Internasional diperingati setiap tanggal 8 Maret untuk merayakan pencapaian perempuan dan meningkatkan awareness mengenai diskriminasi. Tokopedia memperingati hari tersebut dengan berbagi kisah inspiratif para perempuan pengusaha brand lokal di platform mereka. Brand lokal yang berhasil diusung oleh para perempuan tersebut adalah Mambucha, M231 dan Kumala Home and Kitchen.

Setiap tahun, jumlah perempuan dalam sektor kewirausahaan terus meningkat. Data BPS tahun 2021 menunjukkan bahwa perempuan mengelola 64,7% total UMKM di Indonesia yang mencapai 37 juta UMKM. Diperkirakan pada tahun 2025 mendatang, total nilai UMKM mencapai USD135 miliar.

Rizky Juanita Azuz, External Communications Senior Lead Tokopedia

“Tokopedia mencatat Palembang, Tangerang, Surabaya, Makassar dan Denpasar merupakan beberapa daerah dengan kenaikan tertinggi jumlah perempuan pelaku usaha di Tokopedia. Rata-rata kenaikan lebih dari 2,5 kali lipat selama tahun 2023 jika dibandingkan dengan tahun 2020 saat pandemi lalu. Beberapa subkategori di Tokopedia mengalami kenaikan tertinggi jumlah perempuan pelaku usaha dalam periode yang sama. Subkategori tersebut mencakup Perawatan Hewan, Buku, Perlengkapan Pesta, Pertukangan serta Perlengkapan Alat Tulis Kantor dan Sekolah,” ucap Rizky Juanita Azuz, External Communications Senior Lead Tokopedia.

Baca juga: Serangkaian Fitur Baru Tokopedia Bikin Belanja Online Lebih Hemat

Pada peringatan Hari Perempuan Internasional tahun 2024, tema yang diusung adalah ‘Berinvestasi pada Perempuan: Mempercepat Kemajuan’. Tema ini menyampaikan bahwa upaya pencapaian kesetaraan gender dan kesejahteraan perempuan di semua aspek kehidupan merupakan tugas seluruh masyarakat. Upaya ini demi mewujudkan perekonomian yang sejahtera dan kehidupan sehat bagi generasi yang akan datang.

“Tokopedia konsisten memberi panggung seluas-luasnya bagi perempuan pelaku usaha lokal, agar para perempuan bisa makin maju sekaligus membantu mendorong pemerataan ekonomi nasional melalui pemanfaatan teknologi digital,” lanjut Rizky.

Dukungan Tokopedia bagi Perempuan Pelaku Usaha

Tokopedia berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah (Pemda) dan UMKM lokal untuk menyelenggarakan Kelas Perempuan Maju Digital (KPMD). Tujuan kelas ini adalah memberi pelatihan digitalisasi UMKM dan literasi keuangan secara digital bagi perempuan pengusaha lokal. Lebih dari 800 perempuan pelaku UMKM dari berbagai daerah telah didukung Tokopedia bersama Pemda di tahun 2023. Asal para pelaku UMKM tersebut mencakup Bandung, Bali, Medan, Semarang, Surabaya, Surakarta dan Yogyakarta.

Baca juga: Inisiatif Hyperlocal Tokopedia Dukung UMKM Jadi Pahlawan Ekonomi Nasional 

Tokopedia juga meluncurkan Modul Perempuan Maju Digital bersama dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) Republik Indonesia (RI). Modul tersebut tersedia gratis di Pusat Edukasi Seller untuk mengedukasi dan mendampingi perempuan pelaku usaha. Berbagai topik dibahas dalam modul tersebut, termasuk ‘Langkah Awal Pemberdayaan Bisnis Usaha Perempuan.

Jelang Ramadan, Tokopedia menyediakan kurikulum #SIAPRAMADAN di Pusat Edukasi Seller. Kurikulum ini dapat digunakan untuk persiapan menyambut kampanye Ramadan Ekstra Seru sampai 5 April 2024. Kampanye bisa diikuti di aplikasi dan situs Tokopedia, serta Shop | Tokopedia di aplikasi TikTok.

Bisnis Mambucha Anita Hartono

Anita Hartono tertarik pada kombucha setelah berhasil merawat scoby atau Symbiotic Culture of Bacteria and Yeast untuk membuat kombucha. Scoby tersebut dirawat mengandalan teh hijau yang kaya antioksidan dan the hitam yang memiliki kandungan polifenol tertinggi. Kombucha tersebut dapat mengatasi masalah pencernaan yang sempat dideritanya. Bisnis Mambucha dibangunnya saat pandemi agar para karyawannya dapat bekerja di masa sulit.

Anita Hartono, pendiri Mambucha

“Ketika Mambucha dikenal masyarakat, saya menjadi ibu bagi karyawan yang 90% didominasi perempuan dan yatim piatu. Pada tahun 2023, Mambucha berhasil mengantongi BPOM dan sertifikasi halal untuk mendukung bisnis Mambucha bisa naik kelas. Selama tahun 2023, penjualan Mambucha di Tokopedia mengalami kenaikan hampir 6 kali lipat dibandingkan 2022. Bahkan, Tokopedia berkontribusi hampir 50% terhadap keseluruhan penjualan Mambucha,” ucap Anita.

produk-produk Mambucha

Edukasi mengenai manfaat konsumsi kombucha bagi kesehatan dilakukan Anita melalui platform Tokopedia dan video singkat TikTok. Mambucha memanfaatkan kampanye Tokopedia NYAM! dan kurir yang ada di Tokopedia khusus untuk pengiriman makanan dan minuman.

Kumala Home and Kitchen

Kumala Home and Kitchen merupakan bisnis keluarga di yang bergerak bidang peralatan, serta perlengkapan rumah tangga dan dapur. Yenny Kusuma Hendra adalah sosok di balik keberhasilan bisnis yang didirikan sejak tahun 2003 tersebut. Brand ‘Sero’ yang menjual berbagai produk rumah tangga berbahan keramik lokal dihadirkan Yenny di bawah naungan Kumla Home and Kitchen. Kehadiran Sero ditujukan untuk mengatasi ketimpangan perhatian masyarakat akan produk buatan lokal.

Yenny Kusuma Hendra

Produk-produk rumah tangga berbahan keramik lokal dihadirkan di Kumala Home and Kitchen bekerja sama dengan sejumlah artisan keramik. Asal pabrik keramik buatan tangan tersebut mencakup Sumatra, Jawa Timur sampai Bali. Kumala Home and Kitchen bergabung dengan Tokopedia pada tahun 2018 untuk memperluas pasar keramik lokal. Sejumlah kampanye dan fitur dimanfaatkan, salah satunya TopAds dimanfaatkan Yenny untuk mengembangkan usaha.

Baca juga: ShopeePay Talk Beri Inspirasi dengan Hadirkan Perempuan-Perempuan Pebisnis Sukses

“Semua produk kami semi-handmade, yang dibuat oleh para perajin lokal di mana 70% di antaranya adalah perempuan. Berkat berbagai kemudahan yang dihadirkan Tokopedia, transaksi penjualan online Kumala Home and Kitchen, hampir 70% berasal dari Tokopedia,” ucap Yenny.

M231

Berbagai macam pakaian pria dihadirkan brand fesyen lokal M231 sejak lebih dari 23 tahun lalu. Lebih dari 1.000 penjahit dari Pemalang, Jawa Tengah diberdayakan M231 dalam mengembangkan usaha. Sejumlah 70% dari penjahit tersebut merupakan perempuan. Pentingnya mengadopsi platform digital untuk mengembangkan bisnis disadari M231 walau sudah berdiri puluhan tahun, salah satunya menggunakan Tokopedia.

Felicia Kurniawan, Pemilik Usaha M231

“Kami rutin mengikuti kampanye Waktu Indonesia Belanja (WIB), Tokopedia Fashion dan fitur beriklan TopAds di Tokopedia. Hasilnya, setelah mengikuti WIB, penjualan kami bisa meningkat hingga 3 kali lipat dibandingkan sebelum mengikuti kampanye tersebut. Sementara berkat TopAds, penjualan M231 naik hingga 5 kali lipat dibandingkan sebelum pakai fitur tersebut,” ucap Felicia Kurniawan, Pemilik Usaha M231.

M231 juga menghadirkan inovasi untuk memperluas pasar, contohnya dengan menghadirkan koleksi Family Set saat bulan Ramadan. Koleksi tersebut mencakup baju koko dewasa, gamis dan kaftan wanita, serta baju koko anak. Menurut Felicia, Ramadan merupakan momen penting bagi M231 untuk meningkatkan penjualan secara signifikan dibandingkan hari-hari biasa.

Share:

Artikel Terkini