HPSnet Sediakan Layanan Jaringan Berkapasitas Tinggi di B3JS dan BDMCS HPSnet Sediakan Layanan Jaringan Berkapasitas Tinggi di B3JS dan BDMCS ~ Teknogav.com

HPSnet Sediakan Layanan Jaringan Berkapasitas Tinggi di B3JS dan BDMCS

Teknogav.com – HPSnet adalah bagian dari PT Parsaoran Global Datatrans, perusahaan yang bergerak dalam layanan internet dan akses jaringan terpadu di Indonesia. Sejak Januari 2024, HPSnet menyediakan layanan jaringan berkapasitas tinggi sampai 6 Tbps pada B3JS (Bangka-Bintan-Batam-Jakarta Singapura) dan BDMCS (Batam-Dumai-Medan-Cable System). Total panjang kabel B3JS dan BDMCS lebih dari 2.000 km di bawah laut. Jaringan tersebut didukung platform 6.500 yang ditenagai WaveLogic Ai milik Ciena.

"Dengan beroperasinya rute transmisi kami di B3JS dan BDMCS, kami berada dalam jalur yang baik untuk menjadi tulang punggung utama di Indonesia sebagai operator jaringan internet yang sangat kuat. Berjalan dengan teknologi optik koheren Ciena yang telah terbukti, kami dapat memberikan alternatif konektivitas yang andal dan cepat kepada seluruh pelanggan HSPnet,” ucap Daniel Simanjuntak, Direktur Teknis dan Operasional PT Parsaoran Global Datatrans.

Jajaran Direksi PT Parsaoran Global Datatrans


Baca juga:
Sistem INDIGO Siap Hubungkan Australia dan Asia Tenggara

Daniel menjelaskan bahwa jaringan yang ditawarkan HPSnet dapat memenuhi kebutuhan kapasitas tambahan dari waktu ke waktu. HPSnet berkolaborasi dengan Ciena dan Terrabit Networks untuk mengaktifkan kabel B3JS dan BDMCS. Ciena merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jaringan, layanan dan perangkat lunak. Sedangkan Terrabit Networks merupakan penyedia sistem inovatif, penyimpanan, pemberdayaan cloud dan solusi-solusi jaringan yang memiliki kantor pusat di Singapura.

Baca juga: Huawei Optix Club 2023 Paparkan Produk dan Solusi F5G Terkini

Platform 6.500 yang didukung WaveLogic dari Ciena mendukung HPSnet untuk menghadirkan layanan dengan panjantg gelombang 100G sampai 400G. Layanan tersebut ditujukan bagi pelanggan telekomunikasi Tier 1 dan Tier 2 di Indonesia. WaveLogic Ai dari Ciena juga efisien dalam hal daya dan ruang sehingga HPSnet dapat melihat penurunan konsumsi daya kabel.

Baca juga: Akusisi Data Center Berikan BDx Indonesia Kapasitas TI 150 MW+

"Dengan meningkatkan kapasitas jaringannya pada rute penting yang menghubungkan pusat-pusat ekonomi utama di ASEAN, HSPnet berada dalam posisi yang baik untuk menyediakan pertukaran data yang lancar dan memungkinkan daya saing bisnis dalam skala global. Aplikasi komputasi cloud dan edge, beban kerja Kecerdasan Buatan yang aman, dan aplikasi interkoneksi Data Center (DCI) berlatensi rendah kini dapat didukung oleh teknologi WaveLogic dari Ciena,” ucap Jamie Jefferies, Vice President and General Manager, Ciena International. 

Share:

Artikel Terkini