Para Pemenang Turnamen Esports ‘Lokapala Jawara Nusantara’ Resmi Diumumkan Telkomsel Para Pemenang Turnamen Esports ‘Lokapala Jawara Nusantara’ Resmi Diumumkan Telkomsel ~ Teknogav.com

Para Pemenang Turnamen Esports ‘Lokapala Jawara Nusantara’ Resmi Diumumkan Telkomsel


Teknogav.com – Telkomsel melalui Dunia Games telah berhasil menyelenggarakan turnamen esports ‘Lokapala Jawara Nusantara’ bersama INDICO dan Melon Indonesia. Turnamen ini juga didukung oleh Kementerian Koordinasi Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian BUMN, dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Grand Final turnamen tersebut telah dilangsungkan pada 27 Maret 2022 dengan mempertandingkan empat tim.

Berikut ini adalah para pemenang yang berhasil menjadi jawara di Grand Final turnamen esports ‘Lokapala Jawara Nusantara’. Jeet Capital meraih gelar juara pertama setelah berhasil mengalahkan Dewa United yang harus puas menduduki peringkat kedua. Setelah berhasil mengalahkan Bonafide esports, maka Rans esports pun berhasil mengamankan posisi ketiga.

Baca juga: Ini Para Peraih Penghargaan Dunia Games Awards 2021

“Kami mengucapkan selamat kepada tim esports yang telah berhasil menjadi juara. Kami sangat mengapresiasi seluruh tim yang telah bertanding di laga final “Lokapala Jawara Nusantara”. Semoga ajang ini dapat menjadi salah satu sarana yang mampu membangkitkan rasa cinta dan bangga terhadap games esports buatan lokal. game ini juga memiliki karakteristik kearifan lokal, sehingga dapat mendorong lebih banyak munculnya games esports lokal lainnya. Mereka dapat berkolaborasi bersama developer game lokal untuk memperkuat dominasi talenta lokal di industri game dan esports Indonesia,” ucap Hendri Mulya Syam, Direktur Utama Telkomsel.

Jumlah peserta turnamen ‘Lokapala Jawara Nusantara’ mencapai 1.075 peserta yang disebar dalam 215 tim untuk memperebutkan total hadiah Rp100 juta. Para peserta tersebut berasal dari 43 kota atau kabupaten di seluruh Indonesia. Serangkaian turnamen tersebut dapat disaksikan secara virtual melalui platform Dunia games. Seluruh pertandingan pun ditayangkan secara live streaming melalui platform dan channel YouTube Dunia Games. Sepanjang penyelenggaraan, platform dan channel tersebut berhasil menarik animo yang luas.

Apresiasi pada Penyelenggaraan Turnamen Esports ‘Lokapala Jawara Nusantara’

Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Koordinator Kemaritiman & Investasi Republik Indonesia menyampaikan apresiasinya terhadap Telkomsel, INDICO dan Melon. Apresiasi itu diberikan atas peran aktif dalam mengembangkan industri game lokal dan memajukan ekosistem esports. Peran tersebut termasuk penyediaan wadah komunitas esports untuk bertukar informasi dan pengetahuan, serta kejuaraan-kejuaraan esports seperti turnamen ‘Lokapala Jawara Nusantara’.

Perkembangan industri game lokal telah maju sangat pesat, khususnya kategori game kompetitif, yang menjadi media pertandingan kali ini, yaitu Lokapala. Turnamen Lokapala Jawara Nusantara mengusung semangat membangun negeri dan merupakan salah satu wadah perkembangan industri game lokal. Perkembangan ini termasuk dalam melahirkan para atlet esports profesional, publisher game, dan developer game

Baca juga: Media dan Komunitas Game Saling Beradu dalam Lokapala Battle Day

“Selamat kepada para juara dan terima kasih atas partisipasinya kepada seluruh peserta. Kita harus menunjukkan bangsa yang besar, bangsa yang profesional, bangsa yang sportif, yang bisa menunjukkan nilai-nilai seperti ini ke depan. Terima kasih juga kepada Antarupa Studios dan Melon Indonesia sebagai developer dan publisher game Lokapala. Kami berharap perkembangan industri game lokal dan perhelatan esports lainnya dapat menanamkan nilai-nilai Pancasila, kebinekaan, wawasan kebangsaan, dan revolusi mental,” ucap Luhut.

Sndiaga Salahudin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang mengungkapkan mengenai pesatnya pertumbuhan Industri esports.

Hal senada disampaikan Sandiaga Salahudin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang mengungkapkan mengenai pesatnya pertumbuhan Industri esports. Pertumbuhan industri esports yang pesat ini tentu saja berkontribusi pada pesatnya pertumbuhan ekonomi digital. Pada tahun 2021 pendapatan industri game naik menjadi USD2,8 miliar dari USD1,8 miliar pada tahun 2020.  Studi Vero dan Decision Lab menunjukkan bahwa pemegang kepentingan industri esports Indonesia mencapai 52 juta orang. Mereka termasuk pemain, pelatih, analis dan berbagai profesi lain. Jumlah tersebut pun diperkirakan akan terus meningkat seiring dengan tren game dan esports sebagai gaya hidup.

“Saya mendukung atlet-atlet esports Indonesia yang bertanding di turnamen ‘Lokapala Jawara Nusantara’ dengan menunjukkan skill, knowledge, dan sportivitas. Mari meraih prestasi dan membawa nama baik untuk Indonesia,” ucap Sandiaga.

Baca juga: Enam Tim Esports Juarai “Dunia Games Waktu Indonesia Bermain” Championsip

Dukungan, kontribusi dan kolaborasi yang dijalin bersama para pemangku kepentingan pun diapresiasi oleh Telkomsel. Apresiasi ini terutama untuk Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Kementerian BUMN, dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Departemen-departemen tersebut telah membangun pengembangan industri esports Tanah Air melalui berbagai inisiatif.

Kiprah Telkomsel Melalui Dunia Games

Selama beberapa tahun terakhir, Telkomsel telah mendorong penguatan industri games. Dunia Games adalah platform game dan portal media esports yang merupakan unit bisnis dari Telkomsel. Informasi terkini mengenai game dan pembelian kupon atau voucher game tersedia di Dunia Games dengan metode pembayaran direct carrier billing. Dunia Games dapat diakses dan dinikmati semua pengguna dan masyarakat Indonesia. Jumlah pengunjung bulanan Dunia Games telah mencapai lebih dari 15 juta.

“Telkomsel sendiri telah mendorong penguatan potensi industri games sejak beberapa tahun terakhir. Kami memiliki unit bisnis Dunia Games yang telah berevolusi secara signifikan menjadi platform games paling berkembang di Indonesia. Keseriusan Telkomsel di industri games kami lanjutkan dengan membentuk Majamojo. Ini adalah perusahaan bisnis vertikal di bidang publisher games, yang menjadi bagian dari INDICO, anak usaha Telkomsel di industri digital,” papar Hendri.

Share:

Artikel Terkini