Data Ericsson Tunjukkan Ketersediaan Smartphone 5G Picu Percepatan Penyerapan 5G

Ronni Nurmal, Ignes, Ericsson

Teknogav.com – Ericsson Mobility Report Edisi Juni 2019 mengungkapkan bahwa berdasarkan momentum yang ada di pasar, perkiraan jumlah pendaftaran layanan 5G menjadi 1,9 miliar secara global pada akhir tahun 2024. Sebelumnya pada Ericsson Mobility Report November 2018, perkiraannya adalah 1,5 miliar. Ini berarti ada kenaikan 27%.

Kecepatan penerapan teknologi 5G dari tahun 2018 sampai tahun 2024 ini akan lebih cepat dibandingkan penerapan teknologi 4G yang dimulai tahun 2009. Pada tahun 2024 diperkirakan sampai 65% populasi masyarakat di dunia sudah terjangkau jaringan 5G. Kemajuan teknologi yang mencakup  memungkinkan pesatnya jangkauan teknologi 5G ke masyarakat yang memberikan tambahan persentase 20%.
Jangkauan Populasii 5G
Jangkauan Populasii 5G
Proyeksinya pada tahun 2022 menjadi puncak jumlah langganan LTE yang mencapai 5,3 miliar. Angka tersebut akan terus turun. Kendati demikian LTE akan tetap mendominasi teknologi akses mobile berdasarkan jumlah langganan dengan proyeksi mendekati 5 miliar pada akhir 2024.

Pemakaian data seluler yang jumlahnya 2,3 Exabytes (EB) pada tahun 2018 di Asia Tenggara dan Oseania diperkirakan akan meningkat menjadi 16 EB pada 2024. Penggunaan data per smartphone setiap bulan pun tumbuh dari 3,6 GB menjadi 17 GB. Prediksinya pada akhir 2024 persentase langganan yang mengadopsi 5G sekitar 12%.
Video diperkirakan mendominasi trafik data pada tahun 2024
Video diperkirakan mendominasi trafik data pada tahun 2024

Kegemaran konsumen dalam menonton video diperkirakan akan mendominasi trafik pada tahun 2024 sampai 75%. Pemicunya adalah konten online yang kebanyakan berupa video, pertumbuhan layanan Video on Demand, layanan streaming video, perubahan perilaku pengguna, penegrasi segmen yang meningkat, perangkat yang semakin berkembang, kinerja jaringan yang meningkat, dan perkembangan aplikasi dan format yang semakin mendalam.

Kini banyak orang juga mulai beralih untuk menonton video dalam format 4K yang lebih tajam gambarnya. Total pemakaian data seluler pada kuartal pertama tahun 2019 terus meningkat sampai 82% year-on-year. Pada akhir 2024 diperkirakan angka ini akan mencapai 131 EB per bulan.
Penetrasi smartphone 5G
Penetrasi smartphone 5G
Kehadiran smartphone dengan dukungan jaringan 5G memicu operator telekomunikasi di beberapa pasar untuk mengaktifkan 5G. Mereka ambisius untuk memasang target jangkauan populasi sampai 90% di tahun pertama implementasi. Percepatan adopsi 5G ini tentu saja didukung komitmen vendor smartphone dan chipset. Prediksinya smartphone untuk semua pita spektrum akan meramaikan pasar sepanjang tahun 2019 ini.
Smartphone 5G akan hadir di 3 pita spektrum pada tahun 2019
Smartphone 5G akan hadir di 3 pita spektrum pada tahun 2019
Peningkatan perangkat 5G dan penerapan jaringan yang semakin masif akan memicu total langganan 5G di seluruh dunia dengan perkiraan sampai 10 juta pada akhir tahun 2019. Negara yang diperkirakan tercepat dalam mengimplementasikan 5G adalah Amerika Serikat. Perkiraannya pada akhir 2024 di negara tersebut 63% pengguna akan terhubung ke 5G.

Negara-negara di Asia Timur Laut diperkirakan akan menduduki posisi kedua dengan persentase pengguna 47%. Eropa akan menempati posisi ketiga dengan perkiraan 40%. Di Indonesia sendiri antusiasme masyarakat terhadap jaringan 5G cukup tinggi dan bersedia membayar lebih mahal untuk layanan tersebut.
Komersialisasi 5G oleh Ericsson
Komersialisasi 5G oleh Ericsson
"Pesatnya teknologi 5G mendorong antusiasme operator dan pelanggan. Ericsson telah menandatangani 23 kontrak 5G dan merupakan pelopor jaringan 5G di empat benua," ucap Ronni Nurmal, Head of Network Solutions, Ericsson Indonesia & Timor Leste.

Dalam mendukung terwujudnya penerapan 5G, Ericsson juga telah meluncurkan teknologi Standalone NR dan Solusi Cloud. Seluruh manfaat 5G bisa diperoleh berkat ekosistem yang solid dari sisi teknologi, peraturan, keamanan dan mitra industri.
Share:

Topik Populer