Laser Scanner 3D Paracosm PX-80, Praktis Pindai Area dengan Mudah Laser Scanner 3D Paracosm PX-80, Praktis Pindai Area dengan Mudah ~ Teknogav.com

Laser Scanner 3D Paracosm PX-80, Praktis Pindai Area dengan Mudah

Paracosm PX-80 Laser Scanner 3D
Teknogav.com – Saat ini ketersediaan data merupakan hal yang sangat penting di berbagai industri, teramasuk arsitektur, engineering dan konstruksi. Pesatnya perkembangan berbagai infrastruktur di Indonesia membutuhkan perencanaan dan pelaksanaan yang matang. Nah, analisa perencanaan sampai pelaksanaan proyek tentunya membutuhkan data.

Kini kebutuhan dokumentasi, pemetaan dan pengukuran ruang berupa data tiga dimensi (3D) mudah diperoleh dengan metode terrestial laser scanning (TLS). Metode TLS ini dapat dilakukan dengan alat laser scanner untuk menghasilkan data 3D berupa jutaan titik secara presisi dan cepat.

Paracosm PX-80 merupakan salah satu alat  laser scanner 3D handheld yang mudah dan praktis digunakan. Alat ini dapat menghasilkan data 3D yang akurat dan cepat, baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Hal ini berkat dukungan Inertial Measurement Unit (IMU).

Alat ini adalah perangkat scanner Simultaneous Localization and Mapping (SLAM) pertama di dunia yang bisa menyajikan data berupa gambar berwarna. Hal ini bisa dilakukan karena memakai kamera dengan resolusi 32 MP.

Teknologi Light Detection and Ranging (LiDAR) dari Velodyne VLP-16 pada Paracosm PX-80 mampu merekam data 300 ribu titik per detik. Perekaman tersebut bisa dilakukan dengan mudah sampai jarak maksimum 80 meter hanya oleh satu orang saja.
Paracosm PX-80 Laser Scanner 3D
Paracosm PX-80 Laser Scanner 3D
Paracoms PX-80 bisa dihubungkan dengan iPad mini 4 sehingga praktis digunakan, Proses pengaturan dan pengambilan data bisa dilakukan secara berpindah tempat atau tidak statis. Bobot alat ini  5,3 kg termasuk baterai yang memiliki daya tahan untuk memindai sekitar 40 menit. Jika memakai baterai eksternal, daya tahannya dapat lebih lama sampai 1,5 jam.

Kebutuhan pengukuran dan pemetaan digital dalam bentuk data dokumentasi 3D di tanah air sangat tinggi. Hal ini seiring dengan pesatnya pembangunan infrastruktur di berbagai daerah, maka dari itu Datascrip pun menghadirkan Paracosm PX-80 di Indonesia. Bidang yang bisa menggunakan perangkat ini antara lain adalah proyek konstruksi, dokumentasi pabrik, perencanaan keamanan sampai analisis kehutanan.

“Penyajian data secara praktis, cepat dan akurat bisa dilakukan dengan mudah memakai perangkat laser scanner 3D handheld Paracosm PX-80. Proses perencanaan sampai pelaksanaan proyek pembangunan bisa terlaksana dengan baik berkat alat ini,” ucap Gatot P. Laksono, Senior Division Manager Survey & 3D Equipment pt. Datascrip.
Share:

Artikel Terkini