EnGenius Cloud Dukung UKM Bangun Jaringan Canggih dalam Sekejap EnGenius Cloud Dukung UKM Bangun Jaringan Canggih dalam Sekejap ~ Teknogav.com

EnGenius Cloud Dukung UKM Bangun Jaringan Canggih dalam Sekejap

Purwito Tjandrasa, Country Sales Manager, EnGenius Networks Pte Ltd; Lawrence Lim, Regional General Manager (Asia Pacific & Middle East), EnGenius Networks Pte Ltd; Milo Van Cruz, Product Solution Specialist, EnGenius Networks Singapore Pte Ltd

Teknogav.com – EnGenius meluncurkan solusi pengelolaan jaringan nirkabel berbasis cloud pertama dengan teknologi komputasi cloud tercanggih. Solusi ini memudahkan administrator IT perusahaan-perusahaan berskala kecil dan menengah di Indonesia (UKM) dalam merancang dan menjalankan jaringan canggih.  Hanya beberapa menit saja, jaringan pun siap beroperasi.

Transformasi digital yang dilakukan perusahaan saat ini mengadopsi jaringan dengan dukungan teknologi cloud yang pengaturannya mudah. Model jaringan tersebut memiliki skalabilitas tinggi pada beban kerja yang lebih tinggi. Berdasarkan data penelitian IDC, model jaringan berbasis cloud sudah tersebar 26% pada tahun 2017. Persentase tersebut pun terus naik dan diperkirakan menjadi 38% pada tahun 2020. Faktor yang dipertimbangkan perusahaan dalam membangun infrastruktur IT berbasis cloud adalah  fleksibilitas jaringan dan skalabilitas.

Pemerintah terus mendorong UKM untuk mengadopsi teknologi digital dalam bisnisnya, tentunya solusi ini akan menguntungkan segmen tersebut. Data Kementrian Koperasi dan UKM menunjukkan bahwa jumlah UKM ada 60 juta atau 99% dari unit bisnis di Indonesia. Kendati demikian, 36% UKM bisnisnya masih offline, sementara 37% hanya mempunyai kemampuan digital mendasar seperti perangkat komputer dan akses broadband. Jumlah UKM yang sudah memakai web dan media sosial hanya 18%, bahkan yang telah berkemampuan digital mumpuni baru 9% saja.

Nah, solusi EnGenius Cloud memudahkan pengadopsian digital dengan harga terjangkau. Teknologi komputasi cloud yang digunakan beroperasi tanpa server (severless) dengan desain Function-as-a-service (FaaS) yang bekerja dalam hitungan mikrodetik.


EnGenius Ceiling-Mount AC1300 Cloud Access Point
EnGenius Ceiling-Mount AC1300 Cloud Access Point
Canggihnya lagi solusi ini mendukung AI sehingga tak terbatas pada perangkat yang dikelola per lokasi. Kinerjanya tetap bisa diandalkan walau sudah mencapai perangkat maksimum. Cukup satu akun untuk memantau dan mengendalikan sampai 100 ribu perangkat access point dan switch secara berbarengan.

FaaS yang severless ini memungkinkan untuk menyesuaikan kebutuhan jaringan berdasarkan permintaan. Sumber daya yang tersedia dialokasikan berdasarkan karakteristik fungsi yang diinginkan jika ada permintaan fungsi baru atau beban tambahan. Desain severless ini juga dapat meningkatkan kinerja tiap fungsi yang ada dalam jaringan.

Tingkat keamanan EnGenius Cloud berlapis. Tunnel yang dilindungi autentikasi dua faktor (two-factor-authentication-TFA) memisahkan perangkat pengelolaan jaringan demi melindungi data pelanggan. Keamanan pengelolaan user dan data juga dilakukan dengan menerapkan infrastruktur cloud Multi-Tenant nan canggih. Jadi solusi cloud yang aman dan scalable dari EnGenius memberikan jaminan uptime 99,99%.

"EnGenius Cloud telah membuat perusahaan kami berada di posisi terdepan dalam persaingan dan melengkapi solusi pengelolaan jaringan," ucap Lawrence Lim, Regional GM, APAC & Middle East, EnGenius Networks (S) Pte Ltd. “

Pada EnGenius Cloud juga tersedia fitur advisory berbasis AI untuk mendiagnosis jaringan sehingga bisa mengambil keputusan yang potensial. Selain itu EnGenius juga mengintegrasikan ezWiFi Planner yang bisa merancang WiFi secara real-time, alat ini pun telah berhasil menyabet penghargaan.  EnGenius Cloud juga kompatibel dengan access point 11ax dan 11ac generasi terbaru dan gigabit switch.

Fitur unik Multi-Tenant dan Topology View memungkinkan administrator jaringan mengatur onsite privileges yang berbeda-beda berdasarkan user dan lokasi. Ketika mereka sedang mobile, fitur ini memetakan penyebaran jaringan dan menampilkan koneksi perangkat secara otomatis.

EnGenius Cloud menawarkan akses 24/7 ke alat visual yang komprehensif dengan tampilan terbaik dari jaringan EnGenius. Tampilan tersebut memberikan pemahaman terperinci untuk troubleshooting yang lebih menyeluruh. Penyederhanaan proses troubleshooting, pengelolaan beberapa lokasi jarak jauh dan pembaruan firmware dan keamanan akan mengurangi kebutuhan kunjungan teknisi. UKM di Indonesia pun bisa memanfaatkan pengelolaan jaringan WiFi yang canggih dan site survey tools dari EnGenius Cloud.
Share:

Artikel Terkini