Dukung Program Wonderful Indonesia, Blibli Travel Promosikan Destinasi Pariwisata Dukung Program Wonderful Indonesia, Blibli Travel Promosikan Destinasi Pariwisata ~ Teknogav.com

Dukung Program Wonderful Indonesia, Blibli Travel Promosikan Destinasi Pariwisata


Teknogav.com – Blibli menandatangani nota kesepahaman dengan Kementrian Pariwisata Republik Indonesia untuk mendukung program ‘Wonderful Indonesia’. Kedua pihak berkomitmen mempromosikan destinasi pariwisata Indonesia dan penyaluran produk dan jasa dari usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) lokal. Dukungan promosi pariwisata dilakukan Blibli melalui Blibli Travel.

Sepuluh tujuan pariwisata prioritas dan 88 kawasan strategis lainnya akan dipromosikan oleh Blibli Travel. Tujuan wisata tersebut mencakup Borobudur, Danau Toba, Labuan Bajo, Morotai sampai Wakatobi. Sementara itu dukungan kepada UMKM untuk menjual barangnya secara online dilakukan dengan membuat situs mikro dan desain khusus untuk ‘Wonderful Indonesia’.

“Pada kegiatan promosi industri pariwisata, peranan yang sangat penting dipegang oleh kemajuan dunia digital. Kami menyambut baik kerja sama co-branding dengan Blibli.com dalam mendukung ‘Wonderful Indonesia’ melalui rangkaian promosi destinasi-destinasi prioritas. Dukungan bagi para pelaku UMKM pun dilakukan untuk mengembangkan produk mereka secara online. Kami yakin banyak potensi pelaku usaha yang bisa dikembangkan bersama melalui platform dan teknologi Blibli.com,” ucap Ni Wayan Giri Adnyani, Plt. Sekretaris Kementrian Priwisata.

Bisnis UMKM dikembangkan melalui program pelatihan untuk pembekalan mempertahankan dan meningkatkan mutu produk serta meng-online-kan produknya. Berbagai produk UMKM tersebut bisa diakses dari situs mikro ‘Wonderful Indonesia’ yang tersedia di wilayah tujuan wisata prioritas. Situs mikro tersebut dapat diakses melalui tautan ini. Blibli.com memang kerap menggelar program yang mendampingi UMKM untuk maju, salah satunya adalah dengan program The Big Start.

CEO Blibli.com Kusumo Martanto (dua kanan), SVP Product Category Blibli.com Lay Ridwan Gautama (kiri) dan Menteri Pariwisata Arief Yahya (tiga kiri)
“Kami senang bisa turut berperan salam pengembangan pariwisata Indonesia dan mendukung perkembangan potensi ekonomi kreatif dari ekosistem ini. UMKM merupakan aset penting dalam memperkenalkan produk-produk lokal Indonesia bagi para wisatawan. Mereka berkesempatan menjual produk sampai ke seluruh Indonesia berkat pelatihan dan penjualan produk di Blibli.com,” ucap Lay Ridwan Gautama, Senior Vice President Product Category.

Para pelaku usaha wisata dapat memanfaatkan kerja sama antara Blibli.com dan Kemenpar untuk menyediakan kebutuhan dasar pariwisata. Kebutuhan dasar tersebut mencakup tiket, penginapan, produk UMKM dan jasa layanan lokal lainnya. Platform Blibli.com dapat dimanfaatkan UMKM untuk mengembangkan bisnisnya dengan mempromosikan produk dan jasa mereka agar dikenal dan mudah dijangkau.

Blibli Travel merupakan kategori produk yang baru diluncurkan tahun 2016 di Blibli.com dan pertumbuhannya positif. Pertumbuhan kategori tersebut pada semester pertama tahun 2019 sampai 300% year-on-year (YoY).
Share:

Artikel Terkini

Follow by Email