Ribuan Peserta Berpartisipasi dalam Canon PhotoMarathon Indonesia 2019 Jakarta Ribuan Peserta Berpartisipasi dalam Canon PhotoMarathon Indonesia 2019 Jakarta ~ Teknogav.com

Ribuan Peserta Berpartisipasi dalam Canon PhotoMarathon Indonesia 2019 Jakarta


Teknogav.com, Jakarta - Sejak pukul 7.30 pagi, para peserta Canon PhotoMarathon Indonesia 2019 sudah memadati Pluit Village, Jakarta. Para peminat fotografi mulai dari pemula berusia belia sampai kalangan profesional bersaing mendapatkan hadiah bernilai ratusan juta rupiah. Para pemenang yang terpilih bisa semakin mengasah bakat fotografi mereka dengan hadiah kamera Canon dan juga foto klinik.

Irwan Kamdani - President Director, pt. Datascrip dan Merry Harun – Canon Division Director, pt. Datascrip secara resmi membuka Canon PhotoMarathon Indonesia 2019. Tim dari Canon, Kementrian Pariwisata (Kemenpar), para juri dan fotografer pembicara Pro Talk pun turut mendampingi mereka. Too Kok Yong – Assistant Director, Canon Singapore Pte. Ltd. Hadir sebagai pihak dari Canon. Dan dari Kemenpar hadir Budi Supriyanto – Kepala Bidang Analisis Data dan Strategi yang mewakili Deputi Pengembangan Bidang Pemasaran I Kemenpar RI.

“Canon PhotoMarathon Indonesia merupakan lebarannya para fotografer. Semua fotografer dari berbagai kalangan bisa bertemu dan bersilaturahmi pada ajang ini. Canon juga bekerja sama dengan kementrian pariwisata untuk menentukan destinasi tempat diselenggarakannya foto klinik, sehingga bisa sekalian mengekspos destinasi tersebut. Para juri yang menentukan pemenang pun dipilih dari berbagai genre,”  ucap Yase Defirsa Cory, Senior Marketing Manager pt. Datascrip.

para peserta Canon PhotoMarathon Indonesia 2019
Tampak beberapa peserta memang berusia sangat belia, kompetisi ini memang terbuka juga untuk peserta tingkat SD dan SMP. Bagi pelajar SD sampai dengan SMA bebas untuk mengikuti kategori pelajar atau pun umum. Jika ikut kategori pelajar tentu persaingan lebih ringan, sedangkan jika ingin masuk kategori umum, bisa berkesempatan memenangkan foto klinik. Beberapa peserta adalah rombongan dari kegiatan ekstrakurikuler sekolah Global Mandiri Legenda Wisata Cibubur yang jumlahnya sekitar 10 orang. Total peserta keseluruhan Canon PhotoMarathon Indonesia 2019 sendiri mencapai lebih dari 1.400 orang.

Hadiah Bagi Pemenang

Pada Canon PhotoMarathon Indonesia 2019 ini, peserta akan berburu foto sesuai tiga tema yang diumumkan dalam tiga tahap. Di setiap tema akan dipilih juara pertama, kedua, ketiga dan lima pemenang harapan. Juara pertama dan kedua dari kategori umum pada setiap tema akan berkesempatan untuk mengikuti foto klinik tingkat domestik. Peserta dengan total poin tertinggi dari kategori umum akan meraih juara umum yang berhak mengikuti foto klinik di Jepang.
para pemenang kategori umum Canon PhotoMarathon Indonesia 2019
Pemenang juara umum Canon PhotoMarathon Indonesia 2019 adalah AP Hari Wibowo. Hari berkesempatan untuk ikut trip ke Jepang sambil mengikuti foto klinik bersama pemenang juara umum dari Yogyakarta.  Kedua juara umum  dari Indonesia akan bergabung dengan juara-juara lain dari negara-negara penyelenggara Canon PhotoMarathon Asia 2019 lainnya.

Masing-masing pemenang juara pertama sampai ketiga di kategori umum dan pelajar pada setiap tema akan mendapatkan kamera Canon. Sedangkan bagi pemenang harapan dari kedua kategori dari setiap tema akan mendapatkan hadiah berupa printer Canon.

Alur Kompetisi dan Acara

Kompetisi dibagi dalam beberapa tahap untuk mengumpulkan foto sesuai tema. Setiap peserta hanya bisa mendaftarkan satu hasil karya foto mereka di setiap tema. Tema pertama adalah “Jakarta Kini” dengan batas pendaftaran karya pukul 10 pagi. Setelah itu diumumkan tema kedua, yaitu “Titik Temu”, dengan batas pendaftaran karya pukul 11.15. Dan tema terakhir adalah “Manusia dan Alam”.

Pada dewan juri yang akan menilai karya dan menentukan juara tersebut adalah Denny Herliyanso, Don Hasman, Lateevhaq, Mast Irham, Risman Marah, Sambodo, Sandriani Permani, Sutomo, dan Willy Lermana. Selama penilaian, peserta bisa mengkuti kuis berhadiah menarik dan mengikuti Pro Talk dari para fotografer ternama. Puluhan Abang None Jakarta juga turut hadir memeriahkan acara dan menjadi objek foto dengan busana khas mereka. Di sela acara pengumuman tema 1 dan tema 2 dilakukan juga peluncuran kamera Canon EOS M6 Mark II.

Bagi peserta yang belum menjadi juara umum, masih bisa mengikuti kembali Canon PhotoMarathon Indonesia 2019 pada 3 November 2019. Pendaftaran bisa melalui tautan ini. Tersedia juga pendaftaran on-the-spot, tetapi kapasitasnya terbatas, biasanya hanya sekitar 20 sampai 50 peserta.
Biaya pendaftaran masih sama dengan di Jakarta, yaitu sebagai berikut:

Kategori Umum
  • Rp90 ribu (anggota KFD yang membayar sampai 18 Oktober 2019)
  • Rp120 ribu (peserta yang membayar sampai 18 Oktober 2019)
  • Rp150 ribu (peserta yang membayar setelah 18 Oktober 2019)
  • Rp250 ribu (peserta yang mendaftar dan membayar di lokasi acara)
Kategori Pelajar
  • Rp100 ribu (peserta yang membayar sampai 18 Oktober 2019)
  • Rp130 ribu (peserta yang membayar setelah 18 Oktober 2019)
  • Rp200 ribu (peserta yang mendaftar dan membayar di lokasi acara)
Biaya tersebut berlaku untuk mengikuti keseluruhan acara, serta mendapat seragam t-shirt dan topi
Share:

Artikel Terkini