Garmin Venu dan vivoactive 4 Utamakan Lifestyle Bagi Pengguna Aktif Garmin Venu dan vivoactive 4 Utamakan Lifestyle Bagi Pengguna Aktif ~ Teknogav.com

Garmin Venu dan vivoactive 4 Utamakan Lifestyle Bagi Pengguna Aktif


Teknogav.com, Jakarta - Garmin kini menghadirkan smartwatch bagi pengguna umum yang lebih mengutamakan lifestyle dengan desain yang lebih stylish, yaitu Venu, vivoactive 4 dan vivomove. Desain ketiga jajaran smartwatch terkini Garmin dirancang dengan tampilan modis, sehingga cocok untuk digunakan ke acara formal dan ke kantor.

“Venu adalah smartwatch pertama Garmin dengan layar AMOLED. Keistimewaannya adalah Garmin tetap mempertahankan ciri khas pada daya tahan baterai. Jika smartwatch pesaing hanya tahan sekitar 1-2 hari, maka Garmin Venu memiliki daya tahan baterai sekitar lima hari. Model ini juga lebih mengutamakan lifestyle” ucap Rian Krisna, Marketing Manager Garmin Indonesia.

Sesuai dengan namanya, vivoactive 4 adalah smartwatch GPS dengan fitur pemantauan kesehatan 24 jam untuk menghasilkan data kesehatan lebih lengkap. Sementara itu tiga seri vivomove merupakan koleksi terkini dari smartwatch hybrid yang akan hadir pada November nanti.

Jika daya pada baterai venu mampu bertahan sekitar lima hari dengan mode smartwatch, maka vivoactive 4 bisa sampai delapan hari. Ini karena vivoactive 4 menggunaan layar dengan teknologi memory in pixel (MIP) sehingga lebih hemat daya dibanding AMOLED. Seluruh smartwatch Garmin tahan air, tetapi tidak diperuntukkan untuk menyelam. Fitur-fitur kesehatan yang selalu menyertai smartwatch Garmin akan senantiasa mendampingi pengguna memantau dan memperbaiki gaya hidup mereka.

Fitur-fitur Kesehatan dan Kebugaran

fitur kebugaran pada vivoactive 4
Pemantauan kesehatan dilakukan secara 24 jam. Beberapa program mencakup pemantauan tidur Pulse Ox, pemantauan pernapasan, peringatan detak jantung abnormal, pelacakan siklus menstruasi, pelacakan stress, pengingat relaksasi, olah atur napas, pantauan dan panduan hidrasi dan lain-lain.

Program pemantauan tidur pada smartwatch dapat mendeteksi tahapan tidur, mulai dari ringan, pulas sampai Rapid Eyes Movement (REM). Sedangkan Puse OX berfungsi mengukur tingkat saturasi oksigen dalam darah. Jumlah tarikan napas per menit bisa dilakukan oleh pemantauan pernapassan terbaru. Perpaduan data tersebut yang akan memberikan gambaran kualitas tidur. Statistik tidur tersebut dapat ditinjau menggunakan Garmin Connect dan melihat kecukupan kualitas tidur untuk melakukan kegiatan.

Tak hanya mengandalkan baterai smartwatch yang memiliki daya tahan lama. Garmin juga mementingkan baterai tubuh penggunanya dengan fitur Body Battery. Fitur ini menunjukkan jumlah energi yang dimiliki pengguna di waktu tertentu. Pengguna bisa menyeimbangkan jadwal latihan, waktu istirahat dan tidur dengan tepat berdasarkan informasi tersebut. Body Battery memadukan data tingkat stress, detak jantung yang berubah-ubah (HRV), tidur dan aktvitas. Semakin tinggi indikator Body Battery, maka semakin optimal untuk melakukan kegiatan. Jika indikator rendah, maka waktunya beristirahat.

fitur Breathwork pada menu fitur-fitur kebugaran
Acuan untuk menyeimbangkan latihan tak hanya mengandalkan fitur Body Battery saja bagi wanita, tersedia juga fitur Menstrual. Fitur ini dapat melacak siklus menstrual pengguna wanita dan akan menyesuaikan program latihan sesuai kondisi ketika sedang mengalami menstruasi. Pemantauan detak jantung di pergelangan dilakukan oleh fitur GPS Elevate. Olah atur napas pun bisa dilakukan dengan fitur Breathworks sehingga pengguna bisa relaks dan meningkatkan fokus.

Venu dan vivoactive 4 dilengkapi dengan 40 latihan animatif seperti kardio, strength training, pilates dan yoga berikut panduannya. Pola latihan bisa diunduh melalui Garmin Connect atau membuat program latihan sendiri. Smartwatch juga kompatibel dengan Garmin Coach, ini adalah paket pelatihan gratis yang menyesuaikan target dan kinerja pelari. Pada fitur tersebut ada personal trainer virtual yang siap menyemangati penggunanya. Pengguna akan dipandu dengan latihan beranimasi di pergelangan tangan jika menggunakan smarwatch ini.

 

Tetap Terhubung dengan Smartwatch Garmin

Pengguna bisa mendapatkan notifikasi cerdas jika ada panggilan masuk, pesan teks, update pada media sosial dan pengingat kalender. Jika ingin membalas pesan teks langsung pun bisa dari smartwatch. Sebagai smartwatch yang mengutamakan lifestyle tentunya membutuhkan aplikasi pemutar musik. Nah, pada Venu dan vivoactive 4, pengguna memakai layanan penyedia musik pihak ketiga seperti Spotify, pengunduhan lagu dan playlist juga bisa dilakukan dengan mudah.

Tampilan pada smartwatch bisa dipersonalisasi dengan memilih watch face dari begitu banyak koleksi yang ada. Beragam aplikasi dan widget pun bisa ditentukan menggunakan Garmin Connect IQ store app. Watch face juga bisa memakai wajah sendiri atau wajah orang tercinta, seperti kekasih atau sang buah hati.

Berbagai jenis smartphone bisa dihubungkan dengan smartwatch ini, baik perangkat dengan sistem operasi iOS maupun Android. Fitur deteksi kecelakaan pada beberapa kegiatan dan assistance bisa mengirim lokasi real-time pada kontak darurat.

 

Desain, Harga dan Layanan Purna Jual

 
Venu hadir dengan ukuran layar 43 mm dan tali jam 20 mm. Pilihan warna sebagai berikut:
  • hitam dengan hard hardware 
  • hitam dengan slate hardware 
  • biru granit dengan silver hardware 
  • light sand dengan rose gold hardware
Pilihan warna pada vivoactive 4 hanya dua, yaitu shadow gray dengan silver hardware dan hitam dengan slate hardware. Ukuran layar pada vivoactive 4 adalah 45 mm, dan ukuran tali jam 22 mm.

Garmin venu dibandrol dengan harga Rp5.999.000 dan vivoactive 4 dibandrol dengan harga Rp5.4999.000. Tersedia promo cashback sebesar Rp300 ribu untuk pembelian kedua jam tersebut. Selain itu pembeli juga bisa mendapatkan tambahan diskon sampai Rp500 ribu dan cicilan sampai 24 bulan dengan pembelian menggunaan kartu kredit dari bank-bank yang bekerja sama. Bank-bank tersebut adalah BCA, BRI, CIMB Niaga, Mandiri dan Permata.

Pemasaran dan layanan purna jual dari produk ini ditangani oleh Erajaya yang sudah bekerja sama dengan Garmin selama tiga tahun. Penjualan venu dan vivoactive 4 dilakukan di jaringan Erafone, Eraspace.com, Urban Republic dan Blibli.com. Erajaya menganggap produk Internet of Things (IoT) sebagai produk inti mereka.

“Smartphone tidak bisa berdiri sendiri, tetap membutuhkan ekosistem IoT. Salah satu bagian dari IoT adalah smartwatch atau sportwatch. Awalnya kontribusi dari smartwatch ini memang kecil, tetapi sekarang loncatannya besar. Bisnis smartwatch beda dengan smartphone yang memiliki permintaan tinggi dibandingkan IoT. Kendati demikian smartwatch mempunyai segmen interes sendiri, sifat bisnis keduanya tidak bisa dibandingkan,” ucap Djatmiko Wardoyo, Director Marketing and Communications Erajaya Group.

Keandalan produk Garmin membuatnya terjamin dalam hal kekuatan. Kendati demikian, Erajaya selaku distributor dan pemberian layanan purna jual Garmin memberikan garansi lebih demi memberikan peace of mind konsumennya. Erajaya menjamin keaslian produk dan memberikan garansi selama dua tahun melalui Teletama Artha Mandiri (TAM), anak usahanya.
Share:

Artikel Terkini