Review Garmin Venu Sq 2, Smartwatch Mungil Berfitur Lengkap Review Garmin Venu Sq 2, Smartwatch Mungil Berfitur Lengkap ~ Teknogav.com

Review Garmin Venu Sq 2, Smartwatch Mungil Berfitur Lengkap


Teknogav.com – Garmin meluncurkan smartwatch Venu Sq 2 di Indonesia pada Oktober 2022. Perbedaan mendasar smartwatch Venu Sq 2 dengan Venu 2 dapat dilihat dari bentuk layar. Jika Venu 2 memiliki desain layar bundar, maka sesuai nama Venu Sq 2 memiliki desain layar persegi. Dimensi smartwatch ini mungil sehingga cocok dikenakan di pergelangan tangan wanita. Apalagi smartwatch ini juga mendukung fitur pelacakan menstruasi dan kesuburan layaknya smartwatch Garmin lainnya.

Kebugaran masih menjadi hal penting agar tidak mudah terserang virus, apalagi di masa pelonggaran kebijakan pembatasan ruang gerak ini. Smartwatch besutan Garmin dikenal sangat mendukung kebugaran, tak terkecuali seri Venu Sq 2 yang dibanderol dengan harga terjangkau. Lebih dari 25 aplikasi olahraga bisa digunakan pada Venu Sq 2. 

Baca juga: Garmin Venu 2 Plus Hadirkan Fitur Telepon dan Pengiriman Pesan

Desain Garmin Venu Sq 2

Layar Garmin Venu Sq 2 menggunakan panel AMOLED, meningkat dari pendahulunya, Venu Sq yang menggunakan LCD. Ukuran layar Venu Sq 2 juga sedikit lebih besar, yaitu 1,41 inci. Resolusi layar tersebut 320 x 360 piksel, cukup tajam untuk menampilkan beragam watch face yang bisa dipilih dari Garmin Connect. Di sisi kanan terdapat dua tombol, yaitu untuk masuk menu pengaturan dan kembali ke menu sebelumnya. 

Garmin Venu Sq 2

Kecerahan pada smartwatch ini pun dapat ditentukan dengan tiga pilihan tingkat kecerahan. Namun fitur auto-brightness memungkinkan untuk otomatis mengatur kecerahan saat beralih dari ruang kurang terang ke kondisi terik. Tersedia juga fitur Always-on display, tetapi jika tak ingin boros daya, sebaiknya jangan diaktifkan.

Indikator Kebugaran

Pengoperasian smartwatch ini dapat dilakukan dengan mengusap layar dan menekan tombol yang tersedia di sisi kanan layar. Gaya hidup sehat pun ditunjang dengan berbagai indikator pelacak kebugaran. Beberapa indikator tersebut termasuk detak jantung, saturasi oksigen, pernapasan, kalori, stres dan fitur kesehatan khusus wanita.

Baca juga: Garmin Venu SQ, Smartwatch GPS dengan Banyak Fitur Kesehatan

Tak hanya sekadar menyajikan indikator stres, fitur respiration atau pernapasan pada Venu Sq 2 juga dilengkapi dengan fungsi Breathwork. Fungsi ini akan memandu untuk fokus pada napas selama lima menit per fase. Setiap fase akan dipandu untuk menarik napas, tahan napas, embus napas, dan tahan napas dalam interval waktu yang sama. Hasil latihan tersebut pun dapat disimpan layaknya latihan olahraga kebugaran lainnya.

Garmin Venu Sq 2

Jika dibandingkan dengan pendahulunya, Venu Sq, maka Venu Sq 2 memiliki peningkatan fitur, yaitu HIIT, Skor Tidur dan Health Snapshot. Fungsi laporan kesehatan instan akan menyajikan informasi kondisi fisik hanya dengan mengaktifkan pelacakan indikator kunci kesehatan per detik selama dua menit. Informasi tersebut mencakup kecepatan detak jantung, saturasi oksigen, pernapasan dan tingkat stres. Tingkat saturasi oksigen pun terus menerus dipantau setiap saat, sehingga memudahkan memahami kondisi fisik untuk menyesuaikan latihan yang tepat. Jumlah latihan yang tersedia pada smartwatch ini pun lebih banyak, yaitu lebih dari 25 latihan.

Usia kebugaran atau Fitness Age dapat berbeda dengan usia sesungguhnya. Fitur usia kebugaran memanfaatkan data VO2 Max, usia, frekuensi latihan intensitas tinggi, detak jantung istirahat dan BMI untuk menghitung usia kebugaran. Informasi ini dapat memotivasi untuk lebih sering berolahraga dan menjaga diri agar selalu fit. Selain itu tersedia juga fitur Sleep untuk memahami pola tidur agar bisa lebih nyenyak dan bangun lebih segar. 

Sementara itu, Body Battery merupakan indikator untuk melacak tingkat energi fisik sehingga bisa menyeimbangkan kegiatan dan istirahat. Berbagai data statistik seperti detak jantung, Pulse Ox, kualitas pernapasan dan tingkat stres dapat direkam fitur Health Snapshot. Hasil rekaman tersebut bisa digunakan untuk evaluasi pribadi atau meminta saran dari tim medis.

Baca juga: Review realme Watch 2 Pro, Pantau Segala Indikator Kebugaran

Fitur Kesehatan Khusus Wanita

Menu pada smartwatch Venu Sq 2 tidak otomatis menyediakan fitur kesehatan khusus wanita. Jika ingin menampilkan fitur tersebut pada smartwatch, maka perlu menginstal aplikasi Garmin Connect dan Connect IQ terlebih dahulu. Pada Garmin Connect sendiri, fitur Menstrual Cycle sudah dapat langsung diakses dari kategori Health & Performance. Fitur Menstrual Cycle merupakan pelacak siklus menstruasi, di fitur ini bisa memasukkan gejala yang dirasakan selama menstruasi. 

Segala pengaturan pada smartwatch ini dapat diakses dari Garmin Connect melalui menu Garmin Device, kemudian pilih Venu Sq 2. Tekan Glance, kemudian pilih Open Connect IQ Store untuk menginstal Womens Health. Setelah selesai menginstal, maka secara otomatis pada smartwatch akan tampil Cycle Tracking. Berbagai pengaturan, termasuk memasukkan gejala dan log in saat mulai menstruasi pun dapat dilakukan langsung dari smartwatch.

Daya tahan Baterai

Ketika baterai diisi daya sampai penuh, maka Garmin Venu Sq 2 dapat bertahan sampai 11 hari. Jika mode Battery Saver diaktifkan, maka daya tersebut dapat bertahan selama 12 hari. Sebaliknya, jika menggunakan mode GPS terus menerus, maka daya baterai hanya tahan sampai 26 jam. Bila mengaktifkan mode Always-on Display pada mode standar, maka daya bisa bertahan sekitar 2-3 hari.
Jika baterai habis, proses pengisian daya lumayan cepat, sekitar 90 menit sampai baterai terisi penuh. Pengisian daya cukup mudah, hanya perlu menghubungkan kabel bawaan dari charger ke smartwatch.

Garmin Venu Sq 2

Ketika dilakukan uji coba untuk pairing dengan smartphone menggunakan aplikasi Garmin Connect hasilnya berbeda di setiap perangkat. Pada salah satu brand smartphone, smartwatch dapat terdeteksi tetapi tidak bisa pairing. Setelah beralih ke perangkat lain, pairing berjalan mulus, bahkan langsung bisa melakukan update software.

Kelebihan Garmin Venu Sq 2

  • Layar cukup tajam dengan berbagai pilihan watch face yang keren
  • Fitur olahraga yang lengkap
  • Fitur kebugaran lengkap, termasuk untuk kesehatan wanita
  • GPS dan pengukuran detak jantung akurat
  • Baterai awet

Kekurangan Garmin Venu Sq 2

  • Pairing dengan beberapa perangkat kurang lancar
  • Pengoperasian agak membingungkan

Harga dan Ketersediaan

Garmin Venu Sq 2 dibanderol dengan harga mulai dari Rp3.399.000. Pembelian dapat dilakukan di beberapa marketplace berikut ini:

https://invol.co/clvfba
Klik untuk membeli Garmin Venu Sq 2 di Blibli
Klik untuk membeli Garmin Venu Sq 2 di Bhinneka
Klik untuk membeli Garmin Venu Sq 2 di Tokopedia
Klik untuk membeli Garmin Venu Sq 2 di Lazada

Klik untuk membeli Garmin Venu Sq 2 di Shopee



Spesifikasi Garmin Venu Sq 2



Layar

AMOLED dengan layar sentuh
1.41", resolusi 320 x 360 piksel
Corning Gorilla Glass 3
Optional always-on mode

Dimensi dan bobot

40.6 x 37 x 11.1mm, 38 gram
Strap: 20mm Quick Release
cocok untuk lingkar pergelangan tangan 125-190 mm

Material

Case: Fiber-reinforced polymer
Bezel: anodized aluminum
Strap: Silikon

Ketahanan daya

baterai

Mode Smartwatch: sampai 11 hari
Mode Battery Saver Smartwatch: sampai 12 hari
Mode GPS-only GNSS: sampai 26 jam
Mode All-Systems GNSS dengan musik: sampai 7 jam
Mode All-Systems GNSS: sampai 20 jam

IP

5ATM

Sensor

GPS
GLONASS
Galileo
sensor detak jantung Garmin Elevate
kompas
Akselerometer
Pulse ox
Ambient light

Konektivitas

Bluetooth
ANT+
Wi-Fi (hanya untuk edisi Music)

Media Penyimpanan

Activities: 200 hours of activity data
Garmin Venu Sq Music Edition hanya sampai 500 track lagu

Kompatibilitas OS

Android, iOS

Garmin Pay

Yes

Fitur-fitur

Smartphone notifications
Text response/reject phone call with text (Android only)
Controls smartphone music
Plays and controls smartwatch music
Find my phone/find my watch
Incident Detection
LiveTrack
Connect IQ

Share:

Artikel Terkini