Firefox Browser Terkini Tingkatkan Keamanan dengan Fitur Enhanced Tracking Protection Firefox Browser Terkini Tingkatkan Keamanan dengan Fitur Enhanced Tracking Protection ~ Teknogav.com

Firefox Browser Terkini Tingkatkan Keamanan dengan Fitur Enhanced Tracking Protection


Teknogav.com - Beberapa hari lalu, tim Mozilla hadir di Indonesia untuk memperkenalkan fitur-fitur baru Firefox Lite. Selain memperkenalkan fitur-fitur pada browser ringan untuk smartphone Android tersebut, Mozilla juga mensosialisasikan Firefox Browser terkini. Versi terkini Firefox Browser diluncurkan secara global bulan Oktober lalu. Keandalan dari browser ini adalah fitur-fitur untuk melindungi privasi secara online. Hal ini sesuai dengan misi awal Mozilla yang ingin melindungi Internet dan semua orang di dalamnya.

Keamanan kata sandi dan pemblokiran pelacak merupakan fitur-fitur browser yang paling diminati. Berikut ini adalah peringkat fitur yang diminati pada browser di tahun 2017.
  1.  Memperingatkan jika berisiko untuk login di website yang kemungkinan akan mencuri kata sandi
  2. Memuat halaman website dengan waktu lebih cepat
  3. Melindungi privasi dengan tidak pernah menyimpan riwayat atau pencarian yang dilakukan, serta dengan mencegah dilacak secara online
  4. Membantu mencapai tugas-tugas pada internet dengan lebih cepat
  5. Menjaga tetap aman ketika berada dalam jaringan WiFi publik seperti bandar udara atau kafe internet (VPN)
Tingginya permintaan untuk menggunakan internet secara personal dan aman dapat dilihat juga dari persentase pengguna internet yang menginstal ad blocker. Data We Are Social tahun 2019 menunjukkan bahwa 63% pengguna internet di Indonesia menginstal add-ons tersebut di browser mereka.

Hal tersebut melandasi langkah Mozilla untuk mengaktifkan Enhanced Tracking Protection (ETP) secara otomatis pada Firefox Browser sejak versi sebelumnya. Fitur ini berfungsi untuk memperkuat keamanan dan privasi pengguna di seluruh dunia. Berbagai cara ETP memberikan keamanan disajikan pada Firefox Browser versi terkini. Cara tersebut mencakup laporan Firefox Privacy Protections untuk mengawasi kegiatan pelacakan dari setiap situs yang dikunjungi. Selain itu tersedia juga dashboard untuk perlindungan privasi.

Kebocoran data telah mempengaruhi banyak pengguna internet di Indonesia, dua kasus terbesar adalah Lion Air Group dan Sephora.Fitur ETP berhasil memblokir lebih dari 400 miliar pelacak dengan 10 miliar lebih pelacak yang diblokir setiap hari sejak diluncurkan. Di Indonesia, rata-rata pengguna Firefox memiliki 197 pelacak yang terblokir setiap harinya.

Berikut ini adalah fitur-fitur keamanan pada Firefox browser terkini.

  • ETP disempurnakan dengan laporan Firefox Privacy Protections yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Fitur ini mencegah cookies pelacak pihak ketiga untuk membuat profil online berdasarkan kegiatan online pengguna. Jumlah pelacak antar situs dan media sosial, finger printers dan crypto miners yang sudah diblokir dapat dilihat pada fitur ini.
  • Protection panel yang menampilkan ikon shield atau tameng di sebelah kiri ikon gembok. Jika ikon tameng ini berwarna biru tandanya sedang aktif melindungi dari pelacakan yang dilakukan situs.
  • Dashboard Perlindungan Proteksi yang terdiri dari Monitor untuk memantau dan Lockwise untuk mengatasi masalah sering lupa kata sandi. Firefox Monitor memungkinkan untuk mengetahui kebocoran data dan memberikan ringkasan jumlah kata sandi tak aman yang berpotensi menyebabkan kebocoran data. Adanya informasi ini dapat membuat pengguna segera mengambil tindakan untuk memperbarui dan mengubah kata sandi.
  • Password Generation akan mengarahkan otomatis ke pilihan untuk membuat kata sandi yang aman dan menyimpannya otomatis pada Lockwise. Lockwise mereupakan aplikasi untuk mengelola kata sandi dan perangkat yang terhubung. Kata sandi yang disimpan di Firefox Lockwise dapat tersimpan. Fitur ini juga memungkinkan untuk mengubah kata sandi yang tersimpan di Firefox Lockwise, memantau dan mengatur jumlah perangkat terhubung dan telah ter-log-in dengan kata sandi.
  •  Login dan kata sandi di Firefox 70 dapat dengan mudah dicari, diurutkan, dibuat, dibarui, dihapus dan kelola.
  • Pemantauan terintegrasi juga siap memperingatkan ketika ada kecurigaan pembobolan akun. Pengguna akan disarankan untuk mengganti kata sandi untuk melindungi akun.
Mozilla Firefox Browser 70 dapat diunduh secara gratis dari tautan ini.
Share:

Artikel Terkini