Gamification, Jurus Blibli.com Gaet Pelanggan di Harbolnas 2019 Gamification, Jurus Blibli.com Gaet Pelanggan di Harbolnas 2019 ~ Teknogav.com

Gamification, Jurus Blibli.com Gaet Pelanggan di Harbolnas 2019


Teknogav.com - Gegap gempita Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) semakin ramai di dunia digital. Blibli.com sudah memanaskan antusiasme tersebut sejak 1 Oktober 2019 dengan meluncurkan game CAPIT dalam program Histeria Syok! CAPIT adalah Cara Berbelanja Paling Irit yang merupakan permainan utama selama Harbolnas. Permainan ini menawarkan diskon sampai 90% dan cashback sampai 100% dengan cara mencapit kotak berisi kupon.

Bagi yang ingin dapat bermain CAPIT, maka harus menggunakan lima Token Histeria. Satu Token Histeria bisa didapatkan setiap berbelanja minimal Rp100 ribu. Tersedia mini game Star Wars Galaxy Game yang  bisa dimainkan mulai 8 November 2019. Caranya cukup dengan menjawab pertanyaan Galaxy Game, tersedia juga hadiah berupa grand prize eksklusif Star Wars.
Geoffrey L. Dermawan, Project Lead Blibli HisteriaSyok! 2019 menjelaskan mengenai mini game Star Wars Galaxy Game
“Di industri e-commerce, gamification kini menjadi tren berinteraksi dengan pelanggan. Hadirnya games dengan dukungan alur cerita, tantangan dan hadiah yang seru, pelanggan akan terdorong terus berinteraksi dengan platform penjualan online. Sampai saat ini, CAPIT sudah dimainkan setidaknya 470 ribu kali,” ucap Geoffrey L. Dermawan, Project Lead Blibli HisteriaSyok! 2019.

Tren e-commerce untuk Harbolnas 2019

Andy Adrian, Deputy CMO Blibli.com memaparkan tren e-commerce untuk Harbolnas 2019 berdasarkan riset We Are Social Januari 2019. Tren tersebut mencakup gamification, pengalaman berbelanja yang menyenangkan di smartphone, meningkatnya belanja kebutuhan sehari-hari, dan penggunaan dompet digital.

Masyarakat Indonesia senang bermain game, 83% pengguna internet bermain game pada smartphone mereka. Empat elemen yang dibutuhkan pada game yang bagus adalah, cerita, tantangan, usaha dan penghargaan. Penghargaan akan memicu konsumen untuk beraksi.

Semakin populernya penggunaan smartphone membuat masyarakat terbiasa bertransaksi dengan smartphone. Sebanyak 76% pengguna internet melakukan transaksi online pada smartphone. Agar transaksi tetap lancar, tentu dibutuhkan website yang ringan dan memungkinkan personalisasi.
Andy Adrian, Deputy CMO Blibli.com menjelaskan pertumbuhan belanja kebutuhan sehari-hari
Makanan dan produk perawatan merupakan kategori kunci dalam industri e-commerce dengan pertumbuhan sebesar 30% dari tahun ke tahun. Para konsumen juga telah nyaman untuk bertransaksi secara online. Metode pembayaran yang kini digemari adalah dompet digital yang aman dan nyaman.

Pesta Belanja Histeria Syok

Dua pelanggan setia Blibli.com berhasil menebus Honda All New CR-V 1,5 L Turbo dengan diskon 50% dan Yamaha NMax dengan diskon sampai 90%. Pada program CAPIT, tersedia juga Emas, laptop, TV LED dan berbagai produk lain untuk ditebus dengan harga spesial. Seiring dengan peningkatan transaksi, terjadi juga peningkatan pada penggunaan uang elektronik atau dompet digital sebagai metode pembayaran pilihan.

Pesta belanja akan terus berlanjut dengan Histeria Syok 11.11 di bulan November dan Histeria Syok 12.12 di bulan Desember. Berbagai promosi akan digelar bersama merchant partner dan tentunya tetap akan ada flash sale dan cashback. Blibli.com juga menyediakan voucher online bagi pengguna yang memindai boarding pass mereka dalam program Scan & Rewards. Tiket pesawat tidak harus dari pembelian di Blibli.com. Pesta Belanja Histeria Syok selaras dengan komitmen Blibli.com dalam mengedepankan Customer Satisfaction First.

Pengalaman berbelanja juga diperlancar dengan antarmuka yang mulus untuk mobile website. Hal lini penting karena kini orang lebih sering berinteraksi dengan smartphone ketimbang laptop. Maka pemuatan konten dibuat lebih cepat 70%. Demi memudahkan konsumen menggunakan aplikasi, maka disediakan fitur personalisasi untuk memilih delapan produk digital yang paling sering digunakan di bagian depan.
Geoffrey L. Dermawan, Project Lead Blibli HisteriaSyok! 2019 mengungkapkan Blibli meningkatkan pengalaman berbelanja di smartphone
“Demi mengantisipasi tingginya trafik saat Harbolnas, Blibli.com juga akan meningkatkan kinerja mobile website. Loading yang cepat dapat meningkatkan kepuasan berbelanja karena cepat mencari barang-barang yang diinginkan. Transaksi pun bisa berjalan mulus di platform kami,” lanjut Geoffrey.

BlibliMart yang menjual barang kebutuhan sehari-hari menjadi salah satu kategori paling populer. Penjualan kategori tersebut mengalami peningkatan 10% jika dibandingkan 10.10 tahun lalu. Pelanggan yang menebus murah Yamaha NMax seharga Rp3 juta mendapatkan token dari berbelanja produk rumah tangga di BlibliMart.
Share:

Artikel Terkini