Bangun Netizen yang Bertanggung Jawab, Facebook Gelar Program Asah Digital Bangun Netizen yang Bertanggung Jawab, Facebook Gelar Program Asah Digital ~ Teknogav.com

Bangun Netizen yang Bertanggung Jawab, Facebook Gelar Program Asah Digital

Teknogav.com – Kemajuan teknologi di era digital ini harus diiringi juga dengan keterampilan dan literasi digital demi keamanan di dunia online. Masyarakat perlu memiliki pengetahuan, teknik dan tips dalam membangun kewargaan digital yang bertanggung jawab. Demi mewujudkan hal tersebut, Facebook meluncurkan program Asah Digital di seluruh lapisan masyarakat di Indonesia. Program ini akan menjangkau mereka yang baru pertama kali memakai internet dan yang sudah terbiasa berinteraksi dengan internet.

Penyelenggaraan program Asah Digital dilakukan selama tahun 2020 di 12 provinsi di Indonesia. Sumber pembelajaran program dibuat dalam bentuk modul-modul yang disusun Facebook bersama para ahli, akademisi dan organisasi non-pemerintah di Asia Pasifik. Penyampaian modul akan dilakukan para mitra Facebook, yaitu Siberkreasi, Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB). Jangkauan program ini mulai dari guru, pelajar sampai orang tua.
Ki-ka: Ruben Hattari, Kepala Kebijakan Publik di Indonesia untuk Facebook - Yosi Mokalu, Ketua Umum Siberkreasi - Unifah Rosyidi, Ketua Umum PGRI - M. Arsjad Rasjid, Chairman Supervisory Board for Human Capital and Ethics Committee for YCAB Foundation
Masyarakat Indonesia terhubung satu sama lain melalui aplikasi Facebook, Instagram dan WhatsApp setiap hari. Hal ini dilakukan untuk menjalin interaksi bermakna dan membangun komunitas yang kuat dan memberikan dampak bagi masyarakat.

“Menjaga komunitas yang aman dan memiliki informasi memadai agar masyarakat tetap terhubung dan berbagi di aplikasi-aplikasi Facebook penting bagi kami. Hal tersebut menjadi landasan untuk menyelenggarakan program Asah Digital. Program ini ditujukan agar seluruh masyarakat dapat belajar meningkatkan kemampuan digital dan bijak, serta bertanggung jawab di ranah online,” ucap Ruben Hattari, Kepala Kebijakan Publik di Indonesia untuk Facebook.
Prosesi peluncuran program Asah Digital dari Facebook Indonesia
Topik yang akan disampaikan dan dilatih pada dalam program Asah Digital mencakup:
  • Apa yang dimaksud dengan Internet?
  • Topik ini menerangkan dengan singkat mengenai internet, jenis perangkat, cara informasi tersebar di internet dan cara berinteraksi di internet
  • Jejak Digital Anda
  • Topik ini mencakup segala hal yang perlu dipahami masyarakat mengenai keamanan di ranah online, termasuk mengetahui pentingnya jejak digital
  • Anda Sebagai Seorang Warga Digital
  • Topik ini memberikan pemahaman lebih dalam mengenai bagaimana perbedaan sikap kita ketika berinteraksi secara online atau offline, hak dan tanggungjawab, serta beragam etika yang perlu dilakukan di ranah online.
  • Jadilah Pemikir yang Kritis
  • Topik ini mengajak masyarakat untuk teliti dalam menelaah informasi, lalu membangun proses berpikir kritis dan empati ketika berkomunikasi online.
  • Tips untuk Mengenali Berita Palsu
  • Topik ini membantu dalam mengambil keputusan bijak tentang apa yang dibaca, dipercayai dan dibagikan.
“Harapannya materi yang kami berikan dalam program ini dapat bermanfaat bagi masyarakat sehingga meningkatkan literasi digital mereka. Dengan demikian memberikan keterampilan yang tepat untuk terus mendapatkan informasi dan aman di ranah online,” lanjut Ruben.
Share:

Artikel Terkini

Follow by Email