Review ASUS ROG Phone II, Smartphone Tangguh Juaranya Gaming Review ASUS ROG Phone II, Smartphone Tangguh Juaranya Gaming ~ Teknogav.com

Review ASUS ROG Phone II, Smartphone Tangguh Juaranya Gaming

Teknogav.com – ASUS benar-benar serius dalam menggarap smartphone gaming paling tangguh, tak heran jika kehadiran smartphone ini sangat dinanti-nanti. Berbeda dengan smartphone masa kini yang berlomba-lomba mengekspos fitur kamera, ROG Phone II fokus pada kinerja smartphone gaming yang sempurna. Benchmarking uji kinerja dari ROG Phone II ini membuktikan smartphone gaming ini layak berada di puncak peringkat kinerja terbaik.

Desain ASUS ROG Phone II agak mirip dengan pendahulunya, ASUS ROG Phone generasi pertama. Perbedaan yang terasa siginifikan pada ROG Phone II ini justru terlihat lebih bersih, beberapa aksen garis dan strip dikurangi. Aksen merah pada speaker atas dan bawah di panel depan hanya berupa garis lurus, berbeda dengan generasi pertama yang agak trapesium.
Tampak depan ASUS ROG Phone II dan kotaknya
Berbeda dengan smartphone lain yang menyematkan sistem quad camera, ROG Phone II tetap konsisten seperti pendahulunya menggunakan kamera ganda. Beda yang tampak jelas adalah lampu Flash yang mendampingi sistem kamera ganda pada ROG Phone II ada dua.  Resolusi kamera jauh berbeda, jika ROG Phone edisi pertama resolusinya 12 MP, maka ROG Phone II sudah mencapai 48 MP.

Jika di sekitar kamera ROG Phone edisi pertama ada garis-garis, maka pada ROG Phone II polos saja. Demikian juga dengan strip merah yang ada dua di ROG Phone edisi pertama, kini di ROG Phone II hanya tinggal satu saja. Kendati demikian keduanya memiliki logo ROG yang bisa menyala dengan dukungan Aura Lighting Support.

ROG Phone II memakai desain unibodi dengan ukuran yang lebih besar jika dibanding pendahulunya. Layar ROG Phone II berukuran 6,59 inci dengan dimensi 170,99 x 77,6 x 9,48 mm dan bobot 240 gram. Sedangkan ROG Phone layarnya berukuran 6 inci dengan dimensi 158,83 x 76,16 x 8,3mm dan bobot 200 gram.

Kerennya, ada tambahan mikrofon pada ROG Phone II. Jika pada edisi pertama menggunakan tiga mikrofon untuk menghilangkan noise, maka ROG Phone II pakai empat mikrofon. Keempat mikrofon tersebut ada satu di atas, satu di samping dan dua di bawah. Mikrofon di bagian samping sangat pas dipakai saat bermain game dalam orientasi lanskap.

Berbagai fitur-fitur canggih yang dirancang khusus untuk gaming dihadirkan pada smartphone ini. Beberapa di antaranya adalah Max Cooling, kapasitas baterai maksimal, layar dengan refresh rate 120 Hz, Air Trigger II, Dual Surrounding Vibration, dan Game Genie.

Unboxing ASUS ROG Phone II

unboxing ROG Phone II

Kotak ASUS ROG Phone II berbentuk kotak hitam agak bongsor dengan logo ROG berwarna merah di salah satu sudut atas. Di sudut yang bersebrangan secara diagonal, tampak tulisan ROG PHONE II berwarna merah. Lalu ada juga grafis garis-garis membentuk tulisan ROG pada diagonal yang lain.

Ketika kotak dibuka, di dalamnya ada kotak sekat berwarna hitam. Di dalam kotak itu berisi casing pelindung, buku panduan singkat dan kartu garansi. Pada salah satu sisi kotak tersebut tersemat pin ejector untuk mengeluarkan tatakan SIM dan kartu memori.
isi kotak ASUS ROG Phone II
Di bawah kotak terdapat unis ROG Phone II yang masih terbungkus rapi dengan plastik. Ketika unit tersebut diangkat, terdapat sekat yang menutup ruang di bawahnya. Ruang sekat di bagian paling bawah berisi charger dan kabel data USB ke USB type-C.

Desain ROG Phone II

Panel depan ROG Phone II terasa lapang dengan layar berukuran 6,59 inci dengan posisi kamera depan agak memojok di kanan. Posisi kamera dirancang teliti sehingga pas tidak akan tertutup jari saat ingin melakukan streaming sambil main game dengan posisi lanskap. Pada bagian atas dan bawah panel depan terdapat garis speaker yang menghasilkan suara lantang menggelegar saat digunakan bermain game.
panel depan ASUS ROG Phone II
sisi kiri ASUS ROG Phone II=
sisi bawah ASUS ROG Phone II
Pada bagian samping kiri smartphone terdapat dua port yang ditutup oleh panel karet. Port USB tipe-C yang berwarna hitam dapat digunakan untuk mengisi daya, transfer data dan memasang berbagai aksesori. Di sebelahnya terdapat port lain berwarna merah yang tidak boleh dipasang kabel USB tipe-C. Bergeser di bagian bawah sisi samping kiri, terdapat lubang untuk memasukkan pin ejector tatakan SIM. Tatakan SIM ini hanya menyediakan dua slot kartu SIM.
sisi kanan ASUS ROG Phone II
Beralih ke samping kanan, terdapat tombol volume dan tombol daya. Ketika smartphone diremas pada bagian samping kiri dan kanan maka akan mengaktifkan fungsi yang sudah ditentukan pada fitur Air Trigger. Pada pengaturan default, meremas dengan singkat akan mengaktifkan fungsi Google Assistant. Sedangkan jika meremas dengan durasi agak lama akan mengaktifkan fungsi X Mode. Fitur X Mode berfungsi untuk mengosongkan memori dengan sekali tekan, sehingga bisa dialokasikan untuk bermain game.

sisi atas ASUS ROG Phone II
sisi belakang ASUS ROG Phone II
Di bagian atas tidak terlihat adanya port atau tombol, sedangkan di bawah terlihat port USB tipe-C dan jack audio 3,5 mm. Seperti telah disinggung di awal, pada bagian belakang terdapat sistem kamera ganda dengan flash ganda, logo ROG yang bisa mengeluarkan cahaya dan strip merah di bagian kanan atas.
ROG Aerocase
Pada paket yang diuji coba ini sudah tersedia ROG Aerocase. Ketika dipasang, casing ini akan melapisi punggung ROG Phone II agar lebih nyaman digenggam dan terlihat lebih keren.

Menu dan Aplikasi

ROG Phone II menggunakan sistem operasi Android 9 Pie yang dikemas dengan pilihan antarmuka Zen UI atau ROG UI. Pada home screen, di barisan paling bawah terdapat tombol navigasi virtual, yaitu back, home dan index. Di barisan atasnya terdapat lima ikon untuk telpon, SMS, Armoury, Chrome dan kamera, lalu di atasnya terdapat kolom Google Search. Di baris ke empat di sisi kiri terdapat folder aplikasi Google dan di sisi kanan terdapat Play Store. Pada bagian atas layar terdapat jam dan prakiraan cuaca.
hone screen ASUS ROG Phone II
Dari segi kesehatan dan pemantauan penggunaan oleh anak, smartphoe gaming ini sudah menyediakan fitur Digital Weelbeing & parental control. Fitur Digital Wellbeing dapat memantau berapa lama menggunakan aplikasi dan dapat membatasi waktu penggunaan per aplikasi. Sementara itu fitur Parental Control berfungsi membatasi dan menetapkan batasanlain untuk membantu anak menyeimbangkan waktu menatap layar smartphone.

Pengamanan

Layaknya smartphone masa kini, metode pengamanan pada ROG Phone II ini bisa menggunakan pengenalan wajah dan sensor sidik jari. Selain itu tersedia juga fitur pengamanan dengan smart lock, pin, kata sandi dan pola. Fitur smart lock penguncian akan terbuka otomatis saat berada di kondisi tertentu, misalnya dekat dengan tubuh, tempat yang dipercaya, kecocokan suara dan dekat perangkat lain.

Tersedia juga fitur Find My Device untuk melacak perangkat secara jarak jauh sekaligus mengamankan data. Sedangkan Google Play Proteck akan memeriksa aplikasi dan perangkat secara rutin jika ada perilaku yang membahayakan.

Kamera dan Fotografi

Kamera belakang ASUS ROG Phone II menggunakan konfigurasi kamera ganda, sensor utamanya menggunakan Sony IMX586 dengan resolusi 48 MP. Lensa Sony tersebut menggunakan teknologi Quad Bayer dengan bukaan lensa F/1,79 dan ukuran lebar piksel 1,6 µm. Kamera kedua memiliki resolusi 13 MP dengan sudut pandang ultra lebar 125⁰ dan fitur EIS yang menjaga kestabilan gambar. Lampu flash ganda siap membantu pencahayaan untuk kamera belakang ini.

Mode yang tersedia pada kamera belakang mencakup time lapse, slo-mo, motion tracking, video, photo, portrait, pano, night dan pro. Resolusi foto dapat dipilih mulai dari 7 MP sampai 12 MP, tetapi dengan rasio yang berbeda-beda. Pemotretan bisa membubuhkan stempel waktu dan watermark ASUS secara otomatis. Pada mode motion tracking, kualitas video dapat dipilih antara 4K atau FHD. Sedangkan di mode video, kualitas video mulai dari HD sampai 4K. Saat digunakan untuk merekam video dan memotret di kondisi pencahayaan kurang, hasilnya tampak tetap cemerlang.
contoh foto dengan ROG Phone II

contoh video hasil rekaman resolusi 1080 p dengan ROG Phone II

Bila ingin mencari informasi mengenai suatu barang dengan cara memotret, maka bisa melakukan dengan aplikasi Lens. Caranya dengan membuka aplikasi Lens dari daftar menu, karena mode ini tidak otomatis terintegrasi pada menu kamera. Kemudian foto barang yang akan dicari informasi dan harganya.

Beralih ke kamera depan, terdapat kamera 24 MP yang tak hanya sekedar untuk swafoto, tetapi juga untuk streaming saat gaming. Teknologi Quad Bayer yang memiliki kinerja sangat baik juga mendampingi kamera depan ini. Bukaan lensa pada kamera depan adalah f/2,0 dan ukuran piksel efektif adalah 1,8 µm dengan fitur EIS untuk video yang stabil. Kamera depan ini terdiri dari mode video, photo dan portrait. Resolusi foto kamera depan mulai dari 4 MP sampai 24 MP, sedangkan untuk video resolusinya mulai dari HD sampai FHD.

Kinerja Gaming

Sebagai smartphone gaming, tentu saja ketangguhannya dalam bermain game harus teruji. Ketika masuk menu Armoury ikon di home screen bawah, maka nuansa game langsung muncul. Logo ROG muncul dengan suara yang memukau. Salah satu game yang sudah tersedia pada Game Library adalah Asphalt 9. Selain menu Game Library tersedia menu konsol untuk masuk ke fitur Game Genie, Air Triggers, Fan Speed, dan System Lighting.

Pengaturan tingkat ketukan pada sensor Air Trigger untuk bermain game dapat dilakukan melalui menu Button tap force leve. Posisikan smartphone secara horisontal atau lanskap, lalu tekan atau ketuk sensor di kiri atas dan klik next. Lakukan hal yang sama pada sisi kanan atas, kemudian tekan Apply. Tekan kedua sensor baik di kiri atau kanan bagian atas smartphone, lalu tekan ok.

Ketika tim Teknogav.com melakukan uji coba dengan memainkan game Asphalt 9 tampilan grafisnya tampak begitu mulus. Jalannya permainan pun diiringi dengan musik yang seru dan nuasa pertandingan balap yang terasa begitu hidup. Saat digunakan untuk bermain game, panas yang ditimbulkan tidak terlalu panas, titik yang terasa agak panas ada di kiri bawah dalam posisi lanskap.

Game Asphalt 9 pada ROG Phone II
Game Asphalt 9 pada ROG Phone II
Chipset yang digunakan untuk mendukung mulusnya jalan permainan adalah Qualcomm Snapdragon 855+ dengan kecepatan clock prosesor sampai 2,96 GHz. Grafisnya didukung oleh GPU Qualcomm Adreno 640 dan suhunya dijaga stabil oleh sistem pendingin GameCool II dengan 3D vapor-chamber. ROG Phone II yang diuji coba tim Teknogav.com menggunakan RAM 8 GB dan media penyimpanan berkapasitas 128 GB.

Berikut ini informasi mengenai perangkat keras dan sistem memakai aplikasi CPU-Z.
CPU Z ROG Phone II
Pengujian selanjutnya memanfaatkan tiga aplikasi Benchmark, yaitu Antutu, GeekBench dan PC Mark.
Benchmarking dengan AnTutu
Aplikasi benchmarking AnTuTu menunjukkan skor yang sangat tinggi, yaitu 487.364. Skor ini berhasil meraih peringkat kedua, tepat di bawah ROG Phone II versi RAM 12 GB dan media penyimpanan 512 GB yang berada di puncak peringkat dengan skor 496.226. Nilai yang diperoleh ROG Phone II pada uji coba ini terdiri dari skor CPU 147.635, GPU 195.342, Memori 77.334 dan UX 67.053.
Benchmarking dengan GeekBench
Beralih ke aplikasi Geekbench, hasil benchmark menunjukkan kinerja prosesor yang hebat. Skor yang diperoleh untuk kerja single core diperoleh angka 766 yang di atas Samsung Galaxy S10+, Samsung Galaxy Note10+ 5G dan Samsung Galaxy S10. Skor masing-masing smartphone tersebut secara berukuratan adalah 759, 746 dan 746.

Sementara skor kinerja multi core adalah 1563 yang lebih tinggi dari skor Xiaomi Poco F1 dan Samsung Galaxy S8. Kedua smartphone tersebut masing-masing memakai chipset Snapdragon 845 dengan kecepatan 1,8 GHz dan Samsung Exynos 8895 dengan kecepatan clock 1,7 GHz.

Benchmarking menggunakan PC Mark menghasilkan nilai sebagai berikut.
Benchmarking dengan PC Mark

Sumber daya pada ROG Phone II ini mengandalkan baterai berkapasitas 6000 mAh. Baterai tersebut mampu bertahan 5,2 hari untuk memutar musik, 52 jam untuk menelpon dengan koneksi 3G, 44 jam untuk menelpon dengan koneksi 4G, 26,2 jam untuk memutar video dan 12,8 jam untuk menjelajahi internet dengan koneksi WiFi.

Kesimpulan

ROG Phone II dirancang sedemikian rupa sehingga benar-benar memenuhi kebutuhan gaming, baik dari sisi desain maupun jeroan teknologinya. Desainnya pun begitu futuristic dengan logo ROG di punggung smartphone yang bisa menyala-nyala. Posisi pengendali di layar maupun pada sensor Air Trigger begitu pas disesuaikan dengan tangan. Demikian juga penempatan port USB tipe-C di sisi samping yang bisa digunakan untuk charging saat bermain game atau untuk memasang aksesori.

Perancangan penempatan antena WiFi di sekeliling layar di empat titik sekaligus, membuat koneksi tetap terjamin walau jari sibuk bergerak mengendalikan game. Empat titik lokasi juga ditempati oleh mikrofon untuk menghilangkan noise yang mungkin terjadi.

Ketika gamer bermain game sambil streaming, posisi kamera depan pun pas untuk menayangkan video saat bermain game. Kendati hanya berbekal sistem kamera ganda, namun kualitas fotonya tak bisa dipungkiri. Hasilnya begitu tajam bahkan saat berada dalam kondisi gelap.

Chipset yang  digunakan merupakan chipset juara dari Qualcomm, yaitu Snapdragon 855+ didampingi Qualcomm Adrenon 640 yang mampu memberikan grafis mulus. Kinerja prosesor diperkuat dengan RAM yang lapang, yaitu 8 GB. Semua kinerja perangkat keras ROG Phone II sudah teruji dengan benchmarking AnTutu. Peringkat smartphone gaming ini di posisi pertama dan kedua dari daftar peringkat yang disusun AnTutu.

Kesimpulannya, ROG Phone II benar-benar smartphone gaming luar biasa dengan desain dan teknologi yang dirancang teliti untuk memenuhi kebutuhan gamer.

Spesifikasi ROG Phone II

Jaringan
:
Dual nano SIM GSM – LTE
Layar  
:
6.59-inch 19.5:9 (2340 by 1080) 120Hz/1ms AMOLED 10-bit HDR , display600nits outdoor readable brightness, Delta E < 1, 111.8% DCI-P3, 107.4% NTSC, 151.7% sRGB color gamut display, rasio kontras 500.000:1, Corning® Gorilla® 6 Glass, Filter sinar biru untuk kenyamanan mata, Dukungan Always On, Layar sentuh kapasitif dengan 10 titik multi-sentuh dan dukungan sentuhan dengan sarung tangan
OS 
:
Android 9 Pie dikemas dengan ROG UI atau ZEN UI
Memori 
:
RAM 8 GB, media penyimpanan UFS 3.0 128 GB
CPU 
:
Qualcomm® Snapdragon™ 855 Plus Mobile Platform 2.96GHz, prosesor delapan inti 64-bit dengan teknologi 7nm
GPU 
:
Qualcomm® Adreno™ 640
Kamera
:
Kamera belakang utama: Sony flagship IMX586 48MP image sensor - 1/2.0” large sensor size, 0.8 µm pixel size,Quad Bayer technology - 12MP, 1.6 µm large effective pixel size, F1.79 aperture, 26mm equivalent focal length in 35mm film camera, 6p lens, 79° field of view, 2x1 On-chip-lens phase detection autofocus, LED flash
Kamera belakang kedua: 13MP, kamera ultra-lebar 125°, sudut pandang lebih lebar 200% untuk menangkap lebih banyak teman dan pemandangan dalam frame, koreksi distorsi secara Real-time, 11mm equivalent focal length in 35mm film camera
Kamera depan: 24MP, F2.0 aperture, 27mm equivalent focal length in 35mm film camera, 77.9° field of view
Dimensi     
:
170.99mm x 77.6mm x 9.48mm
Bobot   
:
240 gram
Baterai
:
Baterai berkapasitas tinggi 6000mAh, dukung Quick Charge 4.0 dan PD Charging
Fitur   
:
Built-in Speaker, side mounted connector, USB Type-C, In-display fingerprint, Face recognition, Accelerator, E-Compass, Gyroscope, Proximity sensor, Hall sensor, Ambient light sensor, Ultrasonic sensors for AirTrigger II and grip press, Dual vibrators, WLAN 802.11 ad 60 GHz, Bluetooth 5.0, Wi-Fi Direct, NFC
Harga 
:
Rp 8.499.000 untuk konfigurasi RAM 8 GB + media penyimpanan 128 GB

Share:

Artikel Terkini

Follow by Email