Review: Samsung Galaxy A30s Usung NFC dan Triple Camera Termurah Review: Samsung Galaxy A30s Usung NFC dan Triple Camera Termurah ~ Teknogav.com

Review: Samsung Galaxy A30s Usung NFC dan Triple Camera Termurah

Teknogav.com – Samsung Galaxy Note A30s merupakan smartphone pertama yang dijejali fitur canggih dengan harga sangat terjangkau. Fitur-fitur canggihnya mencakup triple camera, fingerprint in-display, NFC, game booster dan lain-lain. Saat diluncurkan pada September 2019, smartphone ini dibandrol hanya Rp3.299.000.
Tampilan Galaxy A30s ini tampak menarik dengan desain yang mulus dan pola holografik yang mengkilap sehingga bisa berubah-ubah dinamis. Pilihan warna yang tersedia adalah Prism Crush Black, Prism Crush White, dan Prism Crush Green.
Layar smartphopne ini terasa sangat lapang dengan ukuran 6,4 inci dan desain Infinity V. Teknologi layar yang digunakan adalah Super AMOLED dengan tampilan vivid HD+ yang sangat tajam, siap menyajikan pengalaman menonton video dan bermain game yang mendalam.

Kerennya untuk smartphone ini juga sudah dibekali fitur Samsung Pay dan NFC. Samsung Pay akan memudahkan berbelanja dengan akses cepat untuk pembayaran. Aplikasi ini dapat dihubungkan dengan DANA untuk memudahkan pembayaran dan memperoleh berbagai promo menarik. Jika ingin mengisi saldo uang elektronik pun bisa dengan mudah dilakukan dengan fitur NFC.

Smartphone ini juga mendukung fotografi dengan triple camera untuk mengabadikan kegiatan sehari-hari dengan detil. Resolusi kamera utama pada triple camera adalah 25 MP. Kamera tersebut didampingi Ultra Wide Camera yang mampu memotret dengan sudut lebar 123⁰ derajat dan resolusi 8 MP. Lensa ultra lebar ini bisa menangkap pemandangan yang lebih luas. Latar dengan nuansa blur pun bisa dilakukan dengan kamera kedalaman 5 MP. Kamera depan smartphone juga dibekali kamera dengan resolusi tinggi, sampai 16 MP.

Samsung Galaxy A30s merupakan bagian dari ekosistem Samsung, sehingga mudah untuk menghubungkan smartphone ini dengan wearable besutan Samsung. Aplikasi Samsung Wearable memudahkan untuk terhubung dengan perangkat seperti Samsung Galaxy Watch Active dan menyesuaikan pengaturan perangkat tersebut. Jika ingin memantau kebugaran dan kegiatan sehari-hari dengan perangkat tersebut, cukup pakai aplikasi Samsung Health.

Unboxing Samsung Galaxy A30s


isi paket Samsung Galaxy A30s
Kotak paket Samsung Galaxy A30s ini berbentuk empat persegi panjang yang tak terlalu besar. Saat dibuka, ada kotak putih yang pipih, di dalamnya terdapat casing karet smartphone dan booklet panduan singkat penggunaan. Di bawah kotak pilih tersebut terdapat unit smartphone. Kemudian di bawahnya terdapat pin ejector, kabel data USB tipe-C ke USB dan adapter charger.

Desain Samsung Galaxy A30s

bagian belakang Samsung Galaxy A30s
Smartphone ini memiliki desain unibodi, jika ingin memasukkan SIM card, maka gunakan pin ejector yang tersedia untuk mengeluarkan tatakannya. Bagian punggungnya tampak berkilau dengan pola diagonal yang dinamis, Nuansa prisma ini tersedia dalam tiga pilihan warna, yaitu Prism Crush Black, Prism Crush White, dan Prism Crush Green. Di pojok kiri atas punggung ponsel terdapat konfigurasi triple camera yang tersusun vertikal dengan flash LED di bagian bawahnya.
bagian depan Samsung Galaxy A30s
Beralih ke depan, tampilan pada layar tampak maksimal dengan ukuran 6,4 inci dan desain Infinity-V. Desain layar dengan poni berbentuk V tersebut berfungsi untuk menempatkan kamera depan. Tepat di atas kamera terdapat garis tipis yang merupakan lubang earpiece Di sekeliling layar masih terlihat bingkai dengan tepian warna hitam, tetapi cukup tipis. Sementara itu di sebelah atas polos tak terlihat port atau tombol.
sisi kiri Samsung Galaxy A30s
Tatakan kartu SIM pada Samsung Galaxy A30s
bagian atas Samsung Galaxy A30s
Di samping kiri, terdapat lubang untuk memasukkan pin ejector yang berfungsi untuk mengeluarkan tatakan SIM Card. Tatakan SIM Card ini memiliki tiga slot, yaitu dua slot nano SIM dan satu slot micro SD. Di samping kanan terdapat tombol volume dan tombol daya. Lalu di sisi bawah terdapat jack audio 3,5 mm, port USB tipe C dan lubang speaker.

sisi kanan Samsung Galaxy A30s
sisi bawah Samsung Galaxy A30s

Menu dan Aplikasi


tampilan menu Samsung Galaxy A30s
Sistem operasi yang digunakan Samsung Galaxy A30s adalah Android 9 Pie yang dikemas dengan antarmuka One UI 1.5. Beberapa aplikasi yang sudah tersedia adalah Spotify, Netflix, Lazada, Vidio, Samsung Gift Indonesia, S-Lime, App Station, Samsung Pay, Samsung Max UDS, Smart Tutor, Samsung Health, Samsung Galaxy Wearable dan lain-lain.

Enaknya sebagai bagian dari ekosistem Samsung, jika ingin memasang perangkat wearable, maka pengaturannya bisa dengan mudah dilakukan dari smartphone dari aplikasi Samsung Galaxy Wearable. Aplikasi ini memang bisa diinstal di smartphone brand lain, tetapi prosedur untuk bisa digunakan lebih ribet.
tampilan menu Samsung Wearable dan Samsung Health yang terhubung dengan Samsung Galaxy Watch Active
Smartphone ini juga sudah dilengkapi dengan fitur Digital Wellbeing untuk mendukung kesehatan mata dengan memantau waktu penggunaan aplikasi. Tersedia juga fitur untuk membatasi waktu penggunaan beberapa aplikasi sehingga tidak menggunakan smartphone secara berlebihan.

Pada home screen tampak tombol navigasi virtual bawaan ada tiga, yaitu indeks aplikasi, home dan back. Di atasnya terdapat akses untuk melakukan panggilan telepon, SMS dan kamera. Dan di atas ketiga fungsi tersebut terdapat Galaxy Store, Gallery, Play Store dan folder layanan Google. Layanan Google mencakup Google, Chrome, Gmail, Maps, YouTube, Drive, Play Music, Play Movies & TV, Duo dan Photos.

Beralih ke daftar seluruh aplikasi yang bisa diakses dengan cara mengusap layar ke atas, pada pojok kiri atas terdapat folder layanan-layanan Samsung. Pada folder tersebut terdapat aplikasi Smart-Things, Voice Recorder, My Files, Galaxy Wearable dan Radio.

Pada menu pengaturan tampilan, tingkat kecerahan dapat disesuaikan secara manual atau bisa juga mengaktifkan fitur adaptive brightness. Selain itu tersedia juga fitur filter sinar biru, night mode dan screen mode.

Pengamanan

Beberapa fungsi biometrik pada Samsung Galaxy A30s dapat digunakan untuk membuka penguncian smartphone. Pengamanan tersebut dapat menggunakan pengenalan wajah dan sensor sidik jari yang tersemat pada layar. Proses membuka pengamanan dengan sensor sidik jari di layar cukup lumayan, walau tidak secepat kilat, tetapi cukup sensitif untuk mendeteksi sidik jari yang sesuai.
menu pilihan pengamanan dengan biometrik dan pilihan penguncian layar

Jika ingin bisa memilih fungsi biometrik apa yang dijadikan kunci pengamanan, maka lakukan preferensi pada menu pengaturan. Untuk bisa memilih antara pengenalan wajah atau sensor sidik jari, maka harus dilakukan pendaftaran wajah dan sidik jari terlebih dahulu. Pengenalan wajah dilakuakan oleh kamera depan yang sudah dilengkapi AI.

Selain membuka penguncian dengan biometrik, tentu saja tersedia cara lain, yaitu dengan mengusap layar, membuat pola, dan memasukkan pin atau kata sandi. Selain itu tersedia juga fungsi smart lock untuk membuka penguncian dapat dilakukan secara otomatis pada kondisi tertentu. Kondisi tersebut mencakup jarak dengan tubuh, tempat yang dipercaya, berada dekat dengan perangkat lain yang dipercaya dan kecocokan suara.

Pengamanan lain dapat dilakukan dengan fitur Google Play Protect dan Find My Device. Google Play Protect akan melindungi perangkat dari serangan malware atau spyware. Langkah tersebut dilakukan dengan mengecek aplikasi dan perangkat secara rutin sehingga dapat mendeteksi risiko.  Notifikasi akan muncul jika terdeteksi adanya risiko. Jika lupa meletakkan smartphone atau smartphone hilang, maka dapat dilacak menggunakan fitur Find My Device.

Praktis Top Up E-money dengan Fitur NFC

Near Field Communication (NFC) pada smartphone Samsung Galaxy A30s bisa digunakan untuk melakukan top-up saldo e-money. Aplikasi yang bisa dipakai untuk update saldo e-money antara lain adalah Tokopedia dan Blibli.com. Caranya adalah dengan mengaktifkan fitur NFC terlebih dahulu. Kemudian buka menu top-up e-money pada aplikasi, lalu tekan cek saldo sambil mendekatkan kartu e-money ke bagian belakang atas smartphone.

Aplikasi akan secara otomatis mendeteksi nomor kartu dan saldo yang tersimpan pada kartu. Pengisian e-money dapat dilakukan dengan memilih nominal yang akan diisi pada kartu. Setelah itu lakukan pembayaran, jika ada voucher, bisa memasukkan voucher sebelum menyelesaikan pembayaran. Jika pembayaran berhasil, maka saldo bisa di-update dengan kembali mendekatkan kartu ke bagian punggung smartphone agak ke atas. Saldo pun akan kembali dideteksi jumlahnya.
menu pada Samsung Pay
Selain untuk mengisi e-money, fitur NFC juga bisa di-pairing dengan aplikasi Link Aja untuk melakuan pembayaran langsung dengan men-tap smartphone. Pembayaran praktis lainnya bisa dilakukan dengan aplikasi Samsung Pay yang bisa dihubungkan dengan DANA.

Kamera dan Fotografi

Samsung Galaxy A30s menggunakan konfigurasi triple camera. Kamera utama memiliki resolusi 25 MP dengan bukaan lensa F/1.7. Posisi kamera utama tersebut diapit oleh kamera ultra wide 8 MP yang terletak di bawahnya dan depth camera 5 MP dengan bukaan lensa f/2.2 di atasnya. Kamera utama mampu memotret dengan hasil yang cerah dan jelas, baik di kondisi gelap maupun terang. Sedangkan kamera Ultra Wide mampu menangkap dunia yang lebih luas dalam foto yang dihasilkan.
hasil pemotretan dengan mode Photo

hasil pemotretan dengan mode Live Focus
Mode Live Focus pada kamera, memungkinkan untuk mengendalikan tingkat blur latar sebelum membidik, sehingga bisa fokus pada objek yang ingin ditonjolkan. Fitur ini dimungkinkan berkat Depth Camera dengan resolusi 5 MP yang menjadi bagian dari triple camera. Selain mode Live Focus, mode lainnnyayant tersedia adalah Food, Panorama, Pro, Photo, Video dan Slow Motion.

Jika ingin berswafoto dengan hasil yang bagus, kamera depan dengan resolusi 16 MP siap menghasilkan foto yang mengagumkan. Foto dapat dibuat dengan resolusi tinggi yang jelas. Sedangkan bila ingin membuat blur latar dan menonjolkan wajah, gunakan fitur fokus Selfie. Pada kamera depan juga terdapat fitur Smart Beauty yang bisa mempercantik waja dengan bantuan AI.

Kinerja Memadai

Chipset yang digunakan pada Samsung Galaxy A30s adalah Exynos 7904 yang menggunakan delapan inti prosesor. Kecepatan clock dari prosesor adalah 936 Mhz sampai 1,77 GHz. Chipset tersebut terdiri dari 2x ARM Cortex-A73 berkecepatan 1,77 GHz dan 6x ARM Cortex-A53 berkecepatan 1,5 GHz. Kinerja prosesor didukung oleh RAM berkapasitas 4 GB dan media penyimpanan berkapasitas 64 GB.

Dari Segi Grafis, prosesor grafis yang digunakan adalah ARM Mali-G71. Saat digunakan untuk bermain game dan menonton video, tampilan tampak berjalan dengan mulus. Kinerja gaming didukung juga dengan fitur Game Booster yang mengatasi gangguan saat bermain. Antarmuka dan menu yang mudah dijangkau memberikan pengalaman gaming yang nyaman. Tampilan grafis begitu mulus dengan fitur Frame Booster yang membuat gerakan begitu hidup. Game Booster juga akan mempelajari pola penggunaan untuk mengoptimalkan memori, suhu dan baterai.

Sumber daya smartphone ini mengandalkan baterai 4.000 mAh yang mampu bertahan cukup lama. Jika baterai habis pun dapat diisi dengan cepat menggunakan teknologi Fast Charging 15 W sehingga bisa segera meneruskan aktivitas yang tertunda.

Berikut ini informasi mengenai perangkat keras dan sistem memakai aplikasi CPU-Z.
CPU - Z Samsung Galaxy A30s
Pengujian selanjutnya memanfaatkan tiga aplikasi Benchmark, yaitu Antutu, GeekBench dan PC Mark.
Benchmarking Samsung Galaxy A30s dengan AnTutu
Aplikasi benchmarking AnTuTu menunjukkan skor yang tinggi, yaitu 103078. Sayangnya skor ini justru masih di bawah Samsung Galaxy A30 dan Redmi 7. Nilai yang diperoleh Samsung Galaxy A30s ini terdiri dari 43732 untuk CPU, 10792 untuk GPU, 28615 untuk antarmuka pengguna dan 19939 untuk memori.
Benchmarking Samsung Galaxy A30s dengan GeekBench

Beralih ke aplikasi Geekbench, hasil benchmark menunjukkan kinerja prosesor yang cukup hebat. Skor yang diperoleh untuk kerja single core diperoleh angka 245 sedangkan skor kinerja multi core adalah 904.

Benchmarking menggunakan PC Mark menghasilkan nilai sebagai berikut.
Benchmarking Samsung Galaxy A30s dengan PC Mark

Kesimpulan

Desain Samsung Galaxy A30s ini agak mirip dengan Samsung Galaxy A50s, fitur-fitur canggih yang diusung pun mirip. Beberapa fitur canggih andalan di Samsung Galaxy A30s adalah triple camera, NFC, Game Booster dan fingerprint in-display. Hasil pemotretan cukup lumayan walau terasa kurang tajam jika dibandingkan dengan kamera pada Galaxy A50s, karena memang resolusinya lebih rendah. Hasil foto dengan kamera depan mampu menghasilkan foto yang cemerlang.

Kemampuan fitur NFC cukup mumpuni yang dapat dengan mudah mengisi saldo e-money. Sayangnya saat menggunakan sensor sidik jari in-display, waktu yang dibutuhkan agak lumayan lama untuk membuka penguncian. Selain membuka penguncian dengan sidik jari, tersedia juga metode dengan pengenalan wajah yang mengandalkan AI kamera depan. Perlindungan lain pada smartphone juga diperkuat dengan Google Play Protect, Find My Device dan Smart Lock.

Baterai pada smartphone ini cukup luar biasa karena bisa bertahan beberapa hari, padahal kapasitasnya hanya 4000 mAh saja. Tampilan pada layar juga tampak begitu tajam. Tersedia pula fitur Digital Wellbeing yang senantiasa menjaga kenyamanan mata.

Samsung Galaxy A30s mendukung ekosistem Samsung dengan ketersediaan aplikasi Samsung Wearable yang dapat melakukan setting pada Samsung Galaxy Active dengan mudah. Demikian juga jika ingin memantau kesehatan dengan Samsung Health pun bisa langsung tersambung dengan perangkat wearable seperti Samsung Galaxy Active dengan mudah.

Spesifikasi Samsung Galaxy A30s


Jaringan
:
Dual nano SIM GSM – LTE
Layar 
:
6,4 inci Super AMOLED, HD+(720 x 1520 piksel), Infinity-V Display
OS
:
Android 9 Pie, One UI 1.5
Memori
:
RAM 4 GB, 64 GB (Internal) Up to 512 GB
CPU
:
Samsung Exinos 7904 (2 x A73 1,77 GHz + 6 x A53 1,59 GHz)
GPU
:
Mali-G71
Kamera
:
Belakang:25MP (F1.7) + 5MP (F2.4) + 8MP (F2.2).  Depan: 16MP (F2.0)
Dimensi    
:
158.5 x 74.7 x 7.8mm
Bobot 
:
169 gram
Baterai
:
Non removable, Li-po, 4000 mAh
Fitur  
:
Bluetooth 5.0, A2DP, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot, A-GPS, GLONASS, BDS, FM Radio, USB 2.0 type-C reversible connector, USB on-the-go, Sensor sidik jari On-Screen, Face Recognition
Harga
:
Rp 3.299.000
Share:

Artikel Terkini

Follow by Email