Tips Membuat Film Resolusi Tahun Baru Ala Joko Anwar Tips Membuat Film Resolusi Tahun Baru Ala Joko Anwar ~ Teknogav.com

Tips Membuat Film Resolusi Tahun Baru Ala Joko Anwar


Teknogav.com – Tiba di penghujung tahun, waktunya membuat resolusi tahun baru. Biar keren, jadikan resolusi ini menjadi film. Bisa juga membuat film pendek mengenai membuat lembaran baru di tahun 2020. Jika bingung, yuk simak tiga jurus untuk mempersiapkan film baru dari Joko Anwar yang dituturkan dalam kelas online Galaxy Movie Studio.
Setiap pembuatan film tentu saja harus melalui tahap-tahap. Tak hanya kemauan kuat, tetapi juga perlu eksplorasi kreativitas dan konsistensi dalam membuat alur cerita yang menarik dan relevan. Beberapa tips untuk membuat film berkualitas dipaparkan oleh Joko Anwar berikut ini.


Gagasan

Naskah atau skenario berisi cerita yang berawal dari gagasan. Sumber gagasan bisa dari mana saja, bahkan dari hal paling sederhana di lingkungan sekitar. Setiap kali ada gagasan terlintas, sebaiknya langsung dicatat agar tak lenyap begitu saja. Jika tak siap sedia kertas dan alat tulis, bisa mencatatnya di smartphone, bahkan bisa langsung membuat foto atau rekaman video.

Bagi yang masih terbiasa mencatat dengan tulisan tangan, bisa juga menggunakan S Pen pada Galaxy Note10. Bila ingin merekam momen tertentu, gunakan Pro Grade Camera yang dilengkapi fitur Super Steady untuk merekam dengan stabil. Jangan lupa juga untuk menceritakan gagasan kepada orang terdekat untuk memperoleh pandangan lain dan masukan mengenai gagasan tersebut.

Struktur Skenario

Salah satu cara mudah untuk menulis skenario adalah dengan prinsip struktur tiga babak, delapan sequence dan 15 Beats. Pada struktur tiga babak, skenario dibagi menjadi pembuka, inti cerita dan penyelesaian masalah. Sedangkan untuk delapan sequence terdiri dari dua babak pengenalan, empat babak pengembangan, dan dua babak revolusi cerita. Jika ingin memakai 15 beats, maka skenario dibagi menjadi 15 bagian cerita.
Joko Anwar memberikan tips pada Samsung Galaxy Movie Studio
Skenario yang menarik harus mempunyai karakter penokohan yang kuat dengan definisi pandangan hidup jelas dan relevan dengan pilihan gagasan awal. Jika sudah mempunyai catatan penggalan dialog pilihan yang sudah dicatat pada smartphone, jangan lupa untuk menyertakannya pada skenario. Catatan tulisan tangan di Galaxy Note10 bisa dengan mudah diubah menjadi teks memakai fitur hand writing to text. Foto dan video referensi juga bisa dipindahkan dengan mudah ke laptop memakai Samsung Dex.

Pra Produksi

Tahap ini membutuhkan persiapan yang matang karena akan mempengaruhi proses di lapangan saat pengambilan gambar. Komitmen yang tinggi dibutuhkan dari berbagai peran dan kepala departemen yang terlibat dalam produksi film. Peran tersebut mencakup produser, asisten sutradara, artistik, pengarah kamera, tata rias dan kostum. Semua orang yang terlibat dalam proses pra-produksi harus bisa menyamakan visi dan mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan produksi film.

Demikianlah tips dari Joko Anwar untuk mepersiapkan film tahun baru, untuk lebih jelasnya, yuk simak kelas Galaxy Movie Studio ini.
Share:

Follow by Email