Tips Pra-Produksi Film Pakai Smartphone ala Joko Anwar Tips Pra-Produksi Film Pakai Smartphone ala Joko Anwar ~ Teknogav.com

Tips Pra-Produksi Film Pakai Smartphone ala Joko Anwar


Teknogav.com - Pelatihan membuat film dari Galaxy Movie Studio yang akan diselenggarakan oleh Samsung segera dimulai pada bulan Desember 2019. Para coach yang akan mengisi pelatihan tersebut terdiri dari tiga sutradara berpengalaman. Mereka adalah Joko Anwar, Yandi laurens dan Sammaria Sari Simanjuntak.  Kemajuan teknologi memungkinkan untuk membuat film hanya dari smartphone yang semakin canggih.

Dalam menggarap suatu film, ada tiga tahap yang harus dilakukan sutradara agar kesatuan cerita memiliki alur menarik dan berkesan mendalam. Tahapan tersebut adalah pra-produksi, produksi, dan pasca produksi. Masing-masing sutradara akan memberikan tips dan trik di setiap tahap. Berikut ini adalah tips menjalankan tahap pra-produksi dengan memanfaatkan smartphone oleh Joko Anwar.

Mencari inspirasi

Setiap kali ingin menulis skenario, Joko Anwar biasanya pergi ke suatu tempat untuk melihat karakter orang. Tempat tersebut bisa berupa terminal bus, stasiun kereta, bandar udara dan lain-lain. Ada banyak hal yang bisa dijadikan sumber inspirasi, jadi jangan membatasi diri ketika sedang menggali ide. Gagasan bisa diperoleh dari lingkungan tetangga, tren kekinian, menonton banyak film untuk membuka wawasan dan tidak dibatasi hal-hal yang monoton.

Menuangkan gagasan

Ketika di kepala sudah timbul ide, maka jangan dibiarkan saja sampai lupa. Tuangkan setiap ide yang terlintas di kepala walau sekecil apapun. Pencatatan bisa dilakukan dengan pulpen atau kertas, tetapi kan tidak setiap saat kita membawa alat tulis. Nah, manfaatkan S Pen untuk menuliskan ide tersebut di layar. Ketika gagasan sudah dicatat, maka mudah mengembangkan imajinasi dan kreativitas sebelum memutuskan hal menarik yang paling ingin diangkat menjadi cerita.
  • Konversi ide menjadi skrip
    • Setelah ide dikumpulkan, susun menjadi alur yang menarik. Ketika alur cerita yang ingin didapatkan telah dipahami, maka konversi ide tersebut menjadi skrip.
    • Catatan yang semula dibuat dengan tulisan tangan di smartphone dengan S Pen mudah dikonversi menjadi teks digital memakai Galaxy Note10|10+. Teks digital hasil konversi bisa disimpan dalam format file word atau pdf, yang bisa langsung dibagikan ke kru produksi.
    • Konversi skrip menjadi visual
  • Gambaran alur cerita dulu mesti dituangkan dari skrip ke visual, yaitu dengan membuat storyboard. Kini dengan kamera smartphone tak perlu repot lagi menggambar storyboard, cukup gambarkan cerita yang lebih modern memakai videoboard.

Joko Anwar memberikan tips pra-produksi film
  • Pembuatan videoboard akan memudahkan kru produksi dalam memahami feel yang diinginkan sutradara. Mereka bisa menentukan mulai dari lokasi shooting sampai pergerakan kamera yang diinginkan.
  • Perancangan floorplan pun mudah dilakukan dengan S Pen pada Note 10. Titik-titik lokasi penempatan kamera, kru, properti, sampai aktor menjadi mudah, apalagi hasil perencanaan tersebut pun bisa dibagikan langsung secara digital.
Demikianlah beberapa tips dalam proses pra-produksi pembuatan film yang diberikan Joko Anwar. Tips berikutnya adalah proses produksi film yang akan diberikan oleh Yandi Laurens. Kemudian akan dilanjutkan dengan tips proses pascaproduksi oleh Sammaria Sari Simanjuntak.
Share:

Artikel Terkini