Dua Turntable Terbaik dan Termurah dari Audio Technica dan Sony Dua Turntable Terbaik dan Termurah dari Audio Technica dan Sony ~ Teknogav.com

Dua Turntable Terbaik dan Termurah dari Audio Technica dan Sony


Teknogav.com - Hobi audio tidaklah murah, demi memanjakan telinga, biasanya butuh kocek lebih tinggi ketimbang membeli perangkat pemutar musik sekedarnya. Kini banyak audiofil beralih ke turntable karena memiliki kualitas suara lebih jernih dan merdu. Sayangnya kebanyakan turntable yang berkualitas memiliki harga selangit. Nah, berikut ini rekomendasi turntable terbaik dan termurah dari orang-orang yang kompeten di bidangnya. Mereka adalah Mark Steinberg , seorang spesialis turntable B&H Photo and Video, dan DJ Prestige dari Flea Market Funk.

Dua perangkat turntable yang menjadi pilihan adalah Audio Technica AT-LP60X dan Sony PS-LX300USB. Kedua turntable tersebut memiliki harga di bawah Rp2 juta. Yuk simak kelebihan masing-masing perangkat.

Audio-Technica AT-LP60X

Perangkat ini adalah turntable stereo dengan belt drive yang otomatis sepenuhnya. Steinberg mengatakan bahwa model Audio Technica yang lebih murah dan memiliki fitur drive belt begitu laris di B&H Photo and Video. Model tersebut merupakan yang pertama dia tunjukka ke pengunjung. Perangkat tersebut bisa memutar musik dengan sangat baik sehingga dianggapnya sebagai turntable entry-level yang serius. Turntable ini memang bukan mainan, jadi tidak akan merusak piringan hitam yang akan diputar.
Audio Technica AT-LP60X
Audio Technica AT-LP60X yang dibandrol dengan harga USD99 atau sekitar Rp1,35 juta di Amazon ini juga memiliki preamp built-in. Pada model yang harganya lebih tinggi maka sudah dilengkapi dengan port USB untuk mentransfer rekaman ke perangkat lain. Ada juga model yang bahkan sudah dilengkapi dengan kemampuan Bluetooth, sehingga memungkinkan untuk menghubungkan ke speaker Bluetooth standar secara nirkabel.

DJ Prestige yang baru mencoba turntable LP 60 tersebut untuk pertama kalinya juga menyetujui bahwa turntable tersebut merupakan pilihan bagus jika dana yang dimiliki tak menjangkau LP 120. Kekurangan dari LP 60 adalah tak ada kartrid untuk memegang jarum yang bisa diganti. Padahal di seri LP 120 dan kebanyakan pemutar piringan hitam lain tersedia fitur tersebut. Tidak adanya fitur tersebut berarti pengguna tak bisa melakukan peningkatan jika ingin lebih menseriusi hobinya.

Steinberg juga menekankan bahwa perangkat tersebut bekerja secara otomatis sepenuhnya. Artinya adalah jika tombol ditekan maka alarm akan berbunyi di tempat memulai rekaman. Kemudian pada akhinya lengan jarum tersebut mengangkat sendiri. Mekanisme ini cocok bagi yang masih baru mengenal vinyl dan ingin mempermudah segala sesuatu. Tetapi bagi orang yang suka keaslian menggunakan turntable kemungkinan akan lebih menyukai sensasi dan ritual pengoperasian secara manual.




Sony PS-LX300USB

Perangkat ini merupakan turntable stereo USB yang otomatis sepenuhnya dan dibandrol dengan harga yang murah. Turntable Sony PS-LX300USB sangat pas bagi seorang kolektor rekaman pemula. Seperti halnya Audio Technica LP60, turntable ini juga menyediakan model yang dilengkapi Bluetooth dengan harga sedikit lebih tinggi.

Sony PS-LX300USB
Kendati demikian model standar dengan versi teknologi yang lebih rendah justru lebih simple.
Steinberg merekomendasikan model ini karena memang Sony merupakan brand yang terpercaya dan apa adanya. Turntable ini otomatis sepenuhnya dan sudah dilengkapi output USB tanpa harus membayar lebih mahal. Perangkat ini bisa dibeli di Amazon dengan harga USD128 atau sekitar Rp1,75 juta.

Jika ingin mengetahui jajaran produk turntable Audio Technica lainnya dapat mengunjungi tautan ini. Tersedia juga produk turntable lain dari Sony, yaitu Sony PS-LX310BT.
Share:

Follow by Email