8 Tips Aman di Internet dari Palo Alto Networks 8 Tips Aman di Internet dari Palo Alto Networks ~ Teknogav.com

8 Tips Aman di Internet dari Palo Alto Networks

Teknogav.com – Pandemi Covid-19 membuat pergeseran cara kerja, kini lebih banyak yang memanfaatkan internet untuk berkoordinasi. Baik melalui aplikasi khusus untuk berkoordinasi maupun melalui konferensi video. Sayangnya momen ini justru dimanfaatkan pelaku kejahatan siber untuk mengeruk keuntungan finansial. Mereka memanfaatkan membuat domain baru dengan kata-kata ‘virus’, ‘corona’, ‘covid’ dan lain-lain. Jumlah kemunculan domain tersebut lebih dari 100 ribu dalam seminggu terakhir, sebagian besar dari mereka menjadi sarana penyebaran malware.

Bagi para pekerja yang bekerja dari rumah atau work from home (WFH), sebaiknya mengadopsi langkah-langkah keamanan layaknya di kantor. Hal ini demi menghindari terjebak scam akibat penasaran untuk mendapatkan informasi terkini mengenai pandemi Covid-19. Apalagi biasanya sistem keamanan di rumah tidak seketat di kantor. Palo Alto memberikan tips-tips untuk melindungi dari serangan siber ketika sedang bekerja di rumah berikut ini.

  1. Aktifkan filter situs web pada perangkat lunak antivirus atau hanya akses situs-situs media terpercaya dan kredibel ketika ingin memperoleh informasi. Hal ini demi menghindari jebakan tautan ke situs web yang menyebarkan malware atau situs berisi iklan.
  2. Jangan sembarangan mengunduh aplikasi gaming, sebaiknya unduh aplikasi dari Google Play dan App Store. Waspada ketika mengakses dan bermain game dengan perangkat uaung biasa digunakan untuk bekerja dan mengakses server perusahaan. Pelaku kejahatan siber pada umumnya menerobos ke situs pihak ketiga dengan menempatkan aplikasi yang terinfeksi malware.
  3. Tinjau pengaturan privasi pada konferensi video dan selalu lengkapi kata sandi untuk menghindari kemunculan orang yang tak berkepentingan. Biasanya orang tersebut melakukan meeting-bombing atau mengirim tautan chat yang mengandung malware. Aktifkan notifikasi yang memberitahu setiap kali ada orang bergabung, dan non-aktifkan fungsi join before host.
    praktik aman untuk melakukan konferensi video dari Palo Alto Networks
    Terlepas dari platform konferensi video yang dipilih, tetap gunakan sistem keamanan stardar kantor. Pastikan selalu  menggunakan aplikasi versi terkini dan menggunakan fitur-fitur keamanan yang menjadi bagian aplikasi tersebut.
  4. Ubah kata sandi perangkat internet of things dari kata sandi default saat pembelian. Hal ini untuk menghindari perangkat seperti lemari es tiba-tiba dimatikan atau TV pintar yang dialihkan ke saluran berbayar tanpa sepengetahuan.
  5. Pastikan menginstal firmware terbaru dan mengubah kata sandi pada modem router di rumah. Hal ini penting dilakukan karena pelaku kejahatan siber saat ini tahu bahwa para pegawai bekerja dari rumah.
  6. Pastikan email kerja diakses melalui firewall perusahaan dan pastikan kemanannya terlindungi untuk mengatisipasi jebakan phishing. Selalu waspada pada setiap email yang diterima dan pastikan tidak asal mengklik tautan tak jelas. Biasanya phishing dilakukan dengan mengirim email spam berisi pendekatan marketing atau seolah-olah hendak memberikan informasi terkini Covid-19. Selain ingin mendapatkan data pribadi, bisa jadi email tersebut juga mengandung tautan berisi malware.
  7. Berbelanja produk-produk yang dibutuhkan untuk penanganan Covid-19 hanya dari platform online terpercaya atau toko retail. Banyak penjahat kejahatan siber yang berpura-pura menjual produk dan menawarkan layanan pengiriman ke pihak yang dituju pembeli. Kasus ini bahkan dialami departemen pengadaan pemerintah di luar negeri karena penyedia layanan kesehatan kesulitan menyediakan alat pelindung diri (APD).
  8. Minta bagian TI perusahaan memastikan infrastruktur firewall perusahaan menerapkan threat intelligent yang dapat melihat lalu-lintas masuk dan keluar jaringan. Hal ini demi menjamin perangkat yang digunakan bekerja di rumah sudah terlindung dari kemungkinan terjadinya serangan ketika mengakses jaringan perusahaan. Apalagi cloud berperan penting dalam menghadirkan perangkat lunak sebagai layanan.
Pelaku penipuan online selalu berusaha memanfaatkan peluang yang ada. Modus mereka adalah mencari, memilih dan menipu sasarannya sepanjang hari, baik secara manual maupun otomatis. Krisis saat ini memberikan mereka peluang yang besar karena sama sekali tidak mempedulikan korbannya.

Lakukan tips-tips yang dipaparkan Palo Alto Networks tersebut. Kesadaran umum dan dukungan teknologi canggih diharapkan dapat membantu mengantisipasi kejahatan siber. Teknologi tersebut dapat melaporkan dan memblokir upaya-upaya serangan sehingga melindungi data dan informasi pribadi. Pastikan tetap bijak saat bekerja secara online dari rumah.
Share:

Follow by Email