Mi TV 4, Smart TV dengan Desain Elegan dan Bezel Super Tipis Mi TV 4, Smart TV dengan Desain Elegan dan Bezel Super Tipis ~ Teknogav.com

Mi TV 4, Smart TV dengan Desain Elegan dan Bezel Super Tipis


Teknogav.com – Saat ini Xiaomi menduduki peringkat TOP 5 brand Smart TV di dunia. Mi TV 4 adalah salah satu produk yang diluncurkan Xiaomi pada acara peluncuran produk-produk terkini Xiaomi di awal April 2020. Produk tersebut tersedia dalam dua ukuran, yaitu 55 inci dan 43 inci. Mi TV 4 55 inci merupakan flagship Smart TV terkini dengan layar terbesar yang pernah dihadirkan Xiaomi di Indonesia.

Hasil survei Nielsen Media di Indonesia yang dirilis pada Maret 2020 menunjukkan peningkatan akses internet melalui smart TV. Pertumbuhan pada tahun 2019 tersebut sebesar 17%, sedangkan pada 2017 hanya 7%. Ini berarti masyarakat Indonesia semakin akrab menggunakan smart TV.

Prosesor yang digunakan pada Mi TV 4 55" menggunakan High Speed Amlogic Quad Core 64 bit yang kinerjanya didukung RAM 2 GB. Media penyimpanan Mi TV 4 ini menggunakan eMMC berkapaistas 8 GB. Perpaduan perangkat keras tersebut memberikan pengoperasian smart TV yang cepat dan lancar.
Mi TV 4
Desain Smart TV tersebut sangat premium, dengan sentuhan akhir menggunakan teknologi Crystal Spray dan bezel yang sangat tipis, hanya 11mm. Tampilan desain tersebut minimalis namun elegan yang dapat menyatu secara sempurna dengan dekorasi ruangan.

Layar dan Audio

Mi TV 4 55” menggunakan layar LED dengan kualitas gambar 4K UHD (3840x2160 piksel) 10 bit. Dukungan 1,07 miliar warna membuat tampilan super cerah dan kaya detail. High Dynamic Range (HDR) juga telah diaplikasikan pada resolusi Smart TV ini. HDR memberikan kontras lebih baik, akurasi warna lebih tinggi mendekati penglihatan mata dan color gamut lebih luas yang membuat rentang cakupan warna lebih lebar.

Audio pada smart TV ini menggunakan dua speaker 20 W dan 6 ohm dengan sistem refleksi yang mendukung kualitas suara DTS-HD dan Dolby. Selain itu tersedia juga dukungan FLAC Audio Codec sistem speaker. Perpaduan tampilan dan audio pada smart TV tersebut menyajikan pengalaman sinematik yang memukau.

Sistem Operasi dan Konektivitas

Sistem operasi Smart TV ini menggunakan sistem operasi Android 9.0 yang dikemas antarmuka PatchWall 3.0 yang dirancang khusus untuk Indonesia. Tentu saja sistem operasi Android 9.0 sudah menyertakan Google Play Store untuk mengunduh aplikasi-aplikasi berbasis Android TV dan menonton YouTube. Layanan Google lainnya seperti Chromecast dan Google Voice Search pun dapat langsung digunakan pada Smart TV ini.

PatchWall 3.0 tersebut sudah terintegrasi dengan berbagai penyedia konten yang siap menyajikan lebih dari 700 ribu jam tayangan. Konten pun dapat ditemukan dengan mudah berkat pencarian universal PatchWall. Tersedia juga rekomendasi yang dipersonalisasi dan kategorisasi cerdas. Beberapa aplikasi streaming yang tersedia secara pre-instal mencakup Catchplay+, iFlix, HOOQ Netflix, Youtube, Spotify, dan Vidio. Khusus untuk Vidio diberikan akses platinum selama 3 bulan secara gratis.

Pada remote control tersedia tombol khusus Netflix dan Prime Video  untuk memudahkan mengakses layanan tersebut dengan cepat. Smart Control Mi Remote ini memiliki kesan minimalis dengan hanya menggunakan 14 tombol. Mi Remote ini bisa digunakan pada seluruh perangkat HDMI yang sudah didukung Consumers Electronic Controls (CEC) dan sudah disertai juga dengan Voice Control. Berpindah saluran pun dapat dengan mudah dilakukan dengan fitur Picture in Picture (PIP) yang menampilkan preview tayangan sebelum dipilih.

Konektivitas Mi TV 4 55" cukup lengkap dengan dukungan 3 port HDMI (termasuk 1 port ARC), 2 USB type-A 2.0 dan ethernet. Tersedia juga koneksi nirkabel berupa WiFi dan Bluetooth 4.2 untuk bisa terhubung ke perangkat lain. Perangkat lain tersebut bisa berupa keyboard, mouse dan pengendali game.

Ketersediaan dan Harga

Bagi yang tak menginginkan Smart TV dengan ukuran yang sangat besar, Xiaomi juga menyediakan Mi TV 4 berukuran 43 inci. Fitur-fitur yang diusung Smart TV ini sama dengan Mi TV 55 inci. Sedikit perbedaan terdapat pada pengaturan speaker ganda 8 W. Kapasitas media penyimpanan yang digunakan sama, tetapi terdapat perbedaan pada kapasitas RAM, yaitu 1 GB.

Smart TV ini memiliki resolusi Full-HD dengan kualitas suara lebih baik. Sistem operasi dan antarmuka yang digunakan sama dengan yang terdapat pada Mi TV 4 berukuran 55 inci. Kedua Smart TV trsebut siap mendukung kebutuhan hiburan, termasuk kegiatan bisnis seperti presentasi dan virtual meeting.
Harga Mi TV 4
Harga yang dibanderol pada Mi TV 4 ukuran 55 inci adalah Rp4.799.000, sangat ekonomis dibandingkan pesaing. Pre-order Smart TV tersebut dapat dilakukan mulai 9 April 2020 pukul 00.00 dan berlangsung selama tiga hari. Pembelian secara pre-order tersebut dapat dilakukan di Lazada dan mi.com. Sedangkan Mi TV 4 43" tersedia secara eksklusif di Shopee dan Mi.com dengan harga Rp3.299.000.
Share:

Artikel Terkini

Follow by Email