Huawei Beraliansi dengan Produsen Mobil Bangun Ekosfer Mobil Berteknologi 5G Huawei Beraliansi dengan Produsen Mobil Bangun Ekosfer Mobil Berteknologi 5G ~ Teknogav.com

Huawei Beraliansi dengan Produsen Mobil Bangun Ekosfer Mobil Berteknologi 5G


Teknogav.com – Perusahaan teknologi Huawei menggandeng 18 produsen mobil sebagai tahap pertama pembentukan aliansi untuk membangun ekosfer kendaraan berteknologi 5G. Tujuan aliansi tersebut adalah mempercepat pendayagunaan teknologi 5G secara komersial di kalangan industri.


Berikut ini adalah beberapa produsen mobil yang tergabung dalam aliansi dengan Huawei:
  • BYD Auto
  • Chang’an Automobile
  • Chery Holding
  • Dongfeng Motor Corporation
  • First Automobile Group
  • Great Wall Motors
  • Guangzhou Automobile Group
  • JAC Motors
  • SAIC Motor Corporation
Konvergensi antara otomotif dan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang mendalam memungkinkan kehadiran mesin pengembangan revolusioner terkini. Mesin tersebut merupakan perwujudan dari kendaraan yang terhubung secara cerdas. Kehadiran mesin tersebut tentu saja berpengaruh luar biasa bagi industri otomotif dan juga kehidupan masyarakat luas.

Berdasarkan penelitian GlobalData, Asia Pasifik (APAC) akan menjadi wilayah terdepan dalam hal adopsi teknologi 5G dengan jumlah pelanggan 1,14 miliar. Jumlah tersebut merupakan estimasi 65% dari langganan 5G global di tahun 2024. Data tersebut memiliki dampak signifikan pada berbagai segmen, seperti IoT dan otomotif.

Teknologi 5G tentu saja berperan penting dalam penyempurnaan kemampuan self driving dan fasilitas hiburan. Hal ini berkat keunggulan teknologi 5G tersebut dalam keandalan, kecepatan transmisi dan latensi rendah.

Perangkat keras komunikasi 5G pertama, MH5000 diluncurkan pertama kali pada April 2019. Seak saat itu, berbagai produk dan teknologi seperti platform T-Box disediakan Huawei bari para mitra ekosistem. Produk-produk dan teknologi tersebut ditujukan untuk mendukung inovasi jaringan 5G +C2X yang cerdas dan kendaraan berteknologi 5G.

Huawei meluncurkan produk modul fast-charging DC terkini ‘Huawei HiCharger’ di bulan April sebagai solusi untuk infrastruktur pengisian daya NEV. Selain itu Huawei juga membangun platform terbuka mengemudi cerdas. Platform tersebut ditujukan untuk mempelajari antarmuka aplikasi, kokpit cerdas, internet kendaraan dan sistem pengendalian mobil.

Produk-produk dan solusi 5G dari Huawei telah diberdayakan oleh banyak perusahaan otomotif internasional dan nasional Tiongkok selama setahun terakhir ini. Pemberdayaan tersebut dilakukan untuk mendukung peluncuran inovasi di bidang self-driving, jaringan cerdas dan layanan informasi. Berbagai inovasi yang diluncurkan perusahaan-perusahaan tersebut memungkinkan masyarakat konsumen mobil memahami manfaat keunggulan teknlogi 5G pada kendaraan secara bertahap.

“Huawei tidak membuat mobil. Kendati demikian Huawei memberdayakan TIK untuk mewujudkan rencana menjadi penyedia komponen mobil berorientasi digital beserta komponen-komponen canggihnya,” ucap Eric Xu, Rotating Chairman, Huawei.
Share:

Artikel Terkini