MediaTek Dimensity Auto Dukung Solusi Kendaraan Pintar yang Terhubung MediaTek Dimensity Auto Dukung Solusi Kendaraan Pintar yang Terhubung ~ Teknogav.com

MediaTek Dimensity Auto Dukung Solusi Kendaraan Pintar yang Terhubung

Teknogav.com – Platform otomotif Dimensity Auto dirancang MediaTek bagi produsen mobil untuk menyediakan solusi kendaraan pintar yang selalu terhubung. Portofolio lengkap Dimensity Audio mencakup Dimensity Auto Cockpit, Dimensity Auto Connect, Dimensity Auto Drive, dan Dimensity Auto Components. Dimensity Auto merupakan integrasi System on Chip (SoC) yang berkinerja baik dan hemat daya. Keandalan teknologi lintas platform MediaTek yang luas hadir pada platform Dimensity Auto, sehingga mampu memenuhi standar keandalan kelas otomotif. Berbagai keandalan tersebut mencakup solusi otomotif dengan kinerja komputasi tinggi, AI, integrasi fitur yang luas dan hemat energi.

“Kami memperluas keandalan teknologi MediaTek di segmen otomotif ke tingkat selanjutnya dengan solusi platform Dimensity Auto. Tujuan kami adalah untuk memanfaatkan keahlian puluhan tahun di beberapa kategori dalam teknologi untuk menghadirkan smart life di atas roda. Kami bekerja sama dengan merek otomotif top dunia untuk menciptakan pengalaman berkendara yang lebih intuitif, imersif, aman, dan nyaman,” ucap Jerry Yu, Corporate Senior Vice President and General Manager CCM Business Group. 

Baca juga: AMD Pamerkan Teknologi Komputasi dan Grafis Tekini di COMPUTEX 2021

Dimensity Auto Cockpit

Baik sistem kokpit, maupun hiburan merupakan hal penting dalam menyajikan pengalaman antarmuka pengguna di setiap kendaraan. Demi menyajikan pengalaman yang baik Dimensity Auto Cockpit dirancang sebagai kokpit cerdas yang cepat. Teknologi tersebut didukung pengalaman MediaTek dalam smart home dan hiburan di kendaraan bermotor. Proses manufaktur chipset yang canggih pun digunakan untuk membangun sistem tersebut demi memaksimalkan integrasi fitur, kinerja dan hemat daya.

Berikut ini adalah beberapa fitur Dimensity Auto Cockpit:

  • Portofolio lengkap solusi dengan skalabilitas perangkat keras dan perangkat lunak
  • Multi-prosesor AI berkinerja tinggi dari MediaTek dengan pembelajaran mendalam (MDLA) dan unit pemrosesan visi (MVPU)
  • Proses canggih 3n m berkinerja tinggi, konsumsi hemat energi, dan prosesor AI yang ukurannya dapat disesuaikan
  • Pemrosesan audio mikrofon didukung DSP khusus
  • Dukungan untuk beberapa kamera HDR
  • Kelengkapan streaming dan decoding hiburan menggunakan ciri khas komputasi dan multimedia MediaTek
  • Waktu boot yang cepat 
Baca juga: Huawei Beraliansi dengan Produsen Mobil Bangun Ekosfer Mobil Berteknologi 5G

Dimensity Auto Connect

Seiring pesatnya pengembangan internet pada kendaraaan, portofolio teknologi komunikasi nirkabel pun MediaTek andal dalam industri masa depan always-connected vehicle. Portofolio MediaTek tersebut mencakup 5G, Wi-Fi, Bluetooth, navigasi, dan komunikasi satelit Non-Terresrial Network (NTN). Dimensity Auto Connect membantu pengendara tetap terhubung secara konsisten dengan sekitarnya. Hal tersebut dapat dilakukan melalui perpaduan telematika berkecepatan tinggi dan jaringan Wi-Fi berkinerja tinggi.

Berikut ini adalah beberapa fitur konektivitas dari Dimensity Auto Connect:

  • Teknologi komunikasi otomotif terkini berdasarkan standar terbuka 3GPP. Beerapa teknologi yang mencakup teknologi MediaTek 5G NTN, 5G RedCap menyajikan kinerja lebih baik dibandingkan teknologi 4G dan lainnya
  • Jangkauan lebih luas dan kecepatan data multi-gigabita berkat 5G Sub-6Ghz dengan teknologi Carrier Aggregation
  • Wi-Fi 7 dengan teknologi pelepasan perangkat keras MediaTek sehingga menghemat sumber daya komputasi CPU
  • Dukungan interoperabilitas tinggi dan koeksistensi berbagai standar jaringan nirkabel, mencakup Wi-Fi, Bluetooth, dan 5G
  • Jangkauan Global Navigation Satellite System (GNSS) yang menyeluruh untuk pemetaan lebih akurat

Dimensity Auto Drive dan Dimensity Auto Components

Solusi Advanced drive-assistance system (ADAS) disajikan Dimensity Auto Drive dengan memanfaatkan kinerja tinggi AI processing Unit (APU). Dimensity Auto Drive juga menyajikan platform terbuka yang ukurkannya dapat disesuaikan dan menyeluruh. Kemampuan tersebut mampu menyediakan bantuan cerdas dan solusi berkemudi otonom bagi produsen mobil.

Pasar otomotif membutuhkan berbagai komponen, sehingga MediaTek memperkenalkan Dimensity Auto Components. Ini adalah chipset kelas otomatif yang andal dan komponen berdiri sendiri untuk kendaraan pintar generasi mendatang. Chipset ini dirancang dengan investasi berkelanjutan di pasar otomotif dan teknologi terkini MediaTek yang cocok untuk industri otomotif. Berikut ini adalah beberapa teknologi terkini dari MediaTek tersebut:

  • Solusi pengelolaan daya yang lebih baik saat berkendara
  • Dukungan teknologi layar terintegrasi yang canggih sehingga bisa menggunakan layar OLED yang fleksiber dan besar. Selain itu, tersedia juga opsi multi-tampilan untuk unit mobil listrik baru
  • Dapat menentukan posisi dan navigasi kendaraan di setiap suasana, bahkan saat di basement, terowongan dan zona blank spot satelit
Baca juga: Ingin Hadir di CES 2019, Robot Ini Malah Mati Tertabrak Mobil Tesla 

Komitmen Otomotif MediaTek

Pertumbuhan permintaan terhadap elektronik di kendaraan belangsung secara eksponensial. MediaTek menggunakan pendekatan human-centric dalam pengembangan produk merupakan bagian dalam pertumbuhan tersebut. Investasi dalam teknologi otomotif yang inovatif merupakan komitmen MediaTek.

Komitmen MediaTek tersebut akan menyediakan portofolio komputasi berkinerja tinggi yang andal, pintar dan hemat energi di pasar global. Kerja sama dengan mitra dan peanggan global akan senantiasa dijalin MediaTek demi memperluas portofolio produk otomotif saat ini. Upaya tersebut sesuai komitmen keterbukaan untuk bersama-sama mempromosikan percepatan sistem, ekosistem dan pengalaman pengguna. Harapannya, hal ini dapat merevolusi kendaraan pintar yang selalu terhubung.

Share:

Artikel Terkini