9 Alasan ASUS ExpertBook B9450 Jadi Laptop Bisnis Ringan Andalan 9 Alasan ASUS ExpertBook B9450 Jadi Laptop Bisnis Ringan Andalan ~ Teknogav.com

9 Alasan ASUS ExpertBook B9450 Jadi Laptop Bisnis Ringan Andalan


Teknogav.com - Pada 2 Juni 2020 kemarin, ASUS memperkenalkan laptop bisnis andalannya, yaitu ASUS ExpertBook B9. Keistimewaan dari laptop ini terutama pada bobotnya yang begitu ringan, hanya 0,87 kg dan daya tahan baterai sampai 24 jam.  ASUS pun menggadang-gadang sembilan alasan mengapa laptop bisnis ini  pas digunakan untuk memudahkan segala kegiatan bisnis. Yuk simak apa saja!

1. Ringan, Hanya 870 gram

Seperti telah disinggung sebelumnya, bobot ASUS ExpertBook B9450  sangat ringan, hanya 870 gram. Bobot 870 gram berlaku untuk laptop yang menggunakan baterai 33 Whr. Sedangkan untuk laptop dengan baterai 66 Whr bobotnya 995 gram. Hal ini dicapai berkat penggunaan bahan Magnesium lithium yang 16% lebih ringan dibandingkan model sebelumnya. Bobot ini yang ringan ini membuatnya mudah dibawa bepergian untuk menemani bekerja setiap saat di segala lokasi.

Perancangan laptop ASUS ExpertBook B9450 ditempa dengan 21 tahap demi mencapai kesempurnaan. Demi membuat laptop ini bertahan dari karat, digunakan metode Micro-arc oxidation (MAO). Proses CNC pada laptop dilakukan untuk menambahkan kekuatan.

ASUS menyematkan layar 14 inci dalam chassis berukuran 13 inci pada ExpertBook B9450 sehingga begitu ringkas. Hal ini berkat layar yang memiliki bingkai sangat tipis hanya 4 mm. Rasio layar-ke-bodi pun cukup besar, yaitu 94%.

Ketebalan ExpertBook B9450 hanya 14,9 mm, hampir sama dengan diameter baterai AA. Saking ringkasnya, latop ini muat untuk dibawa dengan segala jenis tas tangan. Bobot yang ringan juga memungkinkan untuk digenggam hanya dengan satu tangan.

2. Daya Tahan Baterai 24 Jam

Jimmy Lin, ASUS Regional Director Southeast Asia mengatakan bahwa dalam bisnis waktu sangat berharga. Sumber daya ExpertBook B9450 mampu bertahan sampai 24 jam. Tak perlu khawatir laptop mati saat di tengah pekerjaan, tak perlu panik mencari terminal listrik. Kegiatan bisnis dapat tetap berjalan lancar tanpa harus terhubung ke sumber listrik. Laptop bisnis ini tersedia dalam dua pilihan baterai, yaitu 33 Wh dan 66 Wh. Baterai 33 Wh mampu bertahan sampai 12 jam penggunaan, sedangkan untuk baterai 66 Wh sanggup bertahan sampai 24 jam penggunaan.

Hematnya daya tahan baterai ExpertBook B9450 berkat andil berbagai teknologi terkini yang mencakup prosesor dan layar. Teknologi layar tersebut menggunakan Panel Self Refresh (PSR) yang dilengkapi memori khusus terintegrasi. Memori tersebut memungkinkan proses tampilan statis layar tak melalui chip gratis, sehingga konsumsi daya bisa dikurangi sampai 1 watt. Sementara itu pemrosesan tampilan layar memakan chip grafis dengan konsumsi daya sampai 3 watt.


Layar dengan teknologi PSR memang memiliki konsumsi daya di bawah standar layar umumnya. Padahal biasanya layar menjadi salah satu komponen yang mengonsumsi daya paling tinggi pada laptop. Teknologi PSR ini cocok bagi pengguna yang menggunakan aplikasi bisnis dan kantoran seperti Microsoft Office, dokumen PDF dan gambar statis.

Tim riset dan pengembangan ASUS juga berhasil menciptakan inovasi untuk memaksimalkan setiap ruang dalam laptop agar bisa diisi baterai. Bahan yang digunakan pada baterai tersebut adalah Lithium polimer.

3. Sertifikasi US Military Grade

Ketangguhan dari ExpertBook B9450 sudah teruji dengan sertifikasi US Military Grade MIL-STD810G. Pengujian dilakukan dengan total 23 prosedur untuk menjamin kekuatan laptop dalam 10 kategori. Pengujian mencakup uji suhu dadakan, uhi goncangan, uji getaran, uji Sand & Dust, uji getaran kapal, uji ketinggian, uji suhu tinggi, uji suhu, uji atmosfer  peledakan, uji lingkungan peledakan dan terakhir uji jamur.

Pengujian juga dilakukan pada engsel layar laptop dengan membuka tutup layar, hasilnya siklusk buka tutup engsek ExpertBook B9450 ini lebih banyak 150%. Motherboard pada laptop dilengkapi juga dengan bantalan peredam karet agar tahan terhadap goncangan. Laptop ini tahan melewati uji beban pada panel menggunakan beban dengan bobot 30 kg. Demi memperkuat ketangguhan, laptop ini diracang dengan struktur kisi-kisi.

4. Kinerja Tangguh Prosesor Intel Core Gen-10

ASUS menyediakan dua pilihan prosesor pada ExpertBook B9450, yaitu Intel Core i5-10210U dan Intel Core i7-1051OU. Pada penggunaan untuk memenuhi kebutuhan standar, maka bisa memilih varian prosesor Intel Core i5-1021OU. Jika perlu keinerja lebih, maka bisa memilih prosesor Intel Core i7-1051OU.

Prosesor Intel Core Gen-10 yang digunakan ExpertBook B9450 merupakan salah satu faktor yang membuat baterai bertahan lebih lama bahkan seharian. Baterai yang lebih awet tersebut juga berkat penggunaan cTDP sebesar 10 sampai 25 watt pada laptop. Keandalan lain dari prosesor ini adalah kemampuan bekerja lebih cepat.

Kinerja laptop didukung oleh memori LPDDR3 2133 MHz dengan kapasitas 16 GB. Media penyimpanannya memakai SSD PCIe 3.0 x 4 M.2 yang kecepatannya dua kali lebih cepat dari PCIe x2. Laptop ini bisa menggunakan SSD ganda dengan kapasitas maksimal masing-masing 1 TB, sehingga kapasitas totalnya bisa mencapai 2 TB.


5. Sistem Pendingin yang Ditingkatkan

Modul termal canggih laptop yang bertugas menjaga suhu pada laptop tetap dingin berukuran 25% lebih kecil dari generasi sebelumnya. Kendati demikian tidak mengorbankan kemampuan untuk melakukan pendinginan. Desain heatsink sistem tersebut miring, dengan struktur tunggu dan sirip aluminium alloy. Kemampuan untuk mendinginkan wilayah di bawah keyboard sampai 70%. Pendinginan tersebut dijaga dengan lembaran grafit yang lebih lebar.

6. Konektivitas Modern

Port yang tersedia pada laptop cukup lengkap, mencakup 2 port Thunderbolt 3 tipe-C, 1 port USB 3.2 (Gen 1) Tipe-A, 1 port HDMI, 1 jack RJ45 melalui port mikro HDMI, dan 1 audio jack. Koneksi internet dapat dilakukan melalui port Micro HDMI yang cocok untuk lingkungan bisnis yang tak menyediakan internet nirkabel.

Kecepatan Thunderbolt 3 ini sampai 40 Gbps, dua kali lebih cepat dibandingkan Thunderbolt. Selain memiliki kemampuan transfer data yang cepat, port tersebut juga bisa digunakan sebagai Display Port dan pengisian daya. Laptop bahkan bisa dihubungkan ke layar ganda 4 K melalui port Thunderbold 3 sehingga memaksimalkan ruang kerja tanpa batas.

7. Premium User Experience

Kemampuan laptop untuk diintegrasikan dengan smartphone dapat dilakukan mulus dengan Link to May ASUS. Fitur-fiturnya mencakup transfer file, transfer URL, menelpon, akses file jarak jauh, screen mirroring dan screen extender. Desain engsel Ergolift kembali diterapkan pada ExpertBook B9450. Posisi mengetik pun lebih nyaman dan juga memaksimalkan kinerja sistem pendinginan dan audio.

Keyboard dilengkapi dengan backlit yang memudahkan untuk melihat karakter pada tombol. Lapisan tahan tumpahan air pun dilengkapi pada keyboard untuk mencegah kerusakan jika tak sengaja menumpahkan air minum saat bekerja. Trackpad yang berada di bawah keyboard juga bisa berfungsi sebagai NumberPad 2.0 eksklusif. Jadi memudahkan pekerjaan yang banyak berurusan dengan angka.

8. Advanced Video Conferencing

Masalah-masalah yang biasa dihadapi saat konferensi video mencakup keamanan, suara latar yang bising dan kendala latensi. ExpertBook B9450 mampu mengatasi keamanan dengan memberikan pelindung fisik pada webcam yang siap memberikan privasi pribadi. Sedangkan untuk mengatasi suara yang tak diinginkan laptop ini dibekali dengan empat mikrofon yang menggunakan teknologi noise-canceling. Kecanggihan audio pun diperkuat dengan speaker yang disertifikasi Harman-Kardon.
privasi pada webcam
Kendala pada latensi dapat diatasi dengan teknologi ASUS Wi-Fi Master. Koneksi yang mulus dan lebih stabil ditunjang oleh WiFi 6 yang kecepatannya tiga kali lipat dibandingkan WiFi 5. Teknologi tersebut pun memiliki jangkauan lebih luas, yaitu sampai radius 300 meter.

9. Enterprise-grade Security

Keamanan tingkat enterprise pada ExpertBook B9450 mencakup manajemen teknologi informasi (TI), keamanan data dan proteksi hardware. Manajemen TI pada laptop diamankan dengan fitur Trusted Platform Module (TPM) dan ASUS Control Center. Pengaturan kelas bisnis bisa dilakukan dengan ASUS Control Center, ASUS Business Manager dan ASUS UEFI BIOS. ASUS Control Center dapat mengelola TI secara terpusat, sedangkan ASUS Business Manager mengendalikan komputer pribadi dengan mudah.

Identifikasi untuk login ke laptop bisa menggunakan fitur-fitur sensor sidik jari, pengenalan wajah menggunakan Windows Hello, kata sandi pada BIOS dan HDD. Sementara keamanan data didukung dengan pemblokiran USB, pemusnah file dan pelindung privasi pada web cam. Laptop juga dilengkapi dengan slot Kensington Security yang siap melindungi laptop dari pencurian.

Harga dan ketersediaan

ASUS ExpertBook B9450 ditujukan untuk pengguna korporat, kendati demikian penggunaan secara pribadi juga memungkinkan.  Laptop ini dibanderol dengan harga mulai Rp27.499.000 dan memiliki warna Star Black. Pembelian laptop bisa dilkukan di Bhinneka, Blibli dan Tokopedia.

Spesifikasi ASUS ExpertBook B9450


CPU
Intel® Core™ i5-10210U Processor 1.6 GHz (6M Cache, up to 4.2 GHz)
Intel® Core™ i7-10510U Processor 1.8 GHz (8M Cache, up to 4.9 GHz)
Sistem Operasi
Windows 10 Pro
Windows Home Solution
Memori
8GB / 16GB 2133MHz LPDDR3 onboard (dual channel support)
Media Penyimpanan
Dual M.2 NVMe PCIe® 3.0 x4
512GB / 1TB SSD (up to dual 1TB)
Layar
14.0" (16:9) LED backlit FHD (1920x1080) Anti-Glare, 100% sRGB, 300 nits
Grafis
Intel UHD Graphics 620
Input/Output
2x Thunderbolt™ 3 Type-C, 1x USB 3.2 (Gen1) Type-A, 1x HDMI, 1 x RJ45 LAN via micro HDMI port, 1x Audio Jack, 1 x Kensington® lock slot
Kamera
Kamera HD 720p dengan mikrofon; kamera IR dengan dukungan Windows Hello
Konektivitas
Wi-Fi 6 (802.11ax), Bluetooth 5.0
Audio
2 speaker stereo terintegrasi dengan sertifikasi harman/ kardon, Array microphone with Cortana, Quad 360° far-field microphones (support noise cancellation)
Baterai
4 -Cell 66Wh lithium-polymer long life rechargeable battery
2 -Cell 33Wh lithium-polymer long life rechargeable battery
Keamanan
Trusted Platform Module TPM 2.0 embedded security chip, Windows Hello with facial recognition software, fingerprint sensor, webcam shield, kensington lock slot, ASUS Business Manager with secure drive setting and lock control to USB storage devices
Dimensi
32.0(W) x 20.2(D) x 1.49(H) cm
Bobot
0,870 kg dengan baterai 33 W
0,995 kg dengan baterai 66 W
Colors
Star Black
Price
Rp27.499.000 (Core i5, 512GB SSD, 8GB RAM, 33Whr battery, Win 10 Home)
Rp28.499.000 (Core i5, 512GB SSD, 16GB RAM, 66Whr battery, Win 10 Home)
Rp30.999.000 (Core i5, 512GB SSD, 16GB RAM, 66Whr Battery, Win 10 Pro)
Rp32.499.000 (Core i7, 1TB SSD, 16GB RAM, 66Whr battery, Win 10 Home)
Rp34.999.000 (Core i7, 1TB SSD, 16GB RAM, 66Whr Battery, Win 10 Pro)
Rp36.999.000 (Core i7, 2x1TB SSD, 16GB RAM, 66Whr Battery, Win 10 Pro)
Garansi
3 tahun layanan garansi di tempat
 
 
 
Share:

Artikel Terkini

Follow by Email