ASUS ExpertBook B9, Laptop Bisnis Flagship Paling Ringan ASUS ExpertBook B9, Laptop Bisnis Flagship Paling Ringan ~ Teknogav.com

ASUS ExpertBook B9, Laptop Bisnis Flagship Paling Ringan

Teknogav.com - ASUS kembali melakukan penyegaran di lini produk laptop bisnis, yaitu pada laptop flagship ExpertBook B9 (B9400). Pasar laptop ini adalah para eksekutif C-level, mulai dari perusahaan rintisan sampai enterprise di berbagai sektor industri. Kini laptop ExpertBook B9 sudah ditenagai prosesor Intel Core i7-1255U dan menggunakan sistem operasi Windows 11 Pro.

Kinerja prosesor tersebut didukung RAM berkapasitas 32 GB yang mendukung kegiatan multitasking berat. Sementara itu, media penyimpanan didukung SSD PCIe 3.0 NVMe M.2 berkapasitas 2 TB. Kapasitas media penyimpanan ini krusial bagi pengguna, terutama level eksekutif yang banyak menyimpan data kritikal perusahaan. Sementara itu, prosesor grafis menggunakan  Iris Xe. Laptop ini cocok untuk bisnis dan dapat menyajikan kinerja yang cepat dan responsif.

Baca juga: ASUS ExpertBook B9400, Laptop Bisnis Premium Bagi Profesional Dinamis

“Sama halnya dengan segmen consumer laptop, segmen bisnis juga perlu mengikuti tren perkembangan teknologi. Bedanya, segmen bisnis membutuhkan perangkat yang tersedia luas dalam kuantitas yang jauh lebih besar. ASUS ExpertBook B9 (B9400) menjawab tantangan tersebut dan merupakan solusi yang tepat,” ucap Jimmy Lin, Regional Director ASUS South East Asia.

ASUS ExpertBook B9400

Fitur-fitur ExpertBook B9

Sumber daya laptop mengandalkan baterai dengan daya yang awet, ketika baterai dalam kondisi penuh, laptop ini dapat bertahan sampai 16 jam. Teknologi pengisian daya cepat pun mempercepat pengisian daya sampai 60% hanya dalam 44 menit, sehingga sangat mendukung mobilitas. ExpertBook B9 cocok untuk bekerja hybrid berkat dukungan fitur webcam AI enhanced, teknologi ASUS AI noise-cancelling dan Dolby Atmos. Audio multi-dimensi dapat dihasilkan oleh fitur Dolby Atmos tersebut. Hasilnya, panggilan konferensi dapat terdengar jelas berkat fitur-fitur tersebut. 
 

Keamanan Kelas Bisnis

Fitur-fitur kelas enterprise yang kuat pada laptop ini menawarkan keamanan yang sesuai untuk bisnis. Keselamatan dan perlindungan serius disajikan untuk perangkat premium ini dan data yang disimpan di dalamnya. Sensor NFC yang terintegrasi pada ASUS NumberPad memudahkan masuk sistem lebih cepat dan aman dengan menempelkan kartu yang sudah diotorisasi. Keberadaan pengguna dapat dideteksi dengan ASUS AdaptiveLock yang dipadukan dengan kamera inframerah terintegrasi. Kamera tersebut dapat mengenali wajah dan masuk sistem tanpa perlu menempel jari.
 
Ketika pengguna menjauhi laptop, ExpertBook B9 otomatis terkunci untuk melindungi laptop dan datanya. Selain itu, tersedia juga penutup fisik yang dapat menutup webcam untuk menjaga privasi saat tak menggunakan kamera. Tentu saja laptop ini tetap dibekali sensor sidik jari untuk mengakses sistem dengan mudah menggunakan keamanan biometrik bawaan. Cukup tekan tombol untuk masuk, tidak perlu memasukkan kata sandi atau pin.

Tersedia juga chip TPM 2.0 diskret untuk menyimpan informasi autentikasi yang dipakai perangkat lunak. Informasi ini mencakup kata sandi atau kunci enkripsi untuk melindungi data dan transaksi penting. Fungsi chip ini adalah menjaga data-data tetap terenkripsi dan menghilangkan risiko kebocoran melalui peretasan. Selain itu, tersedia juga slot kunci Kensington yang siap mengamankan laptop secara fisik saat ditinggal pergi.

ASUS ExpertBook B9400

Desain ExpertBook B9

ExpertBook B9 (B9400) merupakan laptop bisnis yang menggunakan layar 14 inci dengan bezel sangat tipis di sekeliling layar. Tipisnya bezel tersebut membuat dimensi laptop ringkas, sehingga dapat dimasukkan dalam chassis untuk laptop 13 ini. Ketebalan laptop ini 14,9 mm dan bobotnya hanya 880 gram sehingga sangat portabel. Bobot laptop tersebut paling ringan di antara laptop produksi ASUS lain. Laptop ini dibangun dengan bahan magnesium-lithium alloy premium.

Cover penutup dan sekeliling keyboard dibentuk secara presisi menggunakan CNC yang akurasinya tinggi. Teknik tersebut mampu memotong logam padat dan tunggal dengan akurat, sehingga mengurangi rongga internal yang tak perlu dalam casing. Rangka yang dihasilkan pun lebih kuat dibandingkan dengan metode penempaan logam tradisional. Perpaduan teknik ini dengan penggunaan bahan magnesium-lithium pada penutup dan penguatan struktual menghasilkan rangka yang lebih kuat. Hasilnya, ketangguhan ExpertBook B9 sesuai dengan standar militer Amerika Serikat, yaitu MIL-STD 810H.

Baca juga: Review ASUS ExpertBook B9450, Laptop Bisnis Ringan dengan Military Grade

Pengujian in-house yang luas dan ketat dilalui saat produksi, termasuk panel-tekanan, uji guncang dan jatuh. Proses tersebut dilakukan untuk menangani lingkungan bisnis yang keras. Laptop ini juga ramah lingkungan sesuai komitmen ASUS dalam menciptakan masa depan yang berkelanjutan. Kepedulian terhadap lingkungan ini dimulai dari tahap produksi sampai daur ulang akhir. Efisiensi energi pun tinggi yang dijamin dengan sertifikasi ENERGY STAR® 8.0 dan EPEAT Gold, sehingga mengurangi biaya jangka panjang. Kemasan laptop ini pun ramah lingkungan dengan kotak aksesori yang bersertifikat Forest Stewardship Council (FSC). Selain dibuat dengan material daur ulang, kemasan ini juga bisa dimanfaatkan sebagai penyangga laptop.

Spesifikasi ASUS ExpertBook B9 (B9400)

CPU

Intel® Core™ i7-1255U Processor 12M Cache (10 core 12 thread, up to 4.70 GHz)

Sistem operasi

Windows 11 Pro

Memori

LPDDR5X 5200 MHz on-board 32 GB

Media Penyimpanan

SSD PCIe® 3.0 Performance NVMe™ M.2 2 TB

Layar

14 inci, FHD (1920 x 1080) 16:9, Wide view, Anti-glare display, LED Backlit, 400nits, sRGB: 100%, Screen-to-body ratio: 94

Prosesor Grafis

Intel® Iris® Xe Graphics

Input/Output

1x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 2x Thunderbolt™ 4 for display and power delivery, 1x HDMI 2.0b, 1x micro HDMI (supports RJ45 LAN), 1x 3.5mm Combo Audio Jack

Konektivitas

Wi-Fi 6 (802.11ax) (Dual band) 2*2 + Bluetooth® 5.1

Kamera

720p HD camera with IR function to support Windows Hello with privacy shutter

Audio

Audio by DTS, built-in speaker, array microphone, harman/kardon (Premium)

with Cortana and Alexa voice-recognition support

Baterai

66 WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion

Dimensi

32.00 x 20.30 x 1.49cm

Bobot

0,98 kg

Harga

Rp40.799.000

Garansi

Garansi On-Site Service ASUS Expert 3 tahun


Share:

Artikel Terkini