Qualcomm Snapdragon™ 690, Mobile Platform Seri-6 Pertama dengan 5G Qualcomm Snapdragon™ 690, Mobile Platform Seri-6 Pertama dengan 5G ~ Teknogav.com

Qualcomm Snapdragon™ 690, Mobile Platform Seri-6 Pertama dengan 5G


Teknogav.com – Qualcomm Technologies, Inc. Memperkenalkan Snapdragon 690 5G Mobile Platform, ini adalah mobile platform seri 6 pertama yang sudah didukung teknologi 5G. Tak hanya kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI), chipset ini juga mendukung on-device AI yang siap memberikan pengalaman menyenangkan. Beberapa OEM/ODM yang akan menggunakan chipset ini pada smartphone mereka adalah HMD Global, LG Electronics, Motorola, Sharp, TCL dan Wingtech.


“Sampai saat ini lebih dari 375 desain 5G diluncurkan atau dalam pengembangan menggunakan solusi 5G Qualcomm Technologies. Qualcomm memimpin penyebaran 5G di seluruh tingkat berbeda untuk menghadirkan AI dan pengalaman gaming generasi selanjutnya yang semakin luas. Perluasan 5G ke Snapdragon seri 6 berpotensi memudahkan akses 5G bagi lebih dari 2 miliar pengguna smartphone di seluruh dunia,” ucap Cristiano Amon, President, Qualcomm Incorporated.

Cristiano Amon, President, Qualcomm Incorporated sumber: Qualcomm
Chipset Snapdragon 690 ini mendukung 4K HDR (true 10-bit). Dukungan tersebut memungkinkan untuk menangkap lebih dari satu miliar warna dan memotret foto dengan resolusi sampai 192 MP. Snapdragon 690 juga mendukung penggunaan layar dengan refresh rate 120 Hz dan pengalaman antarmuka yang mulus. Konektivitas 5G yang mampu dihadirkan chipset ini tentunya memberika akses superior ke game multi-player berbasis cloud secara virtual. Gamer pun dapat bermain setiap saat di mana saja.

Qualcomm AI Engine generasi ke-5 terkini merupakan salah satu teknologi yang disematkan pada Snapdragon 690. Teknologi tersebut memungkinkan smart camera dan video, penerjemah suara, pencitraan berbasis AI dan pengalaman gaming yang ditingkatkan dengan AI. Jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, CPU Qualcomm Kryo 560 meningkatkan kinerja Snapdragon 690 sampai 20%. Pengoptimalan modem 5G Snapdragon X51-RF System pada chipset ini menghadirkan kecepatan multi-gigabit dan jangkauan 5G yang superior di seri 6.

Dukungan OEM/ODM Pada Snapdragon 690

HMD Global merupakan produsen smartphone pertama yang menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 765 5G untuk memberikan pengalaman 5G pada pelanggannya. Smartphone pertama yang menggunakan chipset tersebut adalah Nokia 8.3 5G. Penggunaan chipset dengan dukungan 5G tersebut mewujudkan visi HMD global untuk memberikan pengalaman 5G global yang siap untuk masa depan. HMD Global pun menyampaikan antusiasme mereka atas kehadiran Snapdragon 690 Mobile

“Visi kami pada 5G yang siap untuk masa depan dan global 5G roaming dapat diakses lebih banyak penggemar ponsel Nokia. Pelanggan dapat mengharapkan pengalaman 5G yang disajikan PureDisplay kami dan inovasi ZEISS Imaging pada harga yang lebih terjangkau. Kami tak sabar untuk membagikan rincian produk-produk yang menarik lebih lanjut,” ucap Juho Sarvikas, Chief Product Officer, HMD Global.

Sementara itu Sergio Burniac, President Mobility mengungkapkan komitmen mereka untuk memperluas 5G pada portofolio mereka. Hal ini dilakukan dengan mengandalkan Snapdragon 690 Mobile Platform. Baginya aksesibilitas 5G ke lebih banyak pelanggan di dunia sangat penting seiring dengan perluasan jaringan.

“5G mendefinisikan ulang cara konsumen berinteraksi dengan perangkatnya. LG mendukung untuk membawa teknologi ini ke produk-produk dengan harga lebih rendah melalui pengitegrasian Snapdragon 690 Mobile Platform,” ucap Dr. In-Kyung Kim, Senior Vice President, 5G dan Network Technology dan Strategy, LG Electronics.

Selama ini TCL sudah memproduksi smartphone menggunakan chipset Snapdragon 7 series 5G Moble Platform. Chen Ji, General Manager pada Global Produc Center dan Vice President TCL Communication mengungkapkan dukungannya pada peluncuran Snapdragon 690 Mobile Platform. Beliau menyampaikan komitmen TCL untuk menghadirkan perangkat hemat biaya dan terjangkau dengan kemampuan 5G. Mereka menantikan untuk bisa menghadirkan teknologi tersebut kepada lebih banyak konsumen.

“Di Sharp, perluasan 5G sangat penting bagi perusahaan. Kami sangat mendukung mobile platform 5G pertama Snapdragon seri 6 oleh Qualcomm Technologies” ucap Shigeru Kobayashi, General Manager, SHARP Personal Communication Division.

Wang Hao, President of Sales Wingtech juga mengungkapkan ketidak sabarannya untuk menghadirkan produk-produk 5G bagi pelanggan dengan berbagai tingkatan harga. Perusahaan ini pun sudah mengembangkan perangkat-perangkat untuk OEM global berbasis solusi 5G dari Qualcomm Technology.

Berbagai perangkat yang menggunakan chipset Snapdragon 690 diharapkan sudah tersedia secara komersial pada semester kedua tahun 2020.  Sejumlah lebih dari 1.800 perangkat dengan seri 6- sudah diumumkan dan sedang dalam pengembangan dengan kehadiran Snapdragon 690 ini.
Share:

Artikel Terkini

Follow by Email