Tips dan Trik Content Creator dan Entrepreneur Ala Arief Muhammad Tips dan Trik Content Creator dan Entrepreneur Ala Arief Muhammad ~ Teknogav.com

Tips dan Trik Content Creator dan Entrepreneur Ala Arief Muhammad


Teknogav.com – Beberapa waktu lalu, Smartfren telah meluncurkan Exclusive Membership Plan POWER UP. Langkah ini pun ditindaklanjuti Smartfren dengan mengadakan sesi POWER UP Talks bersama Arief Muhammad di aku YouTube Smartfren. Acara tersebut digelar pada Jumat 26 Juni 2020 untuk berbagi pengalaman merintis karis menjadi content creator dan entrepreneur.

Eksistensi Arief dimulai pada tahun 2009 ketika mengelola akun Twitter @poconggg secara anonim. Kepopuleran akun tersebut dapat menghidupinya selama tinggal di perantauan. Ketika jati dirinya terkuak, para penggemar Arief tetap senantiasa jadi follower. Kendati demikian tetap ada pasang surut dalam menjalani karir sebagai selebtwit. Dia sempat terdesak ketika media sosial yang diandalkan sepi, bermodalkan Rp3 juta dia pun memulai bisnis sate.
Arief Muhammad, content creator dan entrepreneur

Adaptasi pun dilakukan menyesuaikan dinamika berbagai platform seperti Twitter, AskFM dan YouTube. Yuk simak tips yang diberikan Arief ini untuk menjadi content creator yang sukses.

1.    Mencintai Profesi yang Dijalani

Arief terjun bermain Twitter mulai tahun 2009, saat itu jumlah follower terbanyak hanya sekitar 70 ribu atau 80 ribuan. Istilah selebtweet atau selebgram belum dikenal saat itu, namun dia menekuni profesi tersebut dengan beradaptasi dengan situasi dan tuntutan.

“Kini ketika ditanya apa pekerjaanmu, kamu sudah bisa menjawab selebtweet, selebgram, Youtuber, atau blogger karena pride profesi itu sudah ada. Berbeda dengan dulu saat belum ada pembuktian terhadap profesi tersebut. Tantangannya dulu adalah mencintai profesi yang kita lakukan, karena dulu belum keren untuk dicintai,” ucapnya.

2.    Rajin Riset

Salah satu kunci untuk membuka peluang adalah dengan riset yaitu dengan mengulik berbagai hal. Tak perlu malu atau mempedulikan omongan orang. Dahulu Arief memulai bisnis berjualan sate di trotoar pinggir jalan saat ekonomi sedang sulit. Kemudian bermodalkan Rp3 juta dia berjualan sate dengan gerobak dan menerapkan berbagai strategi. Setahun beroperasi, kini ada 100 cabang yang tersebar di seluruh Indonesia. Fokus dan Konsisten menjadi faktor yang penting untuk sukses.

3.    Selaraskan Idealisme dengan Realita

Ketika membuat konten harus memiliki prinsip, idealism penting, tetapi harus disertai pengelolaan yang membuatnya lebih fleksibel atau bisa beradaptasi. Di dunia kerja tak semua idealism bisa dipakai, harus dapat mengatur porsi antara idealis dan realistis.

4.    Pelajari Referensi Sebanyak Mungkin

Seorang content creator harus mempelajari banyak referensi agar lebih mudah membentuk identitas khasnya. Hal ini agar tidak terlalu menyerupai gaya satu orang yang diidolai, jika ada banyak  referensi maka bisa membentuk identitas sendiri.

5.    Jangan Fokus Kaya Raya

Salah satu tujuan seorang content creator atau entrepreneur adalah menjadi kaya raya, padahal fokus untuk berkarya lebih penting. Sebaiknya content creator fokus pada keinginan untuk bekerja cerdas, bekerja keras dan mempersiapkan diri menyambut peluang. Sebenarnya di sekitar banyak peluang, tetapi kadang tak sadar, sebaiknya persiapkan diri sehingga ketika peluang datang sudah siap.

Arief Muhammad telah berhasil membuat konten digital yang menyarakan kebaikan dan berdampak besar bagi masyarakat.  Kisah mengenai mimpi, kerja keras, keberanian dan passion untuk membuka peluang menjadi visi yang menginspirasi Smartfren menciptakan produk terkininya. Produk tersebut adalah Exclusive Membership Plan POWER UP. Smartfren memperkenalkan produk tersebut ke publik bersama Arief sebagai salah satu POWER UP Muse untuk POWER UP.

Pada 8 Juli 2020 nanti, Smartfren akan kembali menghadirkan content creator yang juga influencer dan YouTuber, yaitu Karin Novilda. Kali ini Karin sebagai POWER UP Muse akan berbagi kisah bertema ‘Mengubah Keterbatasan Jadi Kekuatan’. Dalam kesempatan tersebut Karin akan memaparkan cara memanfaatkan kekurangan diri menjadi kekuatan. Sesi tersebut ditayangkan secara streaming di YouTube Smartfren pada Rabu, 8 Juli 2020 pukul 18.00 – 19.00 WIB.

Informasi mengenai POWER UP dapat dilihat pada tautan ini, sedangkan untuk pendaftaran bisa dilakukan melalui www.smartfren.com/powerup atau di aplikasi MySmartfren.
Share:

Artikel Terkini

Follow by Email