VMware dan Dell EMC Optimalkan Penggunaan GPU untuk Aplikasi AI VMware dan Dell EMC Optimalkan Penggunaan GPU untuk Aplikasi AI ~ Teknogav.com

VMware dan Dell EMC Optimalkan Penggunaan GPU untuk Aplikasi AI


Teknogav.com - VMware mengintegrasikan teknologi Bitfusion ke vSphere 7 setelah mengakuisisi Bitfusion tahun lalu. Integrasi tersebut menghasilkan kapabilitas baru untuk medukung perusahaan dalam menggabungkan sumber-sumber GPU server dan berbagai pemakaian lain pada data center. Dell Technologies juga menyediakan Dell EMC Ready Solution for AI: GPU-as-a-Service untuk mengoptimalkan penggunaan GPU dalam mendukung proyek-proyek AI. Proyek tersebut mencakup analisis perspektif, machine learning (ML) dan deep learning.


VMware vSphere 7 dengan Fitur Bitfusion

Bitfusion menyajikan platform peranti lunak yang menyertai sumber-sumber fisik khusus dari server. Hal ini memungkinkan penggunaan GPU bersama-sama di lingkungan tervirtualisasi. GPU akan berperan sebagai kumpulan sumber untuk diakses jaringan, bukan sebagai sumber yang berdiri sendiri di tiap server. Platform ini juga mendukung akselerator lain seperti ASIC dan FPGA. VMware mengakuisisi Bitfusion tahun lalu untuk bisa mengintegrasikan teknologi ini ke VMware vSphere. Bitfusion juga berencana menambah sejumlah kapabilitas unik lain untuk GPU yang saat ini tersedia di VMware vSphere.
sumber: VMware

Pemakaian GPU secara bersama-sama dapat dialokasikan dengan cepat dan efisien di seluruh jaringan. Pengguna di jaringan tersebut mencakup ilmuwan data, tim riset AI sampai pengembang teknologi ML yang mengembangkan aplikasi-aplikasi berbasis AI/ML. Aplikasi-aplikasi berbasis AI dan ML seperti deep learning training memang membutuhkan akselarator perangkat keras untuk memenuhi kebutuhan komputasi yang luas dan kompleks.

VMware menyusun ulang arsitektur VMware vSphere menggunakan Kubernetes untuk menghadirkan pengalaman layaknya cloud bagi pengembang dan operator. GPU yang digunakan menjalankan aplikasi di mesin-mesin virtual maupun kontainer Bitfusion dapat dioptimalkan menggunakan fitur Bitfusion pada VMware vSphere 7. Fitur tersebut bisa dijalankan di lingkungan Kubernetes seperti VMware Tanzu Kubernetes Grid dan memungkinkan untuk menjalankan aplikasi-aplikasi AI/ML secara berdampingan. Pengintegrasian fitur Bitfusion dengan alur kerja dan lifecycle yang ada bisa dilakukan dengan mengunduhnya ke infrastruktur yang ada sekarang.

“Saat ini sudah banyak divisi ilmu data yang mengoperasikan aplikasi-aplikasi AI di container mereka. Pengintegrasian vSphere dengan Bitfusion mendukung kami menghadirkan layanan yang lebih baik bagi pelanggan. Kemampuan untuk native scalling yang telah ada sebelumnya disempurnakan dengan perpaduan vSphere dengan Kubernetes sehingga mempercepat riset,” ucap van Amersfoort, Technologist EUC & AI, ITQ Consultancy


Dell EMC Ready Solutions

VMware juga berkolaborasi dengan Dell Technologies untuk menghadirkan Dell EMC Ready Solutions. Terdapat dua Ready Solutions, yaitu Dell EMC Ready Solutions for AI: GPU-as-a-Service dan Dell EMC Ready Solutions for Virtualized High-Performance Computing (HPC). Berikut ini adalah masing-masing dari solusi tersebut.

Dell EMC Ready Solutions for AI: GPU-as-a-Service akan mengoptimalkan pendayagunaan GPU untuk mendukung proyek-proyek AI pelanggan. Proyek-proyek tersebut mencakup analisis prediktif, pembelajaran mesin atau machine learning (ML) dan deep learning. Solusi tersebut dimasukkan pada VMware Cloud Foundation, termasuk VMware vSphere Bitfusion bersama server, storage, jaringan dan layanan dari Dell EMC. Harapannya solusi ini akan mendukung pelanggan memberikan akses layanan mandiri bagi pengembang dan ilmuwan pada kumpulan akselerator tervitualisasi. Sumber-sumber penting perusahaan tersebut pun bisa didayagunakan secara optimal dan efisien.

Dell EMC Ready Solutions for Virtualized HPC (vHPC) ditujukan untuk memudahkan pengoperasian aplikasi-aplikasi AI yang terberat di lingkungan VMware. Solusi ini memvirtualisasikan operasional HPC dan AI dengan VMware Cloud Foundation, seperti VMware vSphere Bitfusion atau VMware vSphere Scale-Out Edition. Hasilnya adalah percepatan proses provisi begitu dibutuhkan dan percepatan proses setup dan konfigurasi awal. Percepatan tersebut juga termasuk pada proses pemeliharaan menggunakan sistem pengelolaan dan keamanan terpusat. Kebutuhan komputasi yang intensif di bidang bioinformatika, kimia komputasi sampai komputasi untuk engineering bisa dipenuhi dengan solusi ini.
Share:

Artikel Terkini

Follow by Email