AWS DeepRacer Women’s League, Balap Virtual Bagi Perempuan AWS DeepRacer Women’s League, Balap Virtual Bagi Perempuan ~ Teknogav.com

AWS DeepRacer Women’s League, Balap Virtual Bagi Perempuan


Teknogav.com – AWS DeepRacer Women’s League merupakan ajang bagi para pelajar wanita.untuk mendalami teknologi machine learning (ML). Ajang ini digelar Amazon Web Services Inc. (AWS) pertama kalinya di dunia untuk kawasan Asia Tenggara. Para siswi sekolah kejuruan dan mahasiswi politeknik ataupun universitas dapat mengembangkan kemahirannya di bidang ML melalui ajang ini.

Serunya, pada AWS DeepRacer Women’s League ini digelar balap virtual dengan miniatur mobil yang sepenuhnya otonom. Mobil-mobil ini menggunakan teknologi reinforcement learning. Tak perlu harus menguasai pengetahuan ML sebelumnya untuk bisa ikut serta dalam ajang ini. Para partisipan dari Indonesia, Filipina, Malaysia, Singapura dan Thailand bisa sekedar bereksperimen dengan ML untuk pertama kalinya.


AWS DeepRacer Women’s League

AWS DeepRacer adalah mobil balap miniatur berskala 1:18 yang menggunakan teknologi cloud dan dikendalikan teknologi reinforcement learing (RL). Teknologi RL merupakan teknik ML yang cocok bagi pembelajaran algoritma kendaraan otonom. AWS DeepRacer Women’s League 2020-ASEAN merupakan bagian dari hackathon AWS Build On, ASEAN 2020. Ini adalah ajang bagi para mahasiswa dari berbagai sekolah kejuruan, politeknik, dan universitas untuk menyelesaikan beragam tantangan. Tantangan-tantangan tersebut berkaitan dengan pandemi, polusi udara, kemacetan, hingga banjir dengan menggunakan AWS promotional credits yang ditawarkan program AWS Educate.

Para siswi dan mahasiswi dapat berlatih dan mengikuti kejuaran balap mobil otonom AWS DeepRacer di lintasan simulasi. Mereka bisa mengakses AWS Educate, program global Amazon yang menyediakan sumberdaya komprehensif untuk mengasah keterampilan di bidang cloud secara gratis.

Bagi yang ingin mendalami AI, ML dan deep learning maka bisa mendaftar di AWS Educate’s Marchine Learning Pathway. Program tersebut juga mengajarkan penggunaan teknologi sebagai kunci untuk berinovasi dan menciptakan solusi berbagai masalah di dunia nyata. Teknologi tersebut mulai dari natural language processing, self-driving car, data mining, bahkan sampai bidang ilmu kedokteran.
Tan Lee Chew, Managing Director for ASEAN, Worldwide Public Sector, Amazon Web Services
“Kami memahami benar pentingnya membangun tenaga kerja yang inklusif dan multitalenta agar organisasi dapat terus berinovasi, bertumbuh, dan berkembang. AWS mempelopori penyelenggaraan AWS DeepRacer pertama bagi perempuan sebagai langkah nyata untuk membuka kesempatan bagi siswi dan mahasiswi. Mereka dapat mengasah kepiawaian di bidang teknologi cloud yang canggih. Harapannya inisiatif ini dapat menunjang perekonomian di Asia Tenggara melalui perempuan-perempuan tangguh dengan kecakapan dan keahlian di berbagai bidang ilmu. Mereka pun siap menyongsong masa depan,” ucap Tan Lee Chew, Managing Director for ASEAN, Worldwide Public Sector, Amazon Web Services.

Balap Virtual Lintas Lima Negara di Asia Tenggara

Thailand menjadi negara pembuka kejuaraan virtual AWS DeepRacer Women’s League yang digelar 1 Agustus 2020. Seminggu kemudian balap virtual ini digelar di Malaysia pada 8 Agustus 2020 dan di Indonesia pada 15 Agustus 2020. Dari tanah air, balap virtual akan digelar di Filipina pada 22 Agustus 2020 dan di Singapura pada 29 Agustus 2020. Para pemenang lima besar akan mendapatkan AWS promotional credits, masing-masing senilai USD300 atau sekitar Rp4,4 juta. Pemenang pertama sampai ketiga pun akan mendapat medali dan lolos ke babak final untuk bersaing dengan pemenang dari negara lain. 

Penyelenggaraan babak grand finale dilakukan pada bulan September 2020. Pemenang pertama akan mendapat hadiah senilai USD1000 atau sekitar Rp14,7 juta. Runner-up mendapat hadiah senilai USD500 atau sekitar Rp7,3 jutan dan runner-up kedua mendapat hadiah USD300 atau sekitar Rp4,4 juta. Hadiah juga mencakup monitor berkualitas tinggi dan piala. Informasi lengkap mengenai kejuaraan tersebut dapat dilihat di halaman https://buildonasean.com/awsdeepracer/.
Share:

Artikel Terkini

Follow by Email