IA TI ITB Bahas Transformasi Digital di Era New Normal IA TI ITB Bahas Transformasi Digital di Era New Normal ~ Teknogav.com

IA TI ITB Bahas Transformasi Digital di Era New Normal



Teknogav.com – Ikatan Alumni Teknik Industri ITB (IA TI ITB) menggelar webinar yang kedua pada Jumat 26 Juni 2020. Kali ini membahas topik “Kebijakan Industri & Ekonomi: Dunia Bisnis dan Transformasi Digital (Industri 4.0) di Masa New Normal”. Pada webinar kali ini lebih dari 120 orang alumni Teknik Industri yang ikut serta. Mereka berasal dari berbagai angkatan dan bidang profesii dari seluruh Indonesia.

Pada webinar kedua ini, Anas Nasrullah alumni TI’96 selaku Wasekjen IATI ITB bertindak sebagai moderator. Seminar dibuka oleh Ir. I Made dana Tangkas, M.Si, Ketua Umum IA TI ITB dan alumni TI’84. Beliau juga menjabat sebagai Presiden Institut Otomotif Indonesia

Made membawakan paparan bertema membangun bisnis dan industri terpadu menuju era new normal. Paparan ini berisikan bahasan antara lain perubahan pola perilaku setelah new normal. Pola perilaku tersebut mencakup perubahan perilaku kehidupan, perubahan pasar, dan perubahan pola industri, road map dan skema implementasi Industri 4.0.

Acara webinar kali ini diisi oleh tiga pembicara. Pembicara pertama adalah Mesdin Kornelis Simarmata, PhD., Lektor Politeknik STMI Jakarta (alumni TI'78). Beliau membawakan materi berjudul Strategi Kunci Industri Manufaktur Menuju Masa New Normal. Materi yang spesifik membahas industri otomotif ini menggambarkan penurunan daya beli atau pendapatan kelas menengah akibat terdampak Covid-19. Para kelas menengah tersebut yang menjadi target market utama industri otomotif.

Pembicara kedua adalah I Gusti Putu Suryawiryawan, Staf Khusus Menko Perekonomian Bidang Pengembangan Industri dan Kawasan yang merupakan  alumni TI'77. Materi yang dibawakan berjudul Dunia Bisnis dan Transformasi Digitalisasi (Industri 4.0) Menuju Masa New Normal.

Melalui materi tersebut, Gusti mengingatkan Pandemi COVID-19 menyebabkan perlambatan ekonomi yang bisa dikatakan sudah mencapai dasar (rock bottom). Dua industri yang mengalami dampak paling berat adalah manufaktur dan perdagangan. Pemerintah pun menanggapi hal tersebut dengan melakukan evaluasi kebijakan fiskal, moneter, operasional perbankan, struktural, dan transformasi digital ekonomi pascapandemi.

Pembicara terakhir adalah Dr. I Nyoman Adhiarna yang merupakan Plt. Direktur Ekonomi Digital Kementerian Kominfo dan alumni TI'83. Materi yang disampaikan adalah Kebijakan dan Inisiatif Pemerintah dalam Transformasi Digital Menuju New Normal. Dalam paparannya, Nyoman mengutarakan bahwa pandemi Corona ini merupakan momen terbaik pemerintah untuk mendorong transformasi digital.

Nyoman mengungkapkan bahwa selama masa pandemi COVID-19 terdapat empat peralihan perilaku konsumen yaitu:
  1. fokus memenuhi kebutuhan dasar
  2. gaya hidup baru terpusat di rumah
  3. beralih ke mode virtual/digital
  4. peningkatan empati untuk bantu sesama
Webinar yang digelar IA TI ITB ini diselenggarakan secara rutin untuk mempertemukan para alumni membahas isu-isu terkini secara intelektual. Pada webinar IA TI ITB pertama, topik yang dibahas adalah mengenai penanganan Covid-19.
Share:

Artikel Terkini

Follow by Email