Wi-Fi Alliance Pilih MediaTek untuk Uji Coba Wi-Fi 6E Wi-Fi Alliance Pilih MediaTek untuk Uji Coba Wi-Fi 6E ~ Teknogav.com

Wi-Fi Alliance Pilih MediaTek untuk Uji Coba Wi-Fi 6E

Teknogav.com - Wi-Fi Alliance yang merupakan pemilik trademark Wi-Fi memiliki sertifikasi baru, yaitu Wi-Fi 6E. Sertifikasi ini ditujukan untuk perangkat Wi-Fi Certified 6 dengan dukungan 6 GHz, dan MediaTek terpilih untuk pengujian sertifikasi tersebut. Pengujian dilakukan dengan perangkat MediaTek yang berupa solusi nirkabel access point MT7915-AP-AX dan solusi nirkabel sisi klien MT7915-STA-AX. Kedua perangkat untuk pengujian tersebut mendukung operasi tak berlisensi di frekuensi 6 GHz.

Perangkat MediaTek yang digunakan untuk pengujian juga memiliki fitur-fitur canggih Wi-Fi 6. Fitur-fitur tersebut mencakup beberapa ukuran resource unit (RU) untuk mengoptimalkan operasi OFDMA serentak untuk beberapa klien. Selain itu tersedia juga fitur-fitur konektivitas canggih lainnya.
MediaTek mempunyai portofolio Wi-Fi yang luas dan merupakan pemasok Wi-Fi di perangkat broadband, gaming, perangkat elektronik konsumen, dan router retail.  Setiap tahun MediaTek menyajikan solusi Wi-Fi untuk ratusan juta perangkat.

Baca juga: Chipset Terkini MediaTek Mendukung Teknologi Wi-Fi 6 untuk Tingkatkan Konektivitas

“Pengujian Wi-Fi 6E menggunakan solusi access point dan sisi klien dari MediaTek merupakan bagian dari proses sertifikasi produk. Kami berharap hal ini dapat membantu pelanggan memenuhi persyaratan konektivitas baru. Selain itu juga menghadirkan fitur konektivitas generasi berikutnya ke produk yang disukai konsumen,” ucap Alan Hsu, Corporate Vice President di MediaTek.

Alan Hsu, Corporate Vice President di MediaTek

MediaTek dan Wi-Fi Alliance telah bekerja sama selama bertahun-tahun untuk memastikan portofolio konektivitas MediaTek mendukung fitur Wi-Fi terbaru. Chipset Wi-Fi 6 MediaTek yang dilengkapi fungsionalitas Wi-Fi 6E kini selain mendukung pita 6 GHz, juga mendukung 1024-QAM dan OFDMA. Dukungan ini akan meningkatkan kinerja, target wake time (TWT) yang lebih hemat baterai dan WPA3 untuk kemanan tingkat tinggi. Selain itu juga mendukung beberapa input multi-user dan output (MU-MIMO) dengan kapasitas lebih tinggi.

Solusi MediaTek juga mendukung banyak fitur-fitur Wi-Fi Certified 6 R1 opsional sebagai mana fitur-fitur Wi-Fi Certified EasyMesh R2. Dukungan ini memiliki pengendalian trafik baru, peningkatan fitur-fitur keamanan, pengoptimalan spektrum yang lebih baik dan kemampuan diagnostik lebih.

Baca juga: TP-Link Perkenalkan Lima Perangkat Baru Berteknologi Wi-Fi 6

Produk-produk access point Wi-Fi 6E dan produk-produk klien dari MediaTek dirancang untuk berbagai segmen pasar. Beberapa produk tersebut diantaranya adalah:

  • Produk-produk broadband seperti access point, extender, mesh node dan gateway rumahan
  • Perangkat-perangkat retail, termasuk router dan repeater
  • Elektronik konsumer seperti perangkat asisten suara atau voice assistant device (VAD), TV dan produk-produk over-the-top (OTT) termasuk TV sticks
  • Peranti PC seperti laptop
  • Aplikasi-aplikasi 5G, termasuk smartphone, MiFi 5G, perangkat 5G Fixed Wireless Access (FWA)
  • Aplikasi-aplikasi IoT untuk berbagai use case yang luas

Baca juga: MediaTek Hadirkan Chipset 5G T750 untuk Router FWA dan Hotspot Mobile 

Perangkat-perangkat Wi-Fi 6 dengan dukungan Wi-Fi 6E menawarkan sejumlah kelebihan dibandingkan generasi Wi-Fi sebelumnya. Kelebihan tersebut termasuk latensi yang lebih rendah, serta kapasitas dan kecepatan tambahan. Perangkat-perangkat yang menggunakan koneksi Wi-Fi 6 dalam frekuensi 6 GHz dirancang untuk memanfaatkan channel-channel 160 MHz yang luas dan bandwidth yang uncongested. Penggunaan channel dan bandwidth tersebut untuk menyajikan pengalaman konektivitas yang lebih baik dengan multagigabit dan Wi-Fi yang latensinya rendah. Hal ini memungkinkan dukungan lebih baik untuk aplikasi-aplikasi canggih seperti komunikasi yang terpadu, AR/VR, dan bahkan video holografik.

Share:

Artikel Terkini

Follow by Email