MediaTek Hadirkan Chipset 5G T750 untuk Router FWA dan Hotspot Mobile MediaTek Hadirkan Chipset 5G T750 untuk Router FWA dan Hotspot Mobile ~ Teknogav.com

MediaTek Hadirkan Chipset 5G T750 untuk Router FWA dan Hotspot Mobile


Teknogav.com - MediaTek menghadirkan chipset untuk produk-produk consumer premise equipment (CPE) 5G nirkabel, yaitu T750. Chipset ini bisa digunakan pada peralatan seperti router fixed wireless access (FWA) dan hotspot mobile. Radio 5G sudah tersedia untuk memberikan pengalaman pita lebar 5G di frekuensi 5G NR sub-6 Hz. Produksi chipset ini dilakukan dengan metode 7 nm, sehingga mendukung produk-produk CPE berkinerja tinggi hadir dengan form factor terkecil.

T750 memiliki empat inti prosesor Arm dan dibekali fitur lengkap dengan fungsi dan periferal penting bagi para developer perangkat. Sebagai chipset 5G, T750 menghadirkan konektivitas 5G yang cepat di berbagai tempat, baik kantor, rumah atau tempat wisata.

Seiring dengan beralihnya kegiatan kerja menjadi banyak yang dilakukan dari rumah, maka perangkat-perangkat yang terkoneksi pun semakin banyak. Hal ini tentunya membuat konektivitas pita lebar berkecepatan tinggi menjadi lebih penting. Berbagai kegiatan seperti kelas online, menggunakan layanan-layanan seperti tele-kesehatan dan panggilan video pun bisa dilakukan dengan lancar.

“Kami mempertegas kepemimpinan 5G kami di luar segmen smartphone dengan chipset T750 ini. Para operator pita lebar dan pembuat perangkat pun bisa memanfaatkan peluang baru ini. Konsumen di berbagai lokasi pun bisa memanfaatkan konektivitas 5G,” ucap JC Hsu, Corporate Vice President dan General Manager, Wireless Communication Business Unit MediaTek.


Dampak Penggunaan Router 5G

Alternatif pita lebar yang terjangkau dapat diperoleh menggunakan router 5G pada wilayah-wilayah dengan layanan DSL, kabel atau fiber yang terbatas. Router ini didukung frekuensi sub-6 GHz yang mempunyai akses ke konektivitas super cepat. Hal ini tentunya akan mengubah tatanan di wilayah-wilayah yang masih belum tersedia layanan dan sinyal nirkabel yang layak.

Analis dari lembaga penelitian IDC memperkirakan bahwa perkembangan pasar router dan gateway 5G dan LTE global akan meningkat pesat. Angka tersebut dari sekitar USD979 juta pada tahun 2019 menjadi hampir USD3 miliar di tahun 2024. Jika dirupiahkan masing-masing angka tersebut adalah sekitar Rp14,2 miliar dan Rp43,5 miliar. Counterpoint Research juga memprediksi bahwa pada tahun 2030 FWA 5G akan berkembang menjadi 450 juta pelanggan. Peningkatan tersebut luar biasa dibandingkan 10,3 juta pelanggan di tahun 2020.

“Para operator bisa memanfaatkan berbagai kemampuan, bandwidth tinggi, dan latensi rendah dari 5G untuk menawarkan layanan-layanan 5G FWA. Layanan-layanan tersebut mendukung pengalaman seperti-fiber untuk konsumen dan dunia usaha dan diharapkan meraih momentum. Hal ini seiring dengan peningkatan adopsi streaming video live dan aplikasi yang sangat bergantung pada latensi. Aplikasi tersebut mencakup gaming dan aplikasi online berbasis AR/VR,” ucap Khin Sandi Lynn, analis industri dari ABI Research.

Analis ABI Research tersebut melanjutkan bahwa chipset-chipset 5G MediaTek bisa memenuhi permintaan pasar dan mempercepat persaingan dalam ekosistem CPE FWA. Menurutnya dukungan sub-6 GHz adalah solusi sempurna bagi banyak operator yang berencang memperluas jangkauan layanan dengan cepat.

Fitur-fitur MediaTek T750

Cakupan yang lebih luas disajikan MediaTek T750 berkat dukungan frekuensi 5G sub-6 GHz dan 2CC CA (two component carrier aggregation). Dukungan jaringan 5G sub-6 GHz tersebut mencakup standalone dan non-standalone (SA/NSA). Sedangkan 2CC CA 5G FR1 berlaku di modus FDD dan TDD. Hal ini menjadikannya ideal dipakai pada produk-produk FWA di dalam ruangan maupun luar ruangan. Produk tersebut bisa berupa router rumahan dan hotspot mobile.

Fitur-fitur lain T750 mencakup:
  • Dukungan sampai 5CC CA LTE
  • Driver tertanam GPU dan tampilan untuk mendukung layar HD sampai 720p
  • Empat antarmuka PCIe untuk Wi-Fi dan Bluetooth eksternal
  • Dua antarmuka 2,5 Gbps SGMII untuk berbagai konfigurasi LAN
  • Antarmuka PCM untuk telepon eksternal
T750 dirancang dengan modem 5G NR FR1, empat inti prosesor Arm Cortex-A55 dan berbagai periferal yang dibutuhkan chip tunggal. Berbagai teknologi tersebut menyajikan keandalan kinerja dan mempercepat waktu pengembangan ODM/OEM sehingga tepat waktu untuk diluncurkan ke pasar.

Manfaat Bagi Konsumen dan Operator

T750 menawarkan perangkat 5G ringkas yang mudah diinstal konsumen sendiri dan menghindari rumitnya waktu instalasi untuk pita lebar jalur tetap. Internet 5G kencang dapat disalurkan pada perangkat-perangkat favorit konsumen berkat driver-driver pada chipset T750 yang terintegrasi untuk solusi-solusi konektivitas MediaTek. Solusi konektivitas MediaTek tersebut mencakup WiFi 6 dual band 4x4 dan 2x2 + 2x2.

Di sisi operator, T750 memungkinkan untuk menyajikan kecepatan 5G langsung. Layanan tersebut mampu bersaingan dengan layanan jalur tetap tanpa harus keluar biaya pemasangan kabel atau fiber.

Chipset T750 merupakan bagian dari lini chip 5G MediaTek yang digunakan pada smartphone, rumah cerdas dan komputer. Pada chipset digunakan rangkaian terpadu dan hak intelektual MediaTek yang sudah ada untuk membantu OEM mempercepat waktu pemasaran

Belum lama ini MediaTek juga memperkenalkan solusi konektivitas kartu data 5G T700 untuk komputer dan aplikasi-aplikasi tertanam lainnya. MediaTek juga memiliki lini Dimensity yang tangguh dan hemat daya untuk smartphone. Chipset 5G Dimensity tersebut dijejali inovasi dalam konektivitas, AI, multimedia dan pencitraan untuk smartphone premium dan kelas menengah.

MediaTek juga terdepan dalam WiFi di pita lebar, router ritel, perangkat elektronik konsumen dan game. Chipset WiFi 6 yang dimiliki MediaTek sudah menjadi otak dari berbagai perlengkapan jaringan terkini untuk menyajikan komputasi lebih cepat. Informasi lengkap mengenai portofolio 5G MediaTek dapat dilihat pada tautan ini.
Share:

Follow by Email