Chipset Terkini MediaTek Mendukung Teknologi Wi-Fi 6 untuk Tingkatkan Konektivitas Chipset Terkini MediaTek Mendukung Teknologi Wi-Fi 6 untuk Tingkatkan Konektivitas ~ Teknogav.com

Chipset Terkini MediaTek Mendukung Teknologi Wi-Fi 6 untuk Tingkatkan Konektivitas

Teknogav.com - Pandemi yang melanda dunia meningkatkan ketergantungan pada konektivitas data untuk membuka jalur komunikasi secara virtual. Berbagai kegiatan seperti bekerja dan belajar jarak jauh, streaming, bermain game membutuhkan perangkat yang didukung koneksi data untuk tetap terhubung. Peningkatan permintaan streaming dan jumlah perangkat yang saling terhubung pun akan membuat kebutuhan bandwith terus berkembang. Teknologi Wi-Fi 6 yang memiliki kecepatan lebih tinggi, latensi rendah dan efisiensi spektral lebih baik berusaha memenuhi kebutuhan tersebut.

Alan Hsu, General Manager Intelligent Connectivity Business Unit mengungkapkan bahwa chipset MediaTek terkini mendukung teknologi Wi-Fi 6. Teknologi tersebut akan memberikan pengalaman konektivitas yang lebih baik dan mengimbangi kebutuhan yang ada. Wi-Fi 6 mendukung teknologi multi-user multiple-input dan multiple-output (MU-MIMO) dan orthogonal frequency division multiple access (OFDMA). Kedua teknologi tersebut penting untuk menyajikan keandalan konektivitas ke banyak perangkat dalam jaringan. Makin banyaknya perangkat pintar yang dimiliki pelanggan di rumah membuat keberadaan teknologi tersebut makin penting.

router D-link yang sudah mendukung koneksi Wi-Fi 6

Baca juga: TP-Link Perkenalkan Lima Perangkat Baru Berteknologi Wi-Fi 6

“Di Amerika, Komisi Komunikasi Federal (FCC) baru-baru ini mengadopsi aturan baru untuk meningkatkan jumlah spektrum yang tersedia untuk Wi-Fi hampir. Peningkatan ini hampir lima kali lipat, negara lain pun sedang mempertimbangkan langkah serupa. Perangkat dengan dukungan Wi-Fi 6E akan dapat memanfaatkan spektrum tambahan untuk menghadirkan konektivitas yang lebih cepat,” ucap Alan Hsu.

MediaTek saat ini fokus menghadirkan Wi-Fi 6 pada produk-produk yang pertumbuhan pasarnya cukup tinggi. Produk-produk ini mencakup router ritel, elektronik konsumen (CE), game, (IoT), smartphone, saluran operator broadband dan lain-lain. Baru-baru ini MediaTek bersama Samsung mengumumkan TV Wi-Fi 8K yang dilengkapi chipset MediaTek Wi-Fi 6 khusus. Smart TV tersebut memadukan pencitraan premium 8K dan konektivitas berkecepatan tinggi sehingga menyajikan pengalaman hiburan yang lebih berkualitas.

Baca juga: MediaTek Hadirkan Chipset 5G T750 untuk Router FWA dan Hotspot Mobile 

“Chipset Wi-Fi 6 kami mendukung teknologi seperti EasyMesh, MU-MIMO, dan OFDMA. Teknologi ini bertujuan untuk konektivitas yang andal, bahkan saat beberapa perangkat berbagi jaringan,” ucap Alan.

Baca juga: Wi-Fi 6 System Dukung RSPAD Gatot Soebroto Percepat Penanganan Covid-19 

Alan pun menjelaskan adanya tiga manfaat utama dari Wi-Fi 6, yaitu:

  • peningkatan kecepatan sehingga memberikan pengalaman yang lebih baik, baik untuk menonton streaming maupun melakukan panggilan video dengan keluarga
  • dukungan untuk lebih banyak perangkat sekaligus. Hal ini penting seiring dengan banyaknya perangkat pintar yang dimiliki pelanggan di rumah. Konektivitas Wi-Fi juga dibutuhkan di bandara, hotel dan stadion untuk mendukung koneksi banyak orang agar bisa terhubung secara serentak.
  • kinerja uplink yang lebih baik. Hal ini sangat penting untuk dunia berbasis aplikasi karena aplikasi memiliki lalu lintas dua arah. Pada aplikasi berbagi konten, pengguna menerima paket data dari internet dan merespon dalam bentuk memposting gambar, suara, video dan lain-lain. Kinerja ini juga mendukung berbagai macam aplikasi, seperti perbankan, e-commerce dan juga game bisa berjalan dengan lancar.

Demikianlah beberapa keunggulan dan manfaat utama dari teknologi Wi-Fi 6. MediaTek pun terus fokus untuk menghadirkan teknologi ini pada produk-produknya.

Share:

Artikel Terkini

Follow by Email